Senin, April 02, 2018

Cara Mengatasi CMD (Command Prompt) yang Tidak Bisa Dibuka

Memperbaiki CMD yang Tidak Dapat Dibuka - CMD atau Command Prompt salah satu system32 komputer yang paling berpengaruh untuk menjalankan suatu sistem komputer. Mungkin dari beberapa pengguna komputer sudah tau seberapa pentingnya kah pada file system32, kalau bagi kalian yang belum mengetahuinya sekarang kami akan jelaskan sedikit. Jadi begini, kalau ada salah satu system32 yang terhapus walaupun itu cuma 1 file saja, maka sistem komputer tidak dapat berjalan dengan baik, bahkan bisa mengakibatkan komputer tidak bisa dihidupkan.

mengatasi command prompt tidak bisa dibuka

Nah itu dia seberapa pentingnya kah file yang terdapat di system32, salah satunya file cmd ini. Apabila terjadi kesalahan segeralah untuk memperbaikinya, misalkan kita diamkan siap-siap aja laptop atau pc kalian akan rusak kedepannya walaupun terlihat normal dari bodynya. Jadi pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah tips mengenai command prompt atau cmd yang tidak dapat dibuka, karena kalau cmd bermasalah maka akan banyak juga masalah yang akan datang diselanjutnya, untuk itu segeralah memperbaiki cmd yang rusak karena file tersebut salah satu yang terkait dalam folder system32 yang barusan saya sebutkan diatas.

Mengatasi CMD yang Tidak Dapat Dibuka


Mungkin kami akan menjelaskan beberapa cara yang bisa kalian terapkan, jadi kami sarankan untuk mengikutinya dari langkah awal, jika metode awal gagal kalian masih bisa ikuti pada metode selanjutnya. Intinya kami akan tetap membantu sobat dalam mengatasi masalah ini, karena sudah kami bilang kalau cmd bermasalah akan bahaya untuk laptop / pc teman-teman, jadi jangan malu-malu untuk bertanya dan mengikuti beberapa metode dibawah ini yaaa.

Dengan Bantuan Microsoft Word


1. Cara yang pertama ini kita bisa menggunakan microsoft word, yaa intinya sih kalau berhasil dibuka berarti tidak terjadi masalah, untuk itu ikuti saja metodenya yaaa sampai berhasil kebuka.

2. Setelah membuka word, kalian ketik di wordnya file:///c:/windows/system32/cmd.exe setelah itu tekan Enter pada keyboard. Nanti akan membentuk sebuah link, nah kamu Klik Kiri pada mouse sambil tekan tombol CTRL pada keyboard (Jika muncul notifikasi, kamu Yes atau Ok saja sampai terbuka cmd nya).

mengatasi command prompt tidak bisa dibuka 2

Metode Kedua dari Gpedit.msc


1. Kalian buka gpedit, misalkan enggak tau caranya bisa ketik Logo Win + R secara bersamaan di keyboard, lalu ketik gpedit.msc dan pilih tombol Ok (Misalkan muncul notifikasi, kamu pilih tombol Yes saja untuk melanjutkannya).

Baca Juga : Cara Mengatasi Gpedit.msc yang Tidak Bisa Dibuka

mengatasi command prompt tidak bisa dibuka 3

2. Jika sudah terbuka, kamu ikuti untuk membuka file User Configuration - Administrative Templates - System. Jika sudah kamu klik terus pada tulisan Prevent to access command prompt, sampai ia terbuka (Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah, atau diklik aja gambarnya supaya bisa di zoom images).

mengatasi command prompt tidak bisa dibuka 5

3. Nanti akan muncul pop-up baru, kamu pilih Enabled lalu klik tombol Apply dan klik lagi tombol OK.

mengatasi command prompt tidak bisa dibuka 6

4. Dan terakhir kamu Restart PC atau Laptop kamu, setelah nyala coba buka cmd semoga dapat membantu.

Metode Ketiga Menggunakan Smadav Pro


1. Pastikan kamu sudah menginstall smadav tetapi bukan versi free alias yang berbayar, kalau kamu enggak punya uang silahkan baca artikel yang satu ini untuk mengaktifkannya supaya menjadi pro, hehehe.

Baca Juga : Cara Aktivasi Smadav Pro Tanpa Download Crack

2. Jika sudah merubah smadav menjadi pro, coba kamu lakukan Scan Full dan diamkan sampai prosesnya selesai. Setelah proses selesai kamu Restart komputer kamu, semoga dapat membantunya.

mengatasi command prompt tidak bisa dibuka 7

Kalau dari metode tiga diatas sudah berhasil dibuka berarti tidak terjadi kesalahan fatal pada system32 nya, jadi kamu masih aman komputernya, namun kalau masih belum bisa juga cara satu-satunya silahkan kamu ikuti metode dua dibawah ini.

Dengan Cara Recovery


Cara yang satu ini memang sedikit ekstrim, karena semua data akan hilang jadi kami sarankan kamu backup terlebih dahulu data-data penting, karena dengan melakukan metode recovery semua software terinstall akan terhapus serta sistem bawaan yang awalny hilang menjadi ada kembali. Bagi kalian yang tidak tau cara recovery silahkan lihat tutorialnya di youtube saja dan sesuaikan versinya dengan pc atau laptop kamu.

Cara Terakhir dengan Membawanya ke Service Center


Dengan cara recovery tidak bisa juga, waahhh sudah bahaya banget itu. Karena kalau kita pakai cara recovery bisa dikatakan 99% berhasil, kalau tidak berhasil itu kayaknya mustahil banget. Jadi saran selanjutnya bawa saja pc atau laptop kamu ke service center terdekat dan sesuaikan merknya juga dengan komputer kamu. Jika kamu masih memiliki kartu garansi ini merupakan kesempatan yang bagus, karena kamu tidak akan dimintai biaya instalasinya nanti dan perangkat kamu biasanya akan bisa diambil 5 hari kerja, jadinya baru bisa diambil setelah 5 hari yang lalu komputer kamu dititipkan.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Flashdisk yang Terjangkit Virus
Baca Juga : Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di Komputer
Baca Juga : Cara Memunculkan Tombol Hibernate pada Windows 7, 8 dan 10

Mungkin itu saja cara mengatasi cmd yang tidak dapat dibuka atau tidak bisa membuka command prompt, jika masih ada hal yang bingung atau masukkan lainnya kalian tinggal komentar saja dan pastinya kami akan menjawabnya dengan cepat dari semua pertanyaan teman-teman. Selamat untuk mencobanya yaa, semoga dapat membantu yaa gaess.

2 komentar

Siapp gan, terimakasih atas testimoninya kepada pembaca yang lain bahwa metode kedua dapat diatasi dengan baik :)

Terimakasih gan.. Saya berhasil dengan cara kedua menggunakan Gpedit.msc Salam kompak selalu ya gan... semoga sukses...

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi