Senin, April 02, 2018

Mengatasi Sinyal XL yang Lemot dan Terkadang Hilang Jaringan

Mengatasi Sinyal XL yang Hilang Jaringan Tiba-tiba dan Cara Memperkencang Jaringan Sinyal XL - Kartu perdana XL memang paling oke dalam hal menelpon serta paket kuota yang cukup terbilang murah. Namun banyak pengguna xl yang selalu mengeluh jaringannya yang suka hilang tiba-tiba, apalagi kalau kita sedang asyik telponan secara mendadak jaringan hilang pastinya kesel banget dong yaa gaess.

memperkencang jaringan xl

Dan hal ini sering terjadi dibelakangan ini, dan kita juga selalu bertanya dengan customer servicenya yang dimana selalu dijawab tidak membuat kita puas untuk mengatasinya, dan terkadang juga jawabannya tidak pernah digubrish. Namun sebelum kamu mengatasinya, kalian pahami terlebih dahulu penyebabnya yang dimana penyebab ini tidak dapat diatasi sampai kapanpun seperti lagi hujan besar, gangguan sinyal dari pusatnya. Nah dua faktor tersebut tentunya tidak dapat diatasi yaa, kalau selain dari dua faktor itu baru bisa kita akal-akalin untuk mempercepat jaringannya.

5 Cara Mempercepat Jaringan XL atau Mengatasi XL yang Hilang Sinyal


Jadi pada ulasan kali ini kami ingin mengulas mengenai internet khususnya kartu perdana xl. Bagi teman-teman pengguna setia xl dan jaringannya belakangan ini selalu hilang kami ada 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaikinya. Oh iya sekali lagi kami ingatkan, kalau sedang cuaca hujan besar dan ada gangguan dari pusatnya, kalian tidak usah melanjuti baca tips ini karena sampai kapanpun tidak dapat diatasi kalau terjadi dua faktor yakni hujan besar dan gangguan pusat. Kalau selain dua faktor itu baru bisa kita atasi, berikut caranya yang bisa kamu terapkan semoga dapat membantu walaupun tidak 100% berhasil.

1. Restart, Mode Pesawat atau Matikan Jaringan Internet


Langkah pertama yang terbilang cukup efektif ini adalah dengan melakukan restart pada perangkat handphone kamu. Namun kalau tidak bisa juga cobalah dengan mengaktifkan mode pesawat selama 5 menit, selepas 5 menit berselang kamu hidupkan kembali biasanya akan sukses karena ia mencari jaringan baru lagi dari BTS-nya.

Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Internet di HP Xiaomi
Baca Juga : Tips Memperkuat Sinyal WIFI yang Lemot
Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Lemot

Jika kamu mempunyai jaringan internet, coba kamu nyalakan nyalakan kuota data selama 1 menit, selepas itu kamu matikan kuota datanya selama 3 menit. Jika sudah 3 menit berselang, kamu restart handphonemu dan cobalah hubungkan kembali ke kuota data/internet, biasanya bisa diatasi juga.

2. Memilih jaringan LTE (4G), 3G atau 2G


Jaringan 4G memang memiliki sinyal yang baik, dan belum lama ini semua perdana sudah melakukan upgrade dengan mengubahnya menjadi jaringan 4G. Kalau sebelumnya sih memang masih H+ dan 3G saja, namun bukan berarti dengan melakukan jaringan tersebut sekarang semakin jelek, justru kita bisa memanfaatkannya. Jadi begini caranya, jika di daerah kamu menggunakan sinyal 4G-nya lemot bahkan sampai turun ke 3G atau H+, itu sangat buruk nantinya. Alangkah baiknya kalau pada area kamu menggunakan 4G tidak kuat ubahlah ke 3G atau H+, karena kalau dia sampai turun jaringannya malah jelek, jadi disini nih letak rahasianya yang jarang diketahui orang dan sedikit aneh juga tetapi nyata bisa kita atasi.

Untuk mengubahnya kalian bisa ikuti langkah berikut ini, namun kalau agak sedikit berbeda saat pembukannya tinggal kalian sesuaikan saja yaa kata-katanya. Pertama masuk ke Pengaturan - Jaringan Selular - Mode Jaringan - Pilih deh jaringan yang sesuai dengan area kamu dan usahakan jangan sampai ia turun sinyalnya.

3. Cek Kartu XL yang Terpasang dan Registrasi


Kartu perdana yang bergeser sedikit saja maka tidak akan terbaca sistemnya, sampai kapanpun juga tidak akan ia mau membaca karena letak kuningannya tidak tepat pada smartphone kamu. Dan hal ini sering terjadi dan banyak juga yang jarang mengetahuinya, untuk itu cobalah periksa dan masukkan kembali kartu perdananya. Selain dari kartu yang bergeser, bisa juga diblokir oleh pihak xl karena kalian tidak melakukan registrasi kartu.

Melakukan registrasi kartu memang sangat dibutuhkan pada era sekarang ini walaupun kartu tersebut bukan xl, jadi semua perdana apa saja wajib melakukan registrasi, hal tersebut untuk menghindar dari para pengguna smartphone yang sering menipu atau menyalahgunakan kebijakan. Untuk melakukan registrasi kalian bisa lihat pada ulasan dibawah ini.
  • Pelanggan Baru : Ketik DAFTAR#NIK#NomorKK (Harus sesuai dengan kartu keluarga, jangan sampai beda sedikitpun), lalu kirim ke 4444.
  • Pelanggan Lama : Ketik ULANG#NIK#NomorKK (Harus sesuai dengan kartu keluarga, jangan sampai ada yang berbeda walaupun sedikit), lalu kirim ke 4444.

4. Cek APN (Access Point Names)


Seperti penjelasan yang sudah tertera disitus resmi xl.co.id, cara mempercepat jaringan silahkan kamu ikuti beberapa langkah dibawah ini, dan ini perpaduan dari pengalaman juga, silahkan ikuti saja cara-caranya.
  • Android terdapat di Setting - Mobile Network - Access Point Names.
  • iOS terdapat di Setting - Cellular - Cellular Data Network : APN.
  • BB OS 10 terdapat di Setting - Network Connection - Mobile Network - APN.
  • Windows Phone terdapat di Settings - Cellular - Add APN.
  • Gunakan APN “internet” tanpa username & password.
  • Apabila belum ada, maka buat APN dengan nama : internet,
  • Username dan Password dikosongkan, lalu Save.

5. Buat Laporan ke XL


Cara terakhir adalah melakukan laporan ke situs resminya, caranya mudah kamu cukup hubungi customer service untuk melakukan laporan dengan mengirim nomor handphone, tipe perangkat smartphone kamu dan alamat lengkap. Nah saat melakukan isi keluhan, kamu tulis aja sebagai tanggapan yang diseriuskan, supaya mereka tidak lama menjawabnya, karena bisa-bisa 3 hari baru dijawab kalau keluhannya terbilang biasa saja.


Mungkin itu saja mengenai kartu xl yang sering hilang jaringan atau xl lemot jaringan, jika teman-teman ada pertanyaan silahkan ditanyakan saja pada kolom komentar dibawah yaa dan nanti pastinya akan kami jawab dengan cepat. Oh iya kalau masih tidak bisa juga, jalan satu-satunya kamu harus beli kartu baru lagi dan jangan lupa untuk backup data-data seperti nomor handphone temen kamu, semoga cara-cara diatas dapat bermanfaat yaa gaess.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi