Minggu, April 01, 2018

Pengertian Fiber Optik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap

Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik Untuk Keperluan Jaringan - Dalam suatu jaringan komputer ada beberapa komponen pendukung seperti host/komputer, server, kabel untuk menghubungkan atau menyalurkan data, switch dan masih banyak lagi. Kalau untuk era sekarang ini masih terdapat dua jenis kabel dalam instalasi jaringan komputer seperti halnya Twisted dan Coaxial, untuk dua jenis tersebut dari dulu hingga sekarang masih banyak yang menggunakannya.

Namun seiring majunya zaman, tentunya masyarakat menginginkan akses kecepatan yang cukup tinggi dan kemampuan perpindahan data ingin lebih maksimal, sebenarnya kabel twisted dan coaxial sudah cukup memenuhi standar namun tentunya perlu adanya inovasi terbaru dengan berbagai macam kelebihan. Kecepatan mengakses internet memang semua orang menginginkannya terutama dalam jarigan internet seperti halnya keperluan browsing, nah disinilah fiber optik muncul untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bermain di jaringan internet.

Pengertian Fiber Optik, Fungsi Fiber Optik Beserta Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik


Jadi pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi mengenai definisi dari fiber optik untuk keperluan jaringan, mungkin banyak diantara kita sering mendengar istilah fiber optik tetapi tidak paham dari pengertian serta kelebihan dan kekurangan yang didapatnya, kalau untuk fungsi mungkin sudah banyak yang paham. Bagi kamu yang belum paham dalam definisi fiber optik, artikel ini sangat tepat yang Anda cari. Dari pada bicara panjang lebar dan kalian sudah pusing duluan hehe, mending langsung aja nih kita bahas, capcusss nyookk!.

Pengertian Kabel Fiber Optik


Kabel Fiber Optik adalah jenis kabel yang berguna untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu ke titik yang lain (Kabel fiber optik ini berbeda dengan kabel lainnya, kalau untuk kabel jenis lain untuk menghantar arus listrik). Tekstur utama dari kabel jenis ini yakni dari serat kaca dan plastik yang cukup halus, mungkin yaaa cukup lebih halus dari sehelai rambut manusia. Sangat beda kalau jenis kabel lainnya yang mungkin tesktur atau bahan utamanya menggunakan tembaga.

pengertian fiber optik

Terdapat 2 jenis transmisi yaitu Single Mode yang memanfaatkan sinar laser sebagai media transmisinya, sedangkan yang satunya yakni Multi Mode yang memakai media LED. Biasanya jenis kabel ini lebih sering dipakai pada saat instalasi jaringan dengan kelas menengah hingga kelas atas.

Fungsi Kabel Fiber Optik


Fungsi dari jenis kabel fiber optik ini sama seperti jenis kabel lainnya yang berguna untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya atau menghubungkan beberapa perangkat yang berbeda dalam lingkup jaringan tertentu, perbedaan dari jenis kabel lainnya hanya kecepatan transfer data atau jaringan yang jauh lebih baik atau optimal. Selain itu jenis kabel ini tidak membawa arus listrik sehingga tidak terpengaruhi gangguna elektromagnetik, jadi dalam jaringan cukup stabil kalau kita menggunakan kabel jenis fiber optik.

pengertian fiber optik 2

Tentunya dengan banyaknya kelebihan yang didapat pada kabel yang satu ini maka biaya yang dikeluarkan juga cukup banyak, jadi kabel ini juga tidak digunakan oleh sembarang orang. Biasanya yang menggunakan kabel fiber optik bisa kita temui pada suatu perusahaan skala besar serta operator telekomunikasi, dan juga perusahaan yang mengembangkan jaringan Wi-fi juga wajib menggunakan kabel jenis ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik


Walaupun kabel ini paling banyak kelebihannya, pasti juga ada yang namanya kekurangan yang didapat, bagi kalian yang belum mengetahui kelebihan serta kekurangan yang didapat silahkan baca pada ulasan dibawah ini dan semoga dapat membantu.

Kelebihan Kabel Fiber Optik

  • Meskipun memiliki kemampuan yang besar bentuk fisik dari kabel ini lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis lain karena bahannya dari serat kaca dan plastik. Hal ini memungkinkan tersedianya ruang yang cukup besar.
  • Meskipun memiliki kecepatan akses yang tinggi namun tetap kemungkinan hilangnya data sangatlah rendah, jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan validitas data.
  • Karena tidak menggunakan listrik maka kemungkinan adanya konsleting juga tidak akan terjadi, jadi dalam hal keamanan juga sangat terjamin.
  • Karena tidak menggunakan arus listrik kabel Fiber Optik ini bebas dari gangguan sinyal elektromagnetik, sinyal radio, serta mempunyai ketahanan yang cukup kuat juga sehingga banyak digunakan perusahaan-perusahaan besar.
  • Jenis kabel Fiber Optik ini memiliki kemampuan mengantarkan data dengan kapasitas besar serta jarak transmisi yang sangat jauh. Dengan kapasitas Gigabyte per detik maka memberikan kebebasan bagi perusahaan-perusahaan internet dan telepon memilih bandwith tinggi.

Kekurangan Kabel Fiber Optik

  • Perhatikan juga penempatan kabel Fiber Optik, biasanya dipasang pada jalur yang berbelok atau yang memiliki sudut melengkung agar proses berjalannya gelombang bisa lebih lancar atau tidak terhambat.
  • Selain memakan biaya besar pada saat pemasangan, untuk perawatan Fiber Optik pun juga memerlukan biaya yang tidak sedikit melihat alat-alat yang digunakan juga tidaklah murah.
  • Kekurangan terbesar dari kabel Fiber Optik yakni harganya yang cukup tinggi, hal ini sangatlah wajar mengingat bahan-bahan yang digunakan serta pemasangannya. Oleh sebab itu pengguna kabel jenis bukanlah sembarangan melainkan perusahaan atau penyedia jasa komunikasi yang memang menginginkan akses lebih cepat.

Cara Kerja Kabel Fiber Optik


Ulasan ini sebagai tambahan saja, bagi kalian yang belum paham dari cara kerjanya semoga dapat membantu pada artikel tambahan ini. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kabel fiber optik tidak mengalirkan listrik tetapi cahaya. Listrik yang dihasilkan lalu dikonversikan menjadi sinyal cahaya kemudian dialirkan antar beberapa komputer yang saling terhubung dalam suatu jaringan berskala cukup tinggi. Hal ini bisa kita petik bahwa kabel fiber optik sangat cocok digunakan pada area atau wilayah yang banyak gangguan elektromagnetiknya.

pengertian fiber optik 3

Jika kabel jenis twisted atau coaxial sering menjadi penghambat atau bermasalah, namun kalau untuk fiber optik tidak akan terpengaruh hal yang seperti itu. Bahan utama yang terbuat dari serat kaca murni mampu membawakan cahaya untuk mentransmisikan data secara terus menerus tanpa memperdulikan panjang kabelnya yang dipakai atau digunakan. Intinya sih kalau kita memakai kabel jenis fiber optik dapat memanfaatkan cermin untuk menghasilkan total internal reflection atau yang kita kenal dengan istilah refleksi total pada bagian serat kaca.


Mungkin itu saja mengenai pengertian dari kabel fiber optik, fungsi kabel fiber optik, kelebihan kabel fiber optik serta kekurangan kabel fiber optik dan cara kerja kabel fiber optik. Jika artikel ini dijadikan bahan referensi skripsi Anda kami memohon untuk menyantumkan link artikel ini supaya barokah nantinya hehehe, yang pasti kami mengijinkannya atau juga bisa komentar saja dibawah dan nanti kami pasti akan mengijinkannya asalkan kalian minta ijin dulu kepada kami haha, smangap yaa gaess semoga artikel ini bermanfaat.


Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

2 komentar

Boleh kak, asalkan copas jangan melebihi dari 50%, nanti blog kakak jadi jelek jatuhnya. Jika berkenan, boleh dong kasih backlink hidupnya kak hihi :>)

boleh saya sedikit copas dari artikel ini...selebihnya saya kembangkan sendiri

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi