Jumat, Mei 04, 2018

Pengertian CSS, Fungsi dan Cara Kerja CSS dalam Bahasa Pemrograman WEB

Pengertian CSS, Fungsi CSS dan Cara Kerja CSS - Membahas masalah kemajuan dunia informasi dan teknologi enggak ada habisnya, salah satu kemajuan dari dunia teknologi yakni meningkatnya pengetahuan dunia website.

Contohnya ketika kalian melakukan searching di google, dan membuka suatu situs seperti situs yang sekarang ini kamu buka, maka setiap situs memiliki tampilan yang disebut template sangat bervariasi, itulah salah satu inovasi website yang begitu majunya hingga sampai detik ini.

Tentu dengan tampilan website yang berbeda-beda ia memiliki tujuan tertentu yang mana memberitahukan pengunjung bahwa widget tersebut berguna untuk menuju konten, melihat tentang webistenya dan masih banyak lagi sesuai website yang kalian buka.

Tetapi setiap website tentu memiliki konten, tanpa adanya konten maka pengunjung akan sulit memahami apa saja yang dimaksud dalam tombol ini atau widget ini.

Dalam pembuatan website, CSS ini hanya berguna untuk mendorong bahasa pemrograman yang disebut HTML. Kedua bahasa tersebut memiliki ikatan yang sangat erat, namun saya harap kalian mungkin sudah tau apa itu bahasa pemrograman HTML, tetapi masih banyak juga yang bingung apa itu pemrograman CSS.

Pengertian CSS, Fungsi CSS dan Cara Kerja CSS

Pengertian CSS, Fungsi CSS dan Cara Kerja CSS Terhadap Website


Jadi pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah pengertian dari css, fungsi css dan cara kerja css. Seperti yang sudah saya sindir pada ulasan diatas, mungkin banyak diantara kalian yang sudah paham betul HTML, jadi disini saya akan share mengenai CSS saja, karena masih banyak yang belum paham terhadap bahasa pemrograman yang satu ini.

Hal pertama yang akan saya ulas adalah pengertiannya terlebih dahulu, supaya kalian dapat memahaminya dalam materi fungsi serta cara kerjanya, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian CSS Pada Suatu Situs Website


CSS (Cascading Style Sheet) yang dikutip dari wikipedia ini memiliki arti yakni kumpulan kode yang digunakan untuk mendefenisikan desain dari bahasa markup (Bahasa markup salah satunya adalah HTML). Dan untuk pengertian bebas dari CSS ini adalah kumpulan kode program yang digunakan untuk mendesain atau mempercantik tampilan halaman HTML.

Dengan menggunakan css, kita dapat memperindah tampilan website seperti merubah warna teks, membuat bayangan pada button, memperindah tampilan gambar yang ada, memberikan background tertentu dan masih banyak lagi.

Pada awalnya bahasa CSS ini hanya mendukung bahasa pemrograman HTML dan XHTML saja, namun saat ini kita dapat menggunakan CSS dari berbagai bahasa pemrograman yang ada, contohnya seperti XML sampai dengan pemrograman android sekaligus.

Dengan adanya CSS ini, tentu para developer ataupun web desainer dapat membuat tampilan website dia jauh terlihat lebih profesional dibandingkan tidak menggunakan CSS.

Fungsi CSS Pada Suatu Situs Website


Pengertian CSS, Fungsi CSS dan Cara Kerja CSS 2

Fungsi CSS ini merupakan faktor yang sangat penting seperti halnya kita dapat membedakan mana itu konten atau style dengan dokumen atau file website itu sendiri. Bisa dibilang salah satu tolak ukur dari kualitas halaman web yang dibuat dari style yang digunakan, dan disini CSS berperan sangat vital.

Keuntungan lain jika kita menggunakan CSS adalah seakan-akan dapat dibuat menjadi library style yang bisa digunakan lagi sewaktu-waktu, tergantung dari kamu untuk mengkreasikannya agar bentuk tampilan antar website yang dibuat tidak sama.

Selain itu dengan adanya bahasa pemrograman ini, seorang programmer dapat mengkreasikan tampilan website yang ia buat, tanpa adanya batasan-batasan yang ada.

Cara Kerja CSS Pada Suatu Situs Website


Pengertian CSS, Fungsi CSS dan Cara Kerja CSS 3

Berbeda antara bahasa pemrograman HTML, PHP dan Javascript yang memiliki metode atau rumus tersendiri dalam pembuatan suatu situs website, dan untuk CSS ini sangat mudah dan bisa digunakan pada bahasa apa saja sebagai penghias tampilan. Dan untuk cara kerjanya ia selalu diawali dan diakhiri dengan kurawal, contohnya seperti dibawah ini.

*{
margin: 0px;
padding: 0px;
}

Nah contoh diatas itulah yang dimaksud cara kerja CSS, dan tanda * itu merupakan seluruh yang akan kita eksekusi. Untuk lebih mendalam tentang cara kerja CSS saya sarankan jangan kalian pahami dari artikel seperti yang satu ini, dan saya mohon maaf karena untuk lebih jelas dan lebih mudah memahaminya silahkan kalian tonton video dari youtube saja.

Di youtube sudah tersedia banyak tentang cara kerja CSS, jadi silahkan kalian tonton saja dan jangan belajar cara kerja CSS ini dari artikel seperti yang satu ini.

"Kenapa saya sarankan jangan dari artikel, tetapi lebih baik dari youtube untuk cara kerja CSS?", karena bagi kalian yang masih awam tentang CSS tidak akan paham 90% jika dari artikel saja, tetapi lebih bagusnya silahkan tonton video di youtube saja yaa gaess.

Baca Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Perbedaannya
Baca Juga : Aplikasi Untuk Belajar Coding atau Pemrograman di HP Android
Baca Juga : Pengertian URL (Uniform Resource Locator) dan Fungsinya
Baca Juga : Pengertian PHP, Fungsi dan Sejarahnya
Baca Juga : Pengertian CMS, Fungsi dan Macam-macam CMS

Mungkin itu saja yang bisa saya share kepada kalian tentang Pengertian CSS, Fungsi dan Cara Kerja CSS dalam Bahasa Pemrograman WEB, jika ada hal yang ingin ditanyakan atau masukkan lainnya tinggal komentar saja dibawah dan nanti tim kami akan bantu menjawab dari pertanyaan teman-teman.

Andai kata artikel ini dijadikan bahan skripsi kalian, jika berkenan kami sangat mohon untuk kalian dalam menyantumkan situs kami dalam daftar referensi, biar ada barokahnya yaa gaess hehehe. Dah aahh capek saya ngetik mulu, belajar yaa biar nambah pintar khususnya dalam bidang website.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi