Kamis, Juli 12, 2018

Cara Membuat Mind Mapping di Microsoft Word Hanya Beberapa Menit Saja

Mungkin banyak diantara kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat mind map, dan software yang digunakan itu apa sih untuk membuat mind map? Padahal, membuat peta konsep atau peta pemikiran atau sering dikenal dengan mind mapping ini sangat mudah sekali, hanya dengan microsoft word kalian dapat membuat mind map hanya beberapa menit saja.

Dari segi pengertian, mind mapping itu adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Dan untuk manfaat dari mind mapping itu sendiri yakni mengefesienkan penggunaan waktu dalam menyampaikan suatu informasi.

Balik lagi ke pembahasan, cara membuat mind map di microsoft word juga dapat menghasilkan yang bagus, tak perlu pakai software lainnya yang mungkin harus download lagi atau lain sebagainya, itu semua tergantung kamu bagaimana cara merangkainya dengan rapih dan dapat dimengerti dengan mudah oleh banyak orang.

Kenapa saya sarankan pakai word? Karena pakai microsoft word sangat mudah dan pastinya kalian ada dong word, karena word, excel dan powerpoint itu sifatnya wajib harus ada di komputer kita hehe. Jadi, kalian tidak perlu lagi deh membuang kuota internet yang harus download software ini itu segala.

Cara Membuat Mind Map di Microsoft Word


Cara ini bisa kalian terapkan di wps word atau microsoft word untuk membuat mind map hanya beberapa menit saja, intinya yang berhubungan dengan word. Pada cara dibawah ini saya pakai microsoft word 2016, dan kalian tidak perlu khawatir jika pakai wps word atau microsoft word beda versi, karena pada intinya sama saja cara untuk membuatnya.

1. Langkah awal silahkan kalian buka software wordnya, habis itu klik ribbon Insert, lalu pilih SmartArt.

cara membuat mind map di microsoft word

2. Habis itu klik Hierarchy, dan disitu kalian bisa pilih ingin seperti apa peta konsepnya, kalau saya pilih Horizontal Multi-Level Hierarchy, lalu klik OK.

cara membuat mind map di microsoft word 2

3. Nah, nanti peta konsep sudah tampil dan kalian tinggal mengeditnya. Untuk mengedit kata-kata, kalian klik Ikon < (Coba lihat gambar dibawah ini, jika kurang jelas silahkan diklik saja gambar dibawah ini).

cara membuat mind map di microsoft word 3

4. Nanti akan muncul seperti dibawah ini, pada kotak sebelah kiri (Type your text here) itu bagaikan draft dari Mind Mappingnya.

cara membuat mind map di microsoft word 4

5. Untuk mengeditnya langsung aja kamu ketik yang akan menjadi title atau judul peta konsep. Contohnya saya beri nama Feri Tekno, maka secara otomatis kata Feri Tekno akan muncul juga di mind mappingnya.

cara membuat mind map di microsoft word 5

6. Habis itu kalian isi apa saja bagian dari title / judul feri tekno, misalnya Komputer, Handphone dan Multimedia.

cara membuat mind map di microsoft word 6

7. Andai kata jika kalian ingin membuat sub judul dari setiap tingkatan, misalnya ingin membuat sub judul dari Handphone. Sangat mudah sekali, kalian cukup klik pada point Handphone, habis itu Tekan Enter pada keyboard, kemudian Tekan Tab pada keyboard, maka akan menjadi seperti ini deh (Lihat gambar dibawah ini).
Tekan Enter di keyboard untuk menambahkan Bagian Baru.
Tekan Tab di keyboard untuk menambahkan Sub Baru.

cara membuat mind map di microsoft word 7

8. Selanjutnya, tinggal kalian kreasikan sendiri saja yaa gaess. Karena membuat mind mapping di microsoft word itu sangat mudah sekali, semakin banyak kreasi yang menarik, maka peta konsep atau mind map yang kalian buat dapat dipahami dengan mudah oleh orang banyak.

Mungkin itu saja yang bisa saya bantu kepada kalian, selanjutnya yaaaa kalian kreasikan semenarik mungkin deh hehe. Cara membuat mind map di microsoft word itu sangat mudah yaa gaess, jadi enggak usah dibawa susah seperti download software segala lah hehe.

Baca Juga : Ciri-ciri Modus Penipuan Online Shop
Baca Juga : Cara Mengubah Nama Pengguna di Gmail
Baca Juga : Cara Menambahkan Tempat di Google Maps Android
Baca Juga : Cara Menemukan Handphone yang Hilang atau Dicuri
Baca Juga : Cara Mengunci File Microsoft Word dengan Password

Jika kalian ada pertanyaan atau masukkan lainnya, silahkan tinggal komentar saja dibawah, nanti akan saya respon semua tanggapan teman-teman dengan cepat. Kalau ingin dibalas hanya hitungan menit, silahkan komentarnya melalui fanpage kami yaa gaess, linknya sudah saya kasih dipaling bawah situs ini, silahkan geser aja terus karena dia ada dipaling bawah linknya.

Andai kata artikel ini kalian jadikan bahan referensi baik itu untuk skripsi atau rewrite diblog kalian, saya memohon sebesar-besarnya untuk mencantumkan link hidup situs Feri Tekno di artikel yang kalian buat, supaya kita bisa saling menghormati satu sama lain, sekian terimakasih.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi