Selasa, Juli 10, 2018

Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul di Artikel Lama Pada Blog

Iklan adsense yang tidak muncul di artikel lama pada blog atau iklan adsense tidak tampil di beberapa postingan blog, tentu itu dapat mengurangi pendapatan kita pada akun adsense. Padahal, akun adsense tidak ada pelanggaran apa-apa tetapi kenapa iklan adsense suka blank? hal tersebut sering terjadi pada saya, tepatnya pada situs feri tekno ini.

Salah satu faktor yang kuat penyebab iklan adsense tidak muncul atau blank di postingan blog adalah kalian baru saja mengaktifkan fitur HTTPS, yaaa fitur tersebut lah penyebabnya, karena migrasi dari http ke https atau sebaliknya butuh memakan waktu yang cukup lama supaya berjalan normal kembali.

Dampak tersebut tidak hanya pada pengunjung blog saja yang menurun, tetapi iklan adsense juga akan blank atau iklan tidak tampil dipostingan blog. Bahkan, ada juga di artikel baru muncul tetapi di artikel lama tidak muncul.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena itulah yang membuat sistem menjadi bingung untuk membaca 2 protokol sekaligus dalam 1 halaman yang sama. Selain dari migrasi dari https atau http, ada juga penyebab lainnya yakni kalian salah dalam menyetting robot.txt .

Mengatasi Iklan Adsense Blank atau Tidak Muncul di Postingan Lama Pada Blog


Untuk mempersingkat waktu, kalian bisa nanya-nanya dikolom komentar dibawah jika ada yang kurang paham. Supaya saya bisa langsung ke kasus untuk memperbaiki hal tersebut, yakni pada iklan adsense yang kadang muncul dan terkadang tidak.

1. Langkah pertama, silahkan kalian buka dashboard blogger dan pergi ke Setelan - Preferensi Penelusuran - Aktifkan Robot.txt Khusus. Jika sudah, silahkan kamu isi robot.txt khususnya pada kode dibawah ini :

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.feritekno.com/sitemap.xml

Silahkan kalian ganti pada https://www.feritekno.com dengan link blog kalian masing-masing.
Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul di Artikel Lama Pada Blog

2. Jika sudah, silahkan kalian Simpan Perubahan, dan kode diatas juga dapat mengatasi Indexed Though Blocked by Robot.txt di search console..

3. Selanjutnya, kamu pergi ke Tema, lalu Edit HTML. Silahkan kamu hapus kode JS Adsensenya pada iklan yang sudah kalian terapkan diblog, kurang lebih kodenya seperti dibawah ini :

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

4. Kalau sudah hapus semua kode js adsense, lalu kamu terapkan kode yang saya kasih diakhir artikel ini tepatnya sebelum tag </body> (Maaf saya taruh diakhir, takutnya kepotong sama iklan tengah saya hehe, silahkan kamu scroll kebawah terus yaaa karena kodenya ada di paling bawah):

Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul di Artikel Lama Pada Blog 2

5. Jika sudah menerapkan kode diatas, silahkan kalian Simpan Tema.

6. Oh iya, pastikan kalian sudah memasang ads.txt yaa gaess. Cara ceknya bagaimana? sangat mudah sekali kalian cukup ketik https://LINK Blog Kamu/ads.txt  Lalu tekan Enter.

Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul di Artikel Lama Pada Blog 3

7. Andai kata kalian tidak muncul kode seperti gambar diatas ads.txt nya, silahkan kalian cari di google cara pasang ads.txt di blog.

8. Oh iya, pastikan kalian pakai jenis iklan adsense Asinkron yaa gaess. Untuk kalian yang tidak tau, silahkan baca artikel ini karena saya sudah membahasnya : Perbedaan Iklan Sinkron dan Asinkron di Google Adsense.

9. Selesai deh, tetapi kalian jangan berharap langsung muncul, karena itu semua membutuhkan waktu supaya ke crawl ulang.

Mungkin itu saja yang bisa saya bantu kepada kalian dalam mengatasi iklan adsense yang tidak muncul di artikel lama pada blog atau iklan adsense tidak muncul di beberapa postingan blog. Semoga artikel diatas dapat membantu kalian yaa gaess, selamat untuk mencobanya dan semoga berhasil.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Tanggal Komentar di Blog
Baca Juga : Cara Mengatasi Komentar Blogger yang Hilang atau Error
Baca Juga : Cara Menghilangkan Nama Blog di Iklan Match Content
Baca Juga : Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Artikel Blog
Baca Juga : Iklan Match Content Tidak Muncul Artikel Blog Kita? Berikut Cara Mengatasinya

Andai kata artikel ini kalian jadikan bahan referensi baik itu untuk skripsi atau rewrite diblog kalian, saya memohon sebesar-besarnya untuk mencantumkan link hidup situs Feri Tekno di artikel yang kalian buat, supaya kita bisa saling menghormati satu sama lain, sekian terimakasih.

Nih kodenya, tepatnya pada point ke-4 diatas yang saya bilang kodenya ada di akhir artikel ini:

<!-- Kode JS Adsense Supaya Tampil by Feritekno.com -->
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();
//]]>
</script>

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi