Kamis, Juli 12, 2018

Lulusan Jurusan Multimedia Masuk Kerjanya Jadi Apa? Berikut Ulasan Lengkapnya

Mungkin banyak diantara kalian yang masih bingung ingin memasuki jurusan multimedia tetapi ketika lulus mau jadi apa dan kerjanya apa aja sih, itu semua akan saya ulas pada artikel ini mengenai jurusan multimedia. Namun sebelum saya mengulasnya lebih lanjut, bagi kalian yang masih bingung materi pelajaran multimedia itu apa aja yang akan dipelajari nantinya, silahkan klik artikel yang satu ini : Materi Pelajaran yang Akan Dipelajari di Jurusan Multimedia.

Untuk masalah kerja itu jadi apa setelah lulus multimedia, baik itu multimedia lulusan smk atau kuliah lulusan multimedia. Itu semua kuasa Tuhan, tinggal kita menyikapinya bagaimana, semakin kita rajin menggali ilmu baru, maka hasil yang didapatkan pun tidak akan mengecewakan.

Perlu kamu ketahui, jurusan multimedia atau jurusan mm itu sangat banyak sekali yang akan dipelajari seperti desain grafis, membuat animasi 2D dan 3D, editing video, web desain, programmer dan masih banyak lagi.

Coba kita uraikan terlebih dahulu, jika kalian mahir dalam programmer, maka kerja yang akan mencari kita bukan kita yang akan mencari pekerjaan. Dan kamu bayangkan, jika semua pelajaran tersebut kamu kuasai, apakah mungkin kamu akan nganggur? Tentu saja tidak, hanya kuasai satu materi pelajaran saja sudah pasti dapat, apalagi kamu kuasai secara keseluruhannya.

Pekerjaan Untuk Jurusan Multimedia


Oke, tidak perlu panjang lebar dalam pembahasannya, saya akan jelaskan pekerjaan yang cocok sesuai dengan kemampuan kamu dibidang multimedia. Yang pasti, kamu harus ada skill atau keahlian di salah satu pelajaran yang ada di multimedia yaa gaess, supaya tidak terlalu kaku nanti di lapangan kerja.

1. Menjadi Programmer


pekerjaan di jurusan multimedia

Untuk menjadi programmer memang membutuhkan belajar yang keras, dan perlu kamu ketahui orang yang menjadi programmer itu sangat sedikit tetapi peluang kerja sangat banyak sekali. Tetapi sayangnya untuk menjadi programmer adalah tidak 100% guru membimbing kita, namun siswanya lah yang harus aktif untuk terus menggali ilmu pemrograman.

Tapi tenang aja gaess, walaupun guru 100% tidak membimbing kita, banyak kok di google seputar pelajaran pemrograman, mulai dari yang berbayar bahkan sampai yang gratis pun juga ada disana. Dan bagi kalian yang masih bingung menjadi programmer itu kerjanya nanti jadi apa? nih akan saya kasih tau apa aja nanti pekerjaannya.
  1. Menjadi staff technical support di perusahaan teknologi.
  2. Perusahaan yang membutuhkan keahlian programming, dan kalau yang seperti ini masalah gaji sudah tidak dibayangkan berapa besarnya karena perusahaan tersebut sangat membutuhkan orang yang ahli bahasa pemrograman.
  3. Membuat startup sendiri, dan masalah gajinya itu tergantung kamu, semakin pintar bahasa pemrograman maka hasil yang kalian dapatkan sangat memuaskan.
  4. Dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan secara keseluruhan, pada intinya menjadi programmer itu sangat banyak peminatnya disuatu pekerjaan nanti.

2. Menjadi Film Maker


pekerjaan di jurusan multimedia 2

Seperti yang sudah kita ketahui, banyak sekali film-film Indonesia yang tayang pada channel tv ataupun bioskop, dan itu semua dibalik layar adalah para film maker atau orang yang kerja sebagai pembuat film.

Namun mirisnya di Indonesia, masih ada aja film yang kurang baik, tetapi bukan dari kualitasnya yaa gaess, yaa kalian tau sendirilah itu tuh yang cewek kekurangan bahan bajunya. Yang seharusnya disensor atau tidak usah ditayangkan, ini justru ditampilkan begitu saja, dan mirisnya lagi yang tonton anak dibawah umur lagi haadeehh.

Balik lagi ke topik, untuk masalah kerjanya jadi apa kalau kita sebagai film maker, berikut akan saya ulas dibawah ini. Oh iya, saran saya kalau sudah jadi film maker tolong cewek yang bajunya kekurangan bahan jangan ditampilkan yaa gaess hehehehe.
  1. Sutradara.
  2. Produser.
  3. Memproduksi film pendek kemudian menjualnya.
  4. Melakukan syuting ceramah tentang kajian islami atau lain sebagainya.

3. Menjadi Desainer


pekerjaan di jurusan multimedia 3

Pastinya kalian sudah tahu dong kalau multimedia ada desainnya, namanya juga multimedia yaaa kalian harus mempelajari desain yaa gaess. Jika kamu memiliki karya yang bagus dan menarik, maka orang akan membutuhkan kamu dan itu bukan kamu loohh yang mencari kerja alias kerja yang akan mencari kamu.

Dan satu saran saya untuk kalian, jadilah seorang desainer yang taat pada aturan. Maksudnya begini, jangan pernah kalian memakai software ilegal yaa gaess seperti mengcrack softwarenya, pastikan jika kamu mengambil gambar sebagai referensi jangan yang berhak cipta, jika berhak cipta silahkan kamu minta ijin kepada orang yang punya. Dah itu aja saran saya, berikut akan saya jelaskan kerja sebagai desainer.
  1. Perusahaan yang membutuhkan orang berkemampuan desain, dan pastinya setiap usaha memerlukan desain supaya klien tertarik dengan produknya atau lain sebagainya.
  2. Menjadi freelance desainer.
  3. Membuat tutorial di youtube atau blog, lalu diiklankan dan nanti akan mendapatkan uang.
  4. Dan masih banyak lagi....

4. Jadi Apa Aja, yang Penting Kalian Harus Mempunyai Keahlian


Saya sampai bingung mau ngetik apalagi wkwk, soalnya jurusan multimedia itu sangat banyak sekali pelajaran yang harus kita pelajari. Intinya sih sederhana sekali, jika kamu mempunyai keahlian satuuuu aja, maka keahlian tersebut bisa kamu uangkan. Apalagi kalau keahliannya sudah banyak, waaahhh bisa kaya raya nihh dengan waktu cepet hehehe.

Mungkin itu saja yang bisa saya bantu kepada kalian mengenai pekerjaan apa saja pada lulusan jurusan multimedia, jika kalian ada masukkan atau kritik lainnya, silahkan komentar saja dibawah dan pastinya saya akan menjawabnya dengan cepat dari tanggapan kalian semua.


Andai kata artikel ini kalian jadikan bahan referensi baik itu untuk skripsi atau rewrite diblog kalian, saya memohon sebesar-besarnya untuk mencantumkan link hidup situs Feri Tekno di artikel yang kalian buat, supaya kita bisa saling menghormati satu sama lain, sekian terimakasih.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi