Sabtu, Juli 14, 2018

5 Tehnik Fotografi DSLR Berikut Ini Akan Membuatmu Terlihat Profesional

Tehnik tehnik fotografi dslr sangat banyak sekali, namun bagi kalian yang masih pemula atau newbie dalam bermain kamera dslr, tentu ada rasa keinginan besar untuk menjadi fotografer profesional. Tetapi kalian jangan khawatir yang memang masih belajar, karena saya akan mengajak kalian disini untuk mengetahui nama tehnik pada fotografi dslr supaya kesannya terlihat wow.

Namun pada artikel ini bukan secara spesifik belajar tehnik, hanya memberikan bantuan saja nama tehnik yang wajib kalian pelajari supaya temanmu mengira bahwa kamu itu seperti fotografi profesional jika melakukan tehnik tehnik fotografi dslr yang akan saya ulas pada artikel ini.

Tehnik Fotografi DSLR Untuk Pemula


Dan saya mengharap kalian untuk jangan malas membaca jika ingin menjadi fotografer profesional dan teruslah mencoba tehnik lainnya jika sebagian tehnik sudah kamu kuasai. Dan saya buat artikel ini tidak terlalu panjang-panjang kok, yaaa sayang juga sudah buat panjang tapi kalian sudah bosen membacanya hehehe.

Yaudah yukss langsung aja kita belajar tehnik tehnik fotografi dslr berikut ini supaya kalian terlihat seperti fotografer profesional dimata teman kamu hehe, berikut ulasan lengkapnya dan silahkan kamu simak baik-baik yaa gaess.

1. Menangkap Objek dalam Kecepatan Cahaya


teknik teknik fotografi dslr

Pada dasarnya kamera yang diam namun objek yang bergerak otomatis akan terlihat blur, namun bagaimana jika objeknya yang diam tetapi kamera kamu yang bergerak?

Buat kamu yang belum kenal dengan tehnik Zoom Burst, dengan melakukan mengubah zoom lensa ketika kamu ingin memotret, kamu akan mendapatkan efe blur seakan-akan berawal dari titik fokus lalu bergerak ke luar.

Untuk melakukan tehnik ini yang harus kamu perhatikan adalah shutter speed pada kamera, supaya melakukan tehnik zoom burst dengan benar, keadaan shutter harus terbuka ketika kamu melakukan zoom kamera.

2. Membuat Objek Terlihat Lebih Besar atau Terlihat Kecil


teknik teknik fotografi dslr 2

Pernah enggak sih kalian melihat orang seakan-akan memegang monas atau menara eifel? ya!, tehnik tersebut seakan-akan terlihat lebih wow dan profesional. Untuk melakukan tehnik ini sangat mudah, kalian belajar saja namanya yakni tehnik Forced Perspective. Dengan melakukan tehnik perspektif, kamu bisa membuat benda seolah-olah menjadi raksasa atau juga bisa menjadi terlihat lebih kecil seperti miniatur.

3. Membuat Foto Seperti di Filter


teknik teknik fotografi dslr 3

Kalau tehnik ini seperti di filter atau membiaskan cahaya, kamu hanya butuh plastik bersih yang agak tebalan, dan lubangi plastik tersebut lalu pasang ke kamera. Oh iya, pastikan lensa jangan terlalu tertutup oleh plastiknya yaa, dan untuk hasilnya kalian bisa lihat tuh pada gambar diatas, keren banget enggak sih?.

4. Menangkap Momen Mengagumkan Dalam Satu Frame


teknik teknik fotografi dslr 4

Kalian pernah melihat tetesan atau pecahan balon yang tertangkap oleh kamera? dibalik tersebut ternyata menggunakan tehnik high speed. Untuk melakukan tehnik ini cukup mudah, kalian cukup atur flash pada kamera kamu lalu setting dalam keadaan low atau rendah, hal ini untuk menghindari blur ketika objek bergerak.

Oh iya, pastikan juga untuk mengatur fokus menggunakan mode manual jangan yang otomatis yaa. Supaya hasil lebih memuaskan, gunakan tripod supaya kalian tidak bergetar saat memegang kamera. Dan cara ini dari pengetahuan saya saja hehe, kalau mau dicoba yaa silahkan.

5. Bermain dengan Kontras


teknik teknik fotografi dslr 5

Biasanya ini nih yang paling sering dilakukan oleh para wanita kalau ingin makan, pasti selalu update deh hehe. Supaya hasil foto makananmu bagus dan pastinya juga teman kamu akan dibuatnya ngiler, kamu harus memainkan kontras background atau latar.

Untuk cara ini silahkan deh belajar kontras atau cahaya pada kamera, dan ini bukan hanya untuk makanan saja yaa, untuk semuanya. Karena tehnik kontras ini paling utama dalam tehnih tehnik fotografi dslr, jadi silahkan kamu pelajari dan cari tutorialnya di youtube sangat banyak.

Maaf banget yaa gaess, jika saya tidak memberikan cara-caranya, karena saya hanya menjelaskan nama tehniknya saja sesuai dengan judul hehe. Jika ingin mempelajari 5 tehnik diatas, silahkan lihat youtube saja karena sudah banyak disana video berserakan mengenai tehnik ini.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian dalam bermain tehnik fotografi dslr, jika ada hal yang ingin ditanyakan atau lain sebagainya silahkan tinggal komentar saja dibawah yaa gaess. Supaya dijawab hanya hitungan menit, silahkan chat kami lewat fanpage, dan link fanpage sudah saya kasih dipaling bawah pada situs ini, silahkan kamu geser terus kebawah karena linknya ada dipaling bawah.

Baca Juga : 5 Daftar Kamera DSLR yang Bagus Untuk Membuat Video
Baca Juga : Tips Membeli Kamera yang Bagus Untuk Film Maker
Baca Juga : Tips Membersihkan Lensa Kamera di HP yang Benar
Baca Juga : Cara Belajar Kamera DSLR Canon Bagi Anda yang Masih Pemula
Baca Juga : Lulusan Jurusan Multimedia Masuk Kerjanya Jadi Apa? Berikut Ulasan Lengkapnya

Andai kata artikel ini kalian jadikan bahan referensi baik itu untuk skripsi atau rewrite diblog kalian, saya memohon sebesar-besarnya untuk mencantumkan link hidup situs Feri Tekno di artikel yang kalian buat, supaya kita bisa saling menghormati satu sama lain, sekian terimakasih semoga artikel ini bermanfaat yaa gaaesss.

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi