Kamis, Juli 26, 2018

Mengenal Lebih Dalam Tentang Fintech, Inovasi yang Lebih Maju

Bidang finansial adalah salah satu bidang yang mampu menguatkan perekonomian suatu negara. Semakin maju jaman, semakin majunya dunai teknologi, rupanya bidang finansial juga turut adil mengalami perkembangan yang lebih praktis untuk digunakan serta lebih modern.

Barometer yang dapat memajukan perekonomian Indonesia ditandai dengan adanya berbagai asosiasi finansial seperti Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan lainnya.

Namun bukan hanya asosiasi kartu kredit atau asuransi yang dapat menjadi perhatian suatu negara, kini di Indonesia juga akan membentuk asosiasi Fintech, yang kemungkinan besar negara kita akan menjadi negara maju dalam beberapa tahun kedepan (Yang pastinya bukan hanya fintech saja yaa gaess sebagai tumpuannya hehe).

apa itu fintech

Seputar Tentang Fintech di Kalangan Masyarakat


Jadi, pada ulasan kali ini saya ingin mengajak anda untuk mengenal lebih dalam apa itu fintech, apa aja sih manfaat fintech dan lain sebagainya. Jadi, saya harap kalian pahami lebih dalam lagi pada ulasan dibawah ini, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membahas seputar fintech.

Pengertian Fintech


Apa itu fintech? Menurut definisi yang dijabarkan oleh National Digital Research Centre (NDRC), Fintech adalah istilah yang dipakai untuk menyebut suatu inovasi di bidang jasa finansial. Untuk kata fintech itu sendiri berasal dari kata Financial dan Technology, yang menuju pada inovasi finansial dan bersentuhan dengan teknologi modern (Yaaa intinya sih sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan).

Dalam konsep fintech ini mengacu perkembangan teknologi yang dipadukan dengan bidang finansial dan mengharapkan dalam melakukan proses transaksi menjadi lebih praktis, aman serta modern untuk digunakan.

Ada banyak sekali hal yang bisa dikategorikan ke dalam bidang fintech, diantaranya yakni proses transfer, pembayaran, peminjaman uang secara peer to peer, jual beli saham dan masih banyak lagi. "Lalu apa tujuan fintech ini?" Sederhananya sih tujuan fintech yakni melakukan transaksi secara lebih praktis tanpa kendala seperti waktu dan jarak.

Manfaat Fintech


Dan untuk manfaat fintech itu sendiri sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat, terutama di negara tercinta kita ini Indonesia. Perpaduan dengan efektivitas dan teknologi memiliki beragam dampak postif pada masyarakat, diantaranya manfaat fintech seperti :
  1. Membantu perkembangan baru pada bidang Startup yang kini sudah tersebar dimana-mana, tentunya hal ini dapat memperluas lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  2. Dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Fintech dapat menjangkau masyarakat yang dimana masyarakat tersebut tidak dapat dijangkau oleh perbankan konvensional.
  3. Dapat meningkatkan aplikasi bitcoin. Walaupun tidak memiliki akun bank, pengguna bitcoin juga dapat melakukan transaksi dengan mudah dan praktis.
  4. Fintech juga dapat meningkatkan ekonomi secara makro, yakni dapat meningkatkan penjualan e-commerce.
  5. Dan manfaat fintech selanjutnya yakni penurunan peminjaman bunga. Dengan adanya transparansi fintech, peminjaman dana kalian tidak perlu khawatir atau takut lagi terjerumus dengan bunga yang sangat tinggi.

Aplikasi Fintech


Dan aplikasi fintech kini sudah menjamur dimana-mana, salah satunya di negara Indonesia yang sudah memiliki aplikasi fintech cukup terkenal di masyarakat sekitar. Apalagi bagi generasi muda yang memang sudah akrab dengan dunia internet, maka tak asing lagi apa saja aplikasi fintech yang sudah cukup terkenal di Indonesia ini, diantaranya seperti :
  • Kitabisa.com
  • Bareksa.com
  • Go-Pay
  • CekAja.com
  • DOKU
  • Dan masih banyak lagi.

Saya mohon maaf tidak menjelaskannya secara satu persatu dari aplikasi fintech diatas, kalau saya jelaskan bisa panjang banget hehe, yang ada nanti kalian malah bosen membacanya. Jika penasaran, kalian bisa kunjungi saja aplikasi fintech diatas, biar kalian lebih paham.

Itulah yang bisa saya sampaikan kepada kalian mulai dari apa itu fintech atau pengertian fintech, manfaat fintech atau tujuan fintech, aplikasi fintech, contoh fintech dan sebagainya. Silahkan kamu pahami pada ulasan diatas, semoga dapat dimengerti yaa gaess.


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian mengenai pengertian fintech, manfaat fintech, contoh fintech dan aplikasi fintech. Jika ada hal yang ingin ditanyakan atau lain sebagainya, tinggal komentar saja dibawah dan pastinya akan saya jawab dengan cepat dari pertanyaan teman-teman.

Jika ingin dijawab hanya beberapa menit saja, kalian chat kami melalui fanpage feritekno saja, dan link fanpage sudah saya kasih di paling bawah pada situs ini, jadi silahkan kamu geser terus kebawah sampai mentok, karena linknya ada di paling yaaa gaess.

Andai kata artikel ini kalian jadikan bahan referensi baik itu untuk skripsi atau rewrite diblog kalian, saya memohon sebesar-besarnya untuk mencantumkan link hidup situs Feri Tekno di artikel yang kalian buat, supaya kita bisa saling menghormati satu sama lain, sekian terimakasih semoga artikel ini bermanfaat yaa gaaesss.

Buka Komentar Disini