Kamis, Agustus 09, 2018

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan listrik Prabayar dan Pascabayar

Istilah listrik prabayar dan pascabayar mungkin sudah familiar dilingkungan kita, dan bagi kalian yang masih bingung bagusan listrik prabayar atau pascabayar, silahkan baca terus ulasan artikel ini sampai habis, karena akan ada beberapa penjelasan yang sangat penting.

Dengan adanya listrik tentu dapat membantu kita dalam mengerjakan suatu tugas lebih mudah dan praktis, misalkan saja mesin cuci, jika kita menggunakan tangan atau manual tentu capeknya sangat terasa, namun berbeda dengan menggunakan mesin cuci, karena ia akan bekerja dengan sendirinya secara otomatis.

Namun bicara tentang kelebihan dan kekurangan listrik prabayar atau pascabayar itu tergantung dari pemakaian kita sehari-hari sesuai dengan kondisi yang ada. Untuk ulasan sekilasnya, listrik prabayar ini kita bayar dulu baru pakai, sedangkan pascabayar ia pakai dulu baru bayar.

perbedaan listrik prabayar dan pascabayar

Jika pemakaian listrik dirumah kita boros, maka disarankan menggunakan pascabayar karena tidak perlu beli-beli token setiap habis, karena kalau pascabayar ia bayarnya setiap bulan saja, tidak setiap saat atau ketika sudah habis seperti prabayar, karena pascabayar ini unlimited alias tidak terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Listrik Prabayar / Pascabayar


Untuk lebih lanjutnya, silahkan kamu perhatikan pada ulasan artikel dibawah ini, dan saya harap kalian membacanya jangan disingkat atau langsung pada intinya, tetapi bacalah secara terstruktur, supaya tidak salah pengertian nantinya.

Yaudah nih langsung aja simak ulasan-ulasan mulai dari kelebihan listrik prabayar, kekurangan atau kelemahan listrik prabayar, kelebihan listrik pascabayar dan kekurangan listrik pascabayar. Semua itu akan saya ulas satu persatu secara terpisah, supaya kalian dapat memahaminya dengan mudah.

Kelebihan Listrik Prabayar


Pada ulasan pertama akan saya jelaskan kelebihan atau keuntungan jika kalian menggunakan listrik prabayar.

1. Mudah dalam Mengontrol Penggunaan


Ketika kita menggunakan benda elektronik, maka kita bisa mengontrolnya karena kita bisa memantau sisa berapa pulsa yang ada di meteran, sehingga hal ini dapat membuat listrik dirumah anda menjadi hemat, jika kalian sadar betapa mahalnya membayar listrik.

2. Tidak Ada Biaya Keterlambatan Pembayaran


Untuk listrik prabayar ia tidak ada biaya denda dalam keterlambatan pembayaran, karena ia bayar terlebih dahulu baru pakai. Jadi, kalian bisa beli kapan saja tanpa memerhatikan waktu, jika listrik dirumah anda masih ada alias belum habis.

3. Tidak Ada Pengontrolan dari Pihak PLN


Listrik prabayar ini ia tidak ada pengontrolan dari pihak pln dalam proses perhitungan kWh di meteran, karena ia menggunakan sisa pulsa saja, jadi pihak pln tidak perlu mengunjungi, jika mengunjungi itu juga biasanya memperbaiki masalah di meteran anda saja.

Kekurangan Listrik Prabayar


Bicara tentang kekurangan atau kelemahan listrik prabayar, silahkan kamu simak lagi ulasan dibawah ini yaaa gaesss.

1. Harus Segera Diisi Jika Pulsa Sudah Habis


Jika pulsa sudah habis ia akan berbunyi beep-beep, nah disitu segeralah kamu isi, jika tidak nanti malam kamu bisa tidur gelap-gelapan wkwkwk.

2. Proses Isi Ulang Sedikit Rumit


Proses isi ulang listrik prabayar ini sedikit rumit bagi pemula, karena sekarang sudah banyak yang menjualnya secara online, kalau untuk offline hanya sedikit. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, akan saya jelaskan cara belinya baik online maupun offline.

Baca Juga : Cara Membeli Token Listrik Lewat Internet Banking BRI
Baca Juga : Cara Beli Token Listrik Lewat Mesin ATM Bank Mandiri
Baca Juga : Cara Bayar Listrik Lewat Alfamart dan Indomaret

3. Meteran Sangat Rentan Mengalami Kerusakan


Untuk meteran listrik prabayar memang sangat rentan sekali, kadang ia error dan tidak berhasil diisi token listriknya, atau ketika membuka segel akan bertulisan periksa. Nah, untuk itu saya akan bantu kalian juga, silahkan baca artikel berikut ini untuk mengatasinya.

Baca Juga : Mengatasi Token Listrik yang Gagal Tidak Berhasil Diisi
Baca Juga : Mengatasi dan Penyebab Meteran Listrik Bertulisan PERIKSA

Kelebihan Listrik Pascabayar


Untuk keuntungan menggunakan listrik pascabayar, silahkan kamu baca dan perhatikan list-list berikut ini.

1. Tidak Ada Batasan Pemakaian Listrik


Dalam sehari kalian tidak perlu khawatir listrik akan habis secara mendadak, karena ia sifatnya unlimited atau tidak terbatas, mau nyalain mesin cuci seharian full, kipas, lampu dan sebagainya tidak akan habis listrik dirumah anda.

2. Tidak Perlu Isi Ulang Pulsa Listrik


Listrik pascabayar ia tidak menggunakan pulsa atau token listrik, ia hanya perlu membayar tagihan perbulannya saja sesuai dengan daya listrik yang kita gunakan.

3. kWh Meter Lebih Tahan Lama


kWh meter akan lebih tahan lama dan awet, karena metode atau cara menghitungnya masih menggunakan manual, sehingga perangkat tidak mudah rusak.

Kekurangan Listrik Pascabayar


Untuk kelemahan menggunakan listrik pascabayar, silahkan kamu baca dan perhatikan list-list berikut ini.

1. Sulit Mengontrol Pemakaian Listrik


Karena listrik pascabayar ini tidak ada batasan pemakaiannya, dan kalian tidak perlu heran jika terjadi tagihan membangkak nantinya hehehe, yaaa supaya tidak membengkak makanya kalian harus irit-irit menggunakan listrik seperti mematikan lampu di siang hari dan lain sebagainya.

2. Ada Biaya Tambahan Jika Telat Bayar


Menggunakan listrik pascabayar ia harus tepat waktu dalam membayar tagihannya, jika kelewatan membayarnya akan terkena denda atau biaya tambahan, walaupun listrik tersebut tidak kalian gunakan, tetapi tetap kalian harus bayar karena sudah melewati waktu yang sudah ditentukan untuk membayar tagihan.

3. Ada Pengontrolan dari Pihak PLN


Listrik pascabayar berbeda dengan prabayar, kalau untuk pascabayar ia akan ada pengontrolan dari pihak pln, yakni pengecekan kWh di meteran anda.

Tambahan Sedikit

  • Apakah listrik prabayar boros ?, Tentu saja itu sesuai dengan pemakaian anda.
  • Apakah listrik prabayar lebih mahal ?, Kalau masalah mahal itu sama saja dengan pascabayar kok, jika kamu menggunakannya boros yaaa maka akan mahal nantinya.
  • Lebih hemat mana listrik prabayar atau pascabayar? Yaa balik lagi ke diri sendiri, itu semua sesuai dengan pemakaian kamu, semakin awet menggunakan listrik, maka biaya juga akan hemat.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian mengenai Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan listrik Prabayar dan Pascabayar, jika ada hal yang ingin ditanyakan atau lain sebagainya, tinggal komentar saja dibawah dan pastinya akan saya jawab dengan cepat dari pertanyaan teman-teman.


Jika ingin dijawab hanya beberapa menit saja, kalian chat kami melalui fanpage feritekno saja, dan link fanpage sudah saya kasih di paling bawah pada situs ini, jadi silahkan kamu geser terus kebawah sampai mentok, karena linknya ada di paling yaaa gaess.

Andai kata artikel ini kalian jadikan bahan referensi baik itu untuk skripsi atau rewrite diblog kalian, saya memohon sebesar-besarnya untuk mencantumkan link hidup situs Feri Tekno di artikel yang kalian buat, supaya kita bisa saling menghormati satu sama lain, sekian terimakasih semoga artikel ini bermanfaat yaa gaaesss.

Buka Komentar Disini