Senin, Agustus 13, 2018

3 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error Setelah Dimatikan

Tanpa adanya keyboard sebuah perangkat laptop tidak ada apa-apanya, alias tidak bisa digunakan sesuai yang kita inginkan. Keyboard yang terdapat pada laptop tentu sangat berpengaruh, jika tidak ada bagaikan makan nasi tanpa lauk pauk.

Mungkin diantara kalian yang pernah mengalami ketika menonaktifkan keyboard dan mengaktifkannya kembali justru ia malah error, tidak bisa diketik, bahkan ada yang keyboard laptop tidak berfungsi sebagian dan ada juga yang keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali.

Nah, pada artikel ini saya akan membantu kalian dalam memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi atau error. Namun sebelum kalian mengatasinya, pastikan rusaknya bukan karena debu yang banyak, kalau banyak debu atau kotoran yang terdapat pada laptop kalian, silahkan dibersihkan terlebih dahulu, karena artikel ini untuk mengatasinya yang kesalahannya dari sistem atau drivernya.

Mengatasi Keyboard Laptop Bermasalah atau Error


Dan saya berharap kepada kalian jangan mengatasinya langsung ke tutorialnya atau ke intinya, tetapi baca juga penjelasannya, karena akan ada beberapa cara disini. Jadi saya harap kamu baca artikel ini sepenuhnya yang berarti setiap penjelasannya harus kamu baca, karena disitu akan ada cara mengatasinya juga.

Dan juga disini saya akan jelaskan dengan 3 cara yang berbeda, jadi silahkan tinggal kamu sesuaikan secara berurutan yaa gaess, supaya lebih paham nantinya dimana saya harus melakukan jika keyboard laptop saya rusak dengan masalah yang berbeda kedepannya.

Yaudah yukss langsung aja nih kamu simak baik-baik bagaimana sih cara mengatasi keyboard laptop yang bermasalah atau sering error bahkan ketika dinyalakan kembali dia malah error, berikut ulasan lengkapnya.

1. Cara Pertama Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi


1. Kamu buka windows explorer-nya, setelah itu klik kanan pada This PC dan pilih Properties.

mengatasi keyboard laptop yang error

2. Selanjutnya kamu pilih Device Manager.

mengatasi keyboard laptop yang error 2

3. Habis itu kamu cari Keyboard lalu klik kanan pada API Ergo USB K/B (Terkadang berbeda, silahkan sesuaikan dengan laptop kamu) dan pilih Update Driver.

mengatasi keyboard laptop yang error 3

4. Kemudian klik Browse My Computer for Driver Software.

mengatasi keyboard laptop yang error 4

5. Selanjutnya klik Let Me Pick from a List of Device on My Computer.

mengatasi keyboard laptop yang error 5

6. Setelah itu kamu cari dan ceklis kotak Show Compatible Hardware.

mengatasi keyboard laptop yang error 6

7. Habis itu kamu klik PC/AT Enhanced PS/2 Keyboard (101/102 – Key) (Sesuai dengan laptop kamu, terkadang berbeda, jadi tinggal sesuaikan saja yaaa), lalu klik tombol Next.

mengatasi keyboard laptop yang error 7

8. Jika sudah sukses, kamu klik tombol Close.

mengatasi keyboard laptop yang error 8

9. Selesai deh, dan sekarang kamu coba apakah sudah berfungsi atau belum.

2. Cara Kedua Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi


Kalau untuk metode kedua ini, saya akan memberikan beberapa link artikel yang bisa kamu coba, yaaa mungkin tidak terlalu spesifik memperbaikinya, tapi alangkah baiknya kamu baca saja artikel pada link berikut ini, dan saya harap kalian bisa menyesuaikan artikelnya supaya keyboard laptop kamu dapat diatasi dengan baik.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop Lenovo
Baca Juga : Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop HP
Baca Juga : Cara Memunculkan Virtual Keyboard di PC atau Laptop
Baca Juga : Cara Merawat Laptop yang Benar Supaya Tidak Cepat Rusak
Baca Juga : Mengatasi Touchpad Laptop Lenovo yang Bermasalah
Baca Juga : Cara Membersihkan Cache Pada PC / Laptop
Baca Juga : Download Driver Touchpad Laptop ASUS Resmi dari Situs Asus
Baca Juga : Mengatasi Keyboard Ctrl, Shift, Alt dan Del Bunyi Beep Saat Diketik

Itu dia link-link artikel diatas, silahkan kamu sesuaikan saja, mungkin saja dari beberapa artikel diatas dapat membantu kamu dalam mengatasi keyboard laptop yang rusak sebagian atau semuanya.

3. Cara Ketiga Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi


Untuk cara terakhir yang bisa saya bantu adalah silahkan kamu download driver keyboardnya lagi dari situs resmi sesuai dengan laptop kamu. Jika belum bisa juga, silahkan kamu beli keyboard eksternal saja ditoko, dan yang terakhir bawa ke service center sesuai dengan merk laptop kamu.

Itulah yang bisa saya bantu kepada kalian dalam mengatasi keyboard laptop yang bermasalah atau error setelah dimatikan atau lain sebagainya. Jika ada hal yang ingin disampaikan atau kritikan dari teman-teman, silahkan langsung komentar saja dibawah yaa, semoga cara diatas dapat diatasi dengan baik.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi