Minggu, Oktober 14, 2018

Cara Burning CD / DVD Tanpa Bantuan Software di PC atau Laptop

Kadang kala kita disuruh oleh guru atau klien untuk memasukkan data dalam bentuk cd / dvd, bukan flashdisk. Hal tersebut tentu memiliki jalur yang berbeda dengan flashdisk, karena cd / dvd ini ia harus melakukan burning atau membakarnya terlebih dahulu.

Supaya apa cd / dvd di burn? Hal tersebut bertujuan untuk menentukan apakah file ingin bisa di copy/paste atau tidak. Nah!, pada artikel ini saya akan menjelaskannya secara lengkap kepada kamu, jadi untuk melakukan cara burn cd/dvd pada artikel ini, saya harap kamu baca penjelasannya juga, supaya tidak salah paham saat melakukannya nanti.

Cara Burning CD / DVD Tanpa Software Tambahan


Mungkin bagi kita yang sering menggunakan flashdisk dalam menyimpan suatu file, pasti akan pusing jika menyimpan file kedalam cd / dvd, karena ia harus di burning terlebih dahulu. Dan banyak juga orang diluar sana mengambil jalan pintas untuk burn cd / dvd, yakni menggunakan software tambahan.

Padahal, tanpa software tambahan pun kita juga bisa untuk melakukan cara burning cd / dvd. Nah!, jadi pada artikel ini saya akan share kepada kalian trik untuk cara burning cd / dvd tanpa menggunakan software tambahan, untuk itu silahkan kamu simak terus tutorial dibawah ini yaaa.

1. Masukkan CD / DVD kalian ke pc atau laptop.

cara burn cd atau dvd

2. Jika muncul Burn a Disc, kamu Cancel aja dulu jangan pilih Next. Setelah di cancel, kamu pindahkan file ke dalam cd / dvd.

cara burn cd atau dvd 2

3. Nah!, nanti akan muncul Burn a Disc. Pada bagian Disc title disitu kamu kasih nama cd-nya, lalu pilih salah satu Like a USB flash drive atau With a CD/DVD player (Jika kamu bingung dari perbedaan kedua ini, silahkan geser terus artikel ini kebawah, pada bagian akhir artikel ini ada penjelasannya). Selepas memilih, kamu klik tombol Next.

cara burn cd atau dvd 3

4. Setelah kamu copy file ke dalam cd, kamu buka file cd/dvd-nya, dan klik Manage (Drive Tools) yang letaknya dibagian atas, habis itu klik lagi Finish Burning.

cara burn cd atau dvd 4

5. Nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini, pada bagian Disc title itu kamu isi nama cd-nya. Pada bagian Close the wizard after the files gave been burned kamu centang, lanjut lagi klik tombol Next.

cara burn cd atau dvd 5

6. Tinggal kamu tunggu saja prosesnya sampai selesai, jika sudah selesai maka cd / dvd sudah berhasil di burning.

Perbedaan Like a USB flash drive dan With a CD/DVD player


Untuk perbedaan Like a USB flash drive dan With a CD/DVD player pada cd /dvd, tepatnya pada langkah ketiga tutorial diatas. Untuk like a usb flash drive, itu file yang ada di cd/dvd masih bisa di copy atau cut. Sedangkan untuk with a cd/dvd player, file yang sudah ada di cd.dvd tidak bisa di copy maupun di cut lagi.

Jadi perbedaannya adalah proteksi, untuk usb tidak di proteksi sehingga file masih bisa di copy/cut, sedangkan with a cd/dvd itu di proteksi, sehingga file tidak bisa diambil maupun dibajak oleh orang lain.

Itulah 6 langkah untuk melakukan burning cd/dvd pada pc maupun laptop, semoga dengan cara-cara diatas dapat kamu lakukan dengan baik, dan saya percaya 100% pasti berhasil jika kamu membaca penjelasan dari awal hingga akhir pada artikel ini.

Baca Juga : Mengatasi Blue Screen di PC / Laptop
Baca Juga : Mengatasi Windows 10 yang Gagal Booting
Baca Juga : Mengatasi You Have Files Waiting to be Burned to Disc
Baca Juga : Cara Boot dari USB Drive atau CD-ROM di Win 10
Baca Juga : Cara Merawat Laptop yang Benar

Mungkin itu saja yang bisa saya share pada artikel ini mengenai cara burn cd atau dvd tanpa menggunakan software tambahan, jika kalian ada pertanyaan atau lain sebagainya, tinggal komentar saja dibawah yaa.

Oh iya, jika kalian menanyakan "kok gagal sih, pada aku udah ikuti cara diatas" jika seperti itu berarti kamu bohong wkwk, karena dari tahap awal hingga akhir, cara diatas 100% anti gagal.

Klik Disini Untuk Buka Komentar
Tutup Kolom Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada hal yang bingung atau sebagainya, dan mohon maaf apabila berkomentar disertai dengan link akan kami hapus.
Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bertanya dengan artikel yang tengah terkait, supaya tim kami akan mudah untuk menjawabnya dari pertanyaan teman-teman.
Klik Disini Untuk Melihat EmoticonTutup Lagi