Search
Close this search box.

Aplikasi Catatan Harian untuk Android

Anda sedang mencari aplikasi catatan harian aesthetic yang bisa diakses secara online & offline gratis untuk HP Android? silahkan baca artikel dibawah ini.

Banyaknya tugas dan tanggung jawab yang harus segera diselesaikan terkadang membuat kamu lupa dengan beberapa detail penting. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan aplikasi catatan harian yang bisa diunduh gratis dari Google Play Store.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi catatan harian yang bisa diinstal di smartphone dan perangkat berbasis Android lainnya. Menariknya, aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis.

Keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut layaknya asisten pribadi yang selalu mengingatkan jadwal dan kegiatan harian kamu. Dengan begitu, tidak perlu lagi khawatir lupa dengan beberapa detail penting atau rincian kegiatan harian kamu.

7 Aplikasi Catatan Harian Offline Online Gratis untuk HP Android

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi catatan harian aesthetic yang tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh gratis. Namun dari sekian banyak aplikasi tersebut, ada 7 aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kamu. Apa sajakah daftar aplikasinya? Yuk simak penjelasannya.

1. Google Keep

aplikasi catatan harian google keep

Aplikasi yang bernama Google Keep ini termasuk salah satu aplikasi catatan harian yang paling banyak digunakan. Bayangkan saja, saat ini jumlah unduhannya sudah lebih dari 1 juta kali dan tidak menutup kemungkinan angka ini akan terus meningkat.

Banyak pengguna yang merekomendasikan aplikasi ini. Salah satu alasan utamanya karena cara penggunaannya tidak sulit. Bahkan meskipun kamu baru melakukannya, dijamin tidak akan kebingungan karena fitur-fiturnya sangat sederhana dan mudah dipahami.

Dengan bantuan aplikasi ini, kamu bisa melakukan pengaturan jadwal untuk rutinitas harian. Jika ingin membedakan setiap jadwal, tinggal tambahkan warna di setiap catatan yang ingin dibedakan.

Kamu juga bisa menambahkan lokasi pada aplikasi ini. Jika kamu ingin pergi ke kantor misalnya, tinggal tambahkan saja lokasi kantor kamu di aplikasi tersebut. Nantinya, aplikasi tersebut secara otomatis akan mengingatkan kamu.

2. FiiNote

aplikasi catatan harian fiinote

Aplikasi yang bernama FiiNote juga direkomendasikan bagi kamu yang khawatir lupa dengan beberapa detail penting dalam pekerjaan atau aktivitas dan perlu mencatatnya sebagai pengingat. Menariknya, kamu bisa langsung mencatat apa yang diinginkan di layar smartphone.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, ditambah beberapa fitur menarik yang disematkan padanya. Selain bisa menambahkan warna tertentu pada catatan, kamu juga bisa menampilkan berbagai efek warna menarik yang diatur pada setiap catatan yang dibuat.

Salah satu fitur unggulan pada aplikasi catatan harian yang satu ini adalah fitur recording. Dengan adanya fitur tersebut, kamu bisa merekam semua catatan pengingat yang sudah disusun dalam bentuk audio. Nantinya, kamu tinggal mendengarkan audio rekaman untuk menyimak catatan yang sudah dibuat.

3. Evernote

aplikasi catatan harian evernote

Jika sebelumnya kamu harus membawa buku catatan kecil sebagai pengingat semua rutinitas harian kamu, maka sekarang hal tersebut tidak diperlukan lagi. Sebab, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama Evernote untuk menggantikan buku catatan harian tersebut.

Saat ini aplikasi Evernote termasuk salah satu aplikasi catatan harian paling populer. Kepopulerannya bahkan mengalahkan dua aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya di atas. Bayangkan saja, jumlah unduhannya di Google Play Store mencapai 100 juta lebih dan akan terus bertambah.

Dengan bantuan aplikasi ini, kamu dengan mudah bisa membuat catatan pengingat untuk berbagai aktivitas yang akan kamu lakukan sekarang, besok atau kapan saja.

Menariknya, kamu tidak hanya bisa membuat catatan dalam format text, tetapi juga bentuk audio, photos, video, sketches, PDFs, dan berbagai pilihan format lainnya.

Aplikasi ini juga memungkinkan bagi kamu untuk membuat catatan dalam format PDF atau Microsoft Office. Dengan begitu, kamu bisa membagikan catatan tersebut melalui Whatsapp atau yang lainnya kepada siapa saja yang diinginkan.

Baca Juga :  Cara Mengecek HP Samsung Bekas

4. ColorNote

aplikasi catatan harian colornote

Jika kamu ingin membuat catatan pekerjaan atau hal-hal penting lainnya dengan mudah dan teratur, aplikasi yang bernama ColorNote ini sangat direkomendasikan.

Kualitas aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi, terbukti dari jumlah unduhannya yang mencapai 100 juta lebih di Google Play Store.

DI dalam aplikasi ColorNote terdapat panel yang bernama workspace. Di dalam panel tersebut, kamu bisa membuat catatan penting dalam bentuk text atau checklist.

Jika kamu ingin membuat catatan penting yang relatif panjang, maka fitur text yang paling tepat digunakan. Misalnya, kamu ingin menuliskan alamat, nomor rekening, detail sebuah aktivitas, dan lain sebagainya.

Sedangkan jika kamu ingin membuat daftar pekerjaan, daftar barang yang hendak dibeli, atau daftar lainnya, maka fitur checklist yang paling tepat digunakan.

Menariknya, aplikasi yang bernama ColorNote ini ini memiliki fitur reminder. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kamu bisa membuat alarm pengingat untuk setiap catatan yang sudah dibuat.

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, tentu saja masih banyak fitur unggulan lainnya yang juga disematkan pada aplikasi catatan harian ini.

5. Material Notes

aplikasi catatan harian material notes

Aplikasi catatan harian lainnya yang juga direkomendasikan adalah Material Notes. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu bisa membuat catatan harian untuk pekerjaan atau aktivitas secara detail dan aman.

Disebut detail karena kamu bisa menuliskan segala yang dibutuhkan pada aplikasi catatan harian ini. Bahkan, kamu bisa memindai catatan dengan mudah dan membedakan setiap catatan yang ada dengan memberikan warna tertentu pada catatan yang diinginkan.

Selain membuat catatan yang panjang dan detail, kamu juga bisa membuat daftar dalam bentuk checklist. Nantinya kamu bisa memberikan tanda untuk setiap daftar yang sudah dilakukan. Jika khawatir lupa dengan catatan, manfaatkan saja fitur pengingat yang disematkan pada aplikasi ini.

Bagaimana dengan keamanan catatan yang sudah dibuat? Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengunci catatan tersebut membuatkan PIN 4 digit. Dengan begitu, tidak semua orang bisa melihat catatan yang sudah dibuat, meskipun bisa mengakses smartphone yang kamu gunakan.

6. Simplenote

aplikasi catatan harian simplenote

Jika kamu membutuhkan aplikasi catatan harian yang lebih jauh lebih sederhana dan mudah digunakan, maka sebaiknya kamu menggunakan aplikasi yang bernama Simplenote.

Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan kamu membuat catatan harian dengan cepat dan mudah. Meskipun fiturnya sangat sederhana, kamu tetap bisa membuat catatan lengkap dan detail untuk pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang akan dilakukan. Tidak hanya dalam bentuk memo, kamu juga bisa membuat catatan dalam bentuk checklist.

Menariknya, kamu bisa menyimpan catatan tersebut di Cloud, sehingga catatan tersebut tersimpan dengan aman dan tidak mudah hilang, bahkan tetap bisa digunakan meskipun kamu mengaksesnya menggunakan perangkat yang berbeda.

7. FairNote

aplikasi catatan harian fairnote

Aplikasi yang bernama FairNote ini sangat direkomendasikan karena cara kerjanya yang sederhana namun intuitif. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menulis berbagai catatan yang dibutuhkan dengan cepat dan efisien.

Hasil catatan yang dibuat juga bisa diatur dengan mudah menggunakan label/tag dan warna berbeda. Dengan begitu, kamu bisa mencari setiap catatan dengan cepat dan mudah berkat penggunaan warna maupun label/tag tersebut.

Setiap catatan yang sudah dibuat bisa dilindungi dengan penggunaan enkripsi tertentu, fitur ini dinamakan lock folder (dengan kunci).

Jika smartphone yang kamu gunakan mendukung sistem pengunci biometrik, maka kamu bisa menggunakan sistem pengunci tersebut pada catatan yang sudah dibuat. Selain lebih aman, kamu juga bisa mengakses catatan tersebut dengan mudah kapanpun diinginkan.

Lihat Juga : Cara Menghubungkan HP ke TV

Demikianlah ulasan mengenai 7 daftar aplikasi catatan harian yang direkomendasikan untuk kamu pengguna hp android. Setiap dari aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal pilih saja aplikasi yang dirasakan paling cocok dan paling bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar