Search
Close this search box.

Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Gempa & Bencana Lainnya

Gempa merupakan salah satu bencana alam yang mengakibatkan kehancuran cukup berat. Guna meminimalisir efeknya, maka dirilis aplikasi khusus untuk mendeteksi potensi munculnya gempa maupun bencana lainnya yang mungkin saja akan terjadi dimasa mendatang.

Bagi yang berada daerah rawan gempa baik tektonik maupun vulkanik, sebaiknya install aplikasi pendeteksi gempa. Sekarang sudah ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk mendeteksi sinyal gempa bumi.

Salah satu tujuannya adalah agar lebih waspada dan dapat menghindari dampak berbahaya jika gempa tiba-tiba muncul. Jangan khawatir, aplikasi-aplikasi yang akan dibahas kali ini sudah banyak diunduh oleh pengguna di HP Android & iPhone.

15 Aplikasi Pendeteksi Gempa Terbaik dan Bencana Lainnya

Tak hanya mendeteksi gempa bumi saja, bencana geologi yang meliputi erupsi gunung api meletus, tsunami dan gerakan tanah pada lokasi Anda juga ada perhitungannya dengan aplikasi yang kami rekomendasikan berikut ini.

1. Info BMKG

aplikasi pendeteksi gempa Info BMKG

Meski update terbaru gempa di seluruh Indonesia kerap diupdate di Twitter, tetapi BMKG juga mengeluarkan aplikasi Info BMKG yang mudah diakses dan gratis tentunya. Tinggal unduh melalui ponsel pintarmu, baik dengan OS Android ataupun iOS.

Info BMKG termasuk aplikasi gempa bumi yang memberikan informasi terupdate dan terbilang cepat. Bahkan hanya dalam hitungan menit, pengguna aplikasi sudah bisa mengetahui titik terjadinya gempa.

Selain yang disebutkan, di dalamnya juga terdapat informasi tentang peta iklim, kualitas udara, perkiraan cuaca, informasi tentang kebakaran hutan dan lahan hingga cuaca jalur mudik.

Link download aplikasi Info BMKG: iOS | Android

2. MAGMA Indonesia

aplikasi pendeteksi gempa MAGMA Indonesia

Melihat namanya saja kemungkinan kamu sudah bisa menebak sebenarnya apa maksud dan tujuan developer membuat aplikasi ini. MAGMA Indonesia merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk menyajikan informasi kepada masyarakat mengenai bencana di Indonesia.

Bukan hanya satu, informasi bencana yang dimuat terbilang lengkap yaitu mulai dari tsunami, gempa bumi, pergeseran tanah, dan aktivitas gunung berapi. Tujuan diberikan informasi ini adalah untuk memberitahukan kepada masyarakat agar selalu waspada dan hati-hati.

Demi meningkatkan manfaatnya, MAGMA Indonesia dibekali dengan banyak fitur, misalnya saja peta bencana geologi dan community reporting system. Bagi yang belum tahu, community reporting system merupakan alat untuk memudahkan masyarakat melaporkan adanya bencana.

Link download aplikasi MAGMA Indonesia: Android

3. Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI

Aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI

Baik para pendatang atau warga asli DKI Jakarta rasanya perlu menginstal aplikasi satu ini. Apalagi beberapa waktu terakhir, di DKI sering terjadi bencana termasuk gempa dan banjir yang tentunya sangat meresahkan dan memberi banyak dampak buruk.

Aplikasi pendeteksi gempa yang dibuat khusus untuk daerah DKI ini menyajikan data terbaru bencana alam di wilayah tersebut secara realtime. Secara berkala, data-data di dalamnya akan diperbaharui sesuai kondisi lapangan terkini.

Guna mempermudah penggunanya dalam memahami data yang disajikan, informasi mengenai bencana di DKI disajikan pada grafik. Ada satu lagi fakta dari Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI yang membuatnya unggul yaitu memberi informasi perkiraan cuaca.

Link download aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI: Android

4. BMKG Real-time Earthquakes

aplikasi pendeteksi gempa BMKG Real-time Earthquakes

Informasi bencana yang didapat secara realtime cukup membantu masyarakat dalam memprediksi seberapa bahaya gempa tersebut dan bersiap dengan kemungkinan yang terjadi. Sebab, gempa dengan kekuatan besar berpotensi memicu munculnya tsunami.

Berbeda dari aplikasi gempa bumi sebelumnya, BMKG Real-time Earthquakes tidak hanya menyediakan informasi gempa bumi di Indonesia, tetapi juga di ASEAN. Sangat cocok diinstal untuk kamu yang ingin selalu update berita gempa dari sumber terpercaya.

Tersedia berbagai fitur menarik yang membuatnya semakin recomended untuk diinstal. Bagi yang penasaran apa saja fitur di dalamnya, maka di antaranya adalah daftar 200 kejadian terakhir, status analisis kejadian gempa, tensor momen, jarak pusat gempa, usia kejadian, dan yang lainnya.

Link download aplikasi BMKG Real-time Earthquakes: iOS| Android

5. Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca

aplikasi pendeteksi gempa Info Gempa Bumi Terkini

Jika ada aplikasi multifungsi mengapa harus mencari aplikasi secara terpisah? Oleh karenanya, sebaiknya instal aplikasi Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca. Selain memberikan informasi gempa, juga ada prediksi cuaca terupdate.

User interface aplikasinya dibuat begitu sederhana mudah dijalankan meski oleh pemula sekalipun. Meskipun begitu, fiturnya cukup membantu bagi orang yang ingin mengetahui update terbaru mengenai gempa.

Di dalamnya terdapat banyak fitur yang menyajikan informasi terjadinya gempa secara lengkap mulai dari titik lokasi, besaran gempa, dan masih banyak lainnya.

Link download aplikasi Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca: Android

6. Info Gempa Bumi Terkini

Info Gempa Bumi Terkini

Bercoding Studio mengeluarkan sebuah aplikasi yang diberi nama Info Gempa Bumi Terkini. Sesuai namanya, sistemnya didesain khusus untuk memberikan informasi mengenai gempa terkini yang telah terjadi lengkap dengan beberapa informasi penting seperti lokasi terjadinya.

Gempa merupakan bencana alam yang berpotensi menyebabkan bencana lain yaitu tsunami. Karena efeknya yang begitu besar, Info Gempa Bumi Terkini juga memberikan peringatan pada gempa-gempa dengan kekuatan tinggi.

Selain berisi informasi perihal gempa, aplikasi ini juga menyajikan update cuaca terkini. Prediksinya yang mendekati valid membuatnya cocok digunakan oleh orang-orang yang akan atau sering bepergian jauh menggunakan motor.

Baca Juga :  Mengenal Core Web Vital

Link download aplikasi Info Gempa Bumi Terkini: Android

7. Volcanoes and Earthquakes

aplikasi Volcanoes and Earthquakes

Kabar baik untuk yang memiliki rumah di sekitar gunung berapi aktif, aplikasi Volcanoes and Earthquakes dapat membantu memberi tahu ketika ada potensi muncul gempa. Dengan menjalankan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai gempa secara lengkap.

Mulai dari titik terjadinya gempa, jaraknya dengan tempat tinggal, dan gaya erupsi gunung berapi, seluruhnya ditampilkan oleh Volcanoes and Earthquakes. Fitur-fitur yang disematkan di dalamnya memang ditujukan untuk memudahkan dan meningkatkan keamanan usernya.

Perlu diketahui, data-data yang ditampilkan di aplikasi tidak diambil dari sumber secara acak, melainkan dari sumber terpercaya seperti British Geological Survey (BGS) hingga Geosciences Australia.

Link download aplikasi Volcanoes and Earthquakes: Android

8. EQInfo

aplikasi pendeteksi gempa EQInfo

Dalam menjalankan fungsinya untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi terjadinya bencana, EQInfo dibekali berbagai fitur canggih. Salah satunya adalah peta gempa bumi terbaru di berbagai daerah.

Bukan hanya menampilkan informasi di mana terjadi gempa, sistem dari aplikasi tersebut juga memberikan informasi lengkap wilayah terdampak dan berapa besar magnitudonya. Melihat keunggulannya ini, rasanya sayang jika tidak mengunduhnya.

Apalagi informasi yang ada di dalamnya diambil langsung dari sumber terpercaya, seperti BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), Spanish National Geographic Institute (IGN) dan beberapa lembaga lainnya.

Link Download aplikasi EQInfo: Android

9. WRS-BMKG

aplikasi pendeteksi gempa WRS-BMKG

Dalam WRS-BMKG, disediakan beragam fitur, seperti peta guncangan, peta prakiraan waktu kedatangan tsunami, peta prakiraan tinggi permukaan laut maksimum, peta prakiraan level warning pada zona warning, dan tabular prakiraan level warning.

Aplikasi satu ini pada dasarnya didesain untuk untuk menyebarluaskan informasi gempa bumi dengan magnitudo di atas 5.0 atau bencana alam tsunami.

Diberikan 30 kejadian terakhir informasi mengenai gempa bumi dan potensinya menimbulkan tsunami. Berkat kemampuannya, orang-orang yang menggunakan WRS-BMKG bisa lebih waspada.

Link download aplikasi WRS-BMKG: iOS | Android

10. My Earthquake Alert

aplikasi pendeteksi gempa My Earthquake Alerts

Sistem kerja dari My Earthquake Alert adalah memantau gempa dan memberikan informasi menarik berdasarkan update terbaru. Saat ada update informasi terbaru, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui fitur push notification.

Desain user interface yang sederhana menjadi keunggulan lain dari My Earthquake Alert. Pengguna baru maupun lama tidak lagi kesulitan jika ingin mendapatkan update berita terbaru berkaitan dengan gempa di berbagai wilayah.

My Earthquake Alert merupakan aplikasi gempa bumi gratis yang bebas diunduh siapa saja melalui Google Playstore. Setelah menginstalnya, jangan lupa memanfaatkan fitur pencarian untuk mengetahui sejarah gempa sejak tahun 1970 lalu.

Link download aplikasi My Earthquake Alert: iOSAndroid

 11. inaRISK Personal

aplikasi pendeteksi gempa inaRISK Personal

Seperti yang kita tahu, bencana sewaktu-waktu dapat terjadi. Gempa menjadi salah satu momok menakutkan bagi masyarakat karena kerugian yang diakibatkan sangat besar. Dibanding panik dan tidak ada persiapan saat terjadi gempa, sebaiknya instal saja aplikasi inaRISK Personal.

Aplikasi tersebut menyajikan informasi terkini gempa yang terjadi. Informasi yang dimuat di aplikasi inaRISK Personal merupakan hasil kerjasama dengan beberapa pihak termasuk BMKG, BNPB, ESDM, dan PUPR.

Disarankan untuk yang berada di lokasi-lokasi rawan gempa untuk menginstal aplikasi ini. Daerah-daerah yang rawan gempa umumnya dekat gunung berapi dan perairan baik laut ataupun pantai.

Link download aplikasi inaRISK Personal: iOS | Android

12. Earthquake Network

Earthquake Network

Secara realtime, kejadian gempa akan diupdate di Earthquake Network. Jadi kamu akan mendapatkan info terbaru gempa di daerah-daerah yang masuk ke dalam database-nya.

Tergolong bagus untuk diunduh, apalagi desain aplikasinya dibuat sederhana dengan ukuran cukup kecil. Cocok untuk yang memori penyimpanannya tinggal sedikit karena tidak perlu khawatir ponselnya akan blank setelah mengunduhnya.

Kabarnya, Earthquake Network disediakan dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar. Versi berbayarnya tentu lebih unggul dibandingkan dengan yang gratis, sebab dilengkapi dengan fitur sangat lengkap.

Link download aplikasi Earthquake Network: iOSAndroid

13. Vibration Meter

aplikasi pendeteksi gempa Vibration Meter

Salah satu aplikasi gempa bumi ini bekerja dengan memanfaatkan sensor yang ada di smartphone. Setelah terdeteksi, sistemnya akan menampilkan informasi berupa besar getaran gempa tersebut lengkap dengan dampaknya.

Ada keunggulan lain yang membuatnya begitu recomended untuk diunduh, yaitu dibekali alarm yang akan berbunyi saat mendeteksi gempa. Dengan begitu, penggunanya bisa lebih waspada.

Alarm yang disematkan di dalam sistemnya dapat disetting sesuai kebutuhan masing-masing orang. Tidak perlu lagi khawatir tiba-tiba berbunyi dan menimbulkan kepanikan.

Link download aplikasi Vibration Meter: Android

14. Disaster Alert

aplikasi pendeteksi gempa Disaster Alert

Masih ada lagi aplikasi gempa bumi yang tidak kalah canggihnya dengan aplikasi lainnya, namanya adalah Disaster Alert yang dikembangkan oleh Pacific Disaster Center di Hawai.

Aplikasinya dibuat untuk mendeteksi terjadinya bencana seperti halnya gempa bumi. Setiap kali membuka aplikasinya, kamu akan diberikan sajian informasi bencana-bencana yang telah terjadi dalam kurun waktu tertentu.

Jangan salah, berita yang ada di dalamnya selalu diupdate secara berkala. Penggunanya akan mendapatkan informasi terbaru sehingga bisa lebih waspada jika gempa yang terjadi dekat dengan tempat tinggal.

Link download aplikasi Disaster Alert: iOS | Android

15. MyShake

aplikasi pendeteksi gempa MyShake

Pengembang My Shake adalah UC Berkeley Seismology Lab yang disponsori oleh Kantor Layanan Darurat Negara Bagian California. Fungsinya sebagai sarana mitigasi di California.

Meski begitu, aplikasi ini bisa memberi informasi gempa bumi dari berbagai belahan dunia secara akurat. Update informasinya juga diberikan secara realtime yang terbilang cepat dan tepat sesuai lokasi yang dituju.

Hanya dengan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan pemberitahuan perihal gempa bumi yang terjadi dan melacak gempa bumi di seluruh dunia. Aplikasi ini juga bisa menjadi sensor untuk mendeteksi gempa.

Link download aplikasi MyShake: iOS | Android

Itulah rekomendasi aplikasi gempa terbaik dan bencana lainnya yang telah dibekali dengan berbagai fitur untuk memaksimalkan kinerjanya. Menariknya, kebanyakan aplikasinya dapat digunakan secara gratis tanpa perlu menjadi pengguna berbayar.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar