Komputer

Bagaimana Supaya Website Rank 1 di Google?

Anda tertarik untuk membuat blog sendiri? Namun masih bingung bagaimana cara dan langkah awalnya? Tentu saja membuat blog sekarang ini lebih mudah dibandingkan dulu.

Teknologi yang digunakan manusia saat ini sangat berbeda dengan awal ditemukannya teknologi-teknologi canggih pada masa itu. Oleh karena itu sepatutnya kita bersyukur karena lahir dan tumbuh di zaman yang serba mudah dan cepat ini.

Dalam hal ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat dan juga mengembangkan website Anda sendiri. Mungkin sebagian dari Anda juga ada yang pernah mendengar bahwa menjadi blogger tidak kalah dengan menjadi seorang YouTuber.

Memang hal ini benar, namun tidak sepenuhnya benar juga. Karena menjadi seorang blogger diperlukan keahlian khusus dalam bidang penulisan. Beda dengan YouTube, para YouTuber harus bisa mempunyai kemampuan editing dan videography.

Seperti yang Anda tahu bahwa banyak sekali contoh blog-blog yang sukses dan dapat meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah sebulan. Hal ini bisa terjadi karena website rangking 1 di Google, sehingga traffic (pengunjung) selalu banyak. Tentu saja hal tersebut tidak dilakukan dalam sehari semalam saja.

Untuk mengembangkan website Anda, Anda haruslah mempelajari tentang bagaimana web Anda banyak disukai oleh pengunjung dan juga banyak dikunjungi oleh pengujung, rangking 1 di Google karena jika tidak demikian, maka Anda bisa saja akan rugi.

Tips Membuat Website Bagi Pemula

  • Langkah awal untuk cara buat website yang harus Anda buat saat akan membuat sebuah web adalah menentukan ide apa yang akan dituangkan kedalam web tersebut. Karena jika Anda asal-asalan dalam menuangkan ide, maka kemungkinan blog Anda akan sepi pengunjung.
  • Ide juga yang akan menjadi ciri khas Anda saat web Anda telah mempunyai banyak pengunjung. Anda harus membuat web semenarik mungkin dengan tulisan-tulisan yang Anda buat dan Anda tuangkan kedalam web Anda.
  • Anda bisa saja memilih ide-ide yang sedang trending sekarang ini untuk menaikan jumlah pengunjung pada website Anda. Oleh karenanya Anda harus benar-benar membuat sebuah ide/tema yang benar-benar bisa menarik pengunjung web Anda.
  • Setelah memikirkan tentang ide, selanjutnya Anda harus membuat domain Anda sendiri, karena untuk memperkenalkan web Anda kepada khalayak ramai, Anda membutuhkan domain sebagai alamat web Anda. Dalam hal ini maka Anda bisa mencari berbagai macam promo domain yang biasa tersebar di internet. Anda bisa mempelajari mengenai domain hosting ini di berbagai tutorial yang tersedia banyak di internet.
  • Selanjutnya dalam cara membuat website rangking 1 di Google ini Anda perlu web hosting. Anda bisa memilih web hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan website Anda sendiri. Anda harus benar-benar memilih web hosting yang sesuai dan terpercaya.
  • Dalam membuat domain, sebisa mungkin Anda membuat nama domain yang singkat, sebab jika terlalu panjang akan susah diingat oleh orang-orang. Dan jangan pernah menggunakan tanda hubung atau angka dalam domain yang Anda buat.
  • Terakhir adalah cara bagaimana Anda mengembangkan website Anda dengan konten-konten yang menarik dan juga mendidik. Sebab jika Anda secara sengaja membuat konten-konten yang tidak mendidik, maka bersiaplah untuk menerima akibatnya.
  • Anda juga tidak bisa sembarangan membuat konten, apalagi konten tersebut sensitif. Karena pihak Google mempunyai tim author yang akan mensunting semua blog yang akan di post di platform Google.

Nah itu dia sedikit ringkasan tentang cara membuat website semoga bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi Anda yang ingin memulai sebuah blog dan ingin terjun di dunia penulisan. Semoga berguna untuk Anda semua.

Setelah Anda sudah berhasil membuat website dengan baik, maka Anda juga perlu terus mempelajari banyak hal supaya website rangking 1 di Google ini terus bertahan dengan baik.

Pahami Dulu Ilmu SEO Sebelum Bermimpi Dapat Traffict Banyak dari Website

Memiliki website dengan jumlah pengunjung atau traffic yang banyak adalah impian setiap blogger. Karena dengan banyaknya pengunjung yang membaca artikel atau informasi yang ada dalam website tersebut, maka website itu pun akan menjadi terkenal dan menjadi ladang bisnis bagi pemilik website.

Namun untuk menaikkan jumlah pengunjung, diperlukan teknik dan sistem khusus yang membantu website tersebut. Salah satu cara menaikkan jumlah pengunjung dalam sebuah website adalah dengan optimasi SEO. “Lantas bagaimana dengan seorang blogger yang tidak mengerti tentang apa itu optimasi SEO?” Tentu blogger tersebut harus mempelajari terlebih dahulu tentang Ilmu SEO.

Ilmu ini sangat penting untuk dipelajari mengingat SEO dapat memberikan jumlah pengunjung yang sangat banyak dengan kualitas pengunjung yang juga sangat baik.

Lalu, apakah semua blogger dengan jenis website yang berbeda-beda wajib untuk mempelajari SEO?“.

Jawabnya ternyata tidak harus, karena beberapa jenis website justru tidak memerlukan SEO untuk menaikkan jumlah trafficnya. Sebagai contoh adalah website dengan jenis humor, cerita fiksi atau blog personal, ternyata merupakan kata kunci yang sangat jarang dicari orang.

Karenanya pemilik website tidak perlu mempelajari ilmu SEO untuk menaikkan traffic pengunjung, melainkan harus dengan cara lain yaitu dengan social media marketing atau iklan berbayar.

Selain itu, tidak jarang karena sesuatu hal pemilik bisa memiliki website yang populer tanpa harus mengerti SEO. Hal ini karena mesin pencari juga sudah sangat pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website.

Jadi, bagi Anda yang memiliki usaha marketing daripada teknikal, tetap harus membutuhkan kerja keras dalam membuat website Anda sukses tanpa SEO. Jadi jika Anda menginginkan website rangking 1 di Google maka Anda harus terus mempelajari akan hal ini.

Lalu, siapa saja atau website jenis apa saja yang wajib mempelajari ilmu ini?” Mereka yang wajib mempelajari ilmu ini adalah seorang pemilik website bisnis, pemilik toko online, pemilik blogger profesional, pemilik affiliate & CPA marketer, penjual produk dan jasa melalui internet, pengembang software berbasis web, profesional yang punya portofolio online, profesional yang menggunakan website untuk branding, pengusaha yang ingin melakukan melalui jaringan pemasaran online.

Nah, jika Anda termasuk ke dalam salah satu dari yang di atas, maka Anda wajib mempelajari ilmu SEO. Lebih lanjut SEO yang merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization yang dalam bahasa Indonesia berarti optimasi mesin pencarian ini merupakan ilmu yang difungsikan untuk menaikkan sebuah kata kunci di dalam sebuah website agar berada di halaman paling atas di mesin pencarian, seperti : yahoo, google, yahoo atau bing.

Butuh waktu yang cukup lama untuk seseorang bisa ahli dalam bidang SEO, namun bukan tidak mungkin seseorang dapat mempelajari ilmu ini, baik secara otodidak ataupun kursus kepada mereka yang telah lebih dulu ahli dan berpengalaman di bidang ilmu ini. Sekarang ini pun telah banyak pelatihan, seminar atau camp yang mudah ditemui untuk mempelajari SEO.

Secara teori ilmu SEO bisa dengan cepat dan mudah untuk didapat, bahkan hanya dalam hitungan hari, namun kembali lagi, ilmu ini bukan sekedar ilmu teoritis, tetapi sebuah ilmu yang memang membutuhkan praktek dan pengalaman yang cukup lama dan panjang. Hal itu, meliputi uji coba dan analisis data yang mulai dari data biasa sampai data yang cukup rumit.

Secara otodidak, ilmu ini juga mudah didapat lewat forum diskusi atau website personal para ahli SEO. Hanya saja yang dipelajari disana masih bersifat ilmu dasar saja, seperti :

#Cara Menguasai Instalasi Dasar Sebuah Website

Hal pertama dalam mempelajari SEO supaya website rangking 1 di Google adalah memahami tentang instalasi dasar sebuah website berikut alat pendukungnya. Artinya mereka yang mulai memahami SEO juga tidak akan memakai blog gratisan untuk website mereka.

Mereka juga pasti memahami bagaimana cara membeli domain, atau mengatur hosting, serta menghubungkan antara domain dan hosting termasuk cloudflare. Selain itu mereka juga tidak asing dengan instalasi plugin pendukung dasar seperti jetpack, yoast atau sejenisnya.

Sebuah kesalahan para SEO pemula adalah jika mereka hanya mengutak atik themes website saja, yang justru menghabiskan banyak waktu terbuang untuk hal itu. Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin mempelajari ilmu SEO mulailah untuk mempelajari instalasi dasar sebuah website dan alat pendukungnya saja.

#Cara Melatih Kemampuan Menulis yang Friendly

Walau sifatnya mendasar, namun hal ini sangat penting untuk dilatih dan dipelajari karena merupakan tahapan lanjutan. Anda bisa melatih diri untuk membuat tulisan berbobot, enak dibaca dan membuat orang betah berlama-lama di website tersebut. Lagi-lagi ini juga merupakan hal yang harus terus menerus dilatih. Jadi, bagi mereka yang tidak suka dengan dunia tuls menulis ada baiknya menggunakan jasa penulisan.

#Kemampuan Menganalisis Data

Hal yang paling utama selanjutnya dalam mempelajari ilmu SEO adalah kemampuan seseorang dalam membaca data, baik itu dalam SEO Bisnis atau SEO Publisher. Analisa data yang dimaksud adalah kemampuan dalam keyword yang diambil. Analisa persaingan dalam mesin pencari, dan analisa dalam membaca kekuatan website lawan serta analisa terhadap website yang sedang kita kelola.

Adapun konsep dasar dari ilmu SEO adalah menjadikan website yang Anda kelola merupakan website terbaik dalam kata kunci. Artinya untuk menjadi yang terbaik Anda juga harus memperhatikan konten yang disajikan, struktur atau navigasi yang tersedia dan kepuasan pengguna serta popularitas website.

Karena mesin pencari seperti google telah membuat semua orang kini mencari segala informasi dari sana. Dan hanya dengan bantuan SEO, website Anda dapat ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung setiap hari.

Lebih dari itu, ilmu SEO juga membantu menaikkan tingkat konversi penjualan, karena SEO adalah bagian dari inbound marketing dari salah satu teknik marketing modern di era digital. Inbound marketing ini telah terbukti lebih hemat jika dibanding teknik pemasaran yang selama ini ada.

Jika website Anda punya struktur yang rumit, tetap Anda harus menggunakan jasa SEO untuk menyederhanakan struktur tersebut, sehingga menjadi ramah di mesin pencari.

Jadi kesimpulannya adalah dalam mempelajari SEO untuk menjadi website rangking 1 di Google, Anda wajib mengetahui cara mengoptimasi halaman website, melakukan analisa kompetisi, melakukan riset terhadap kata kunci, membuat konten yang teroptimasi, membangun popularitas, link dan branding serta melakukan pemeriksaan terhadap performa SEO.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!