Gadget

Cara Mengecek HP Samsung Bekas

Teman-teman sedang mencari pembahasan artikel mengenai cara mengecek hp samsung bekas.second yang masih bagus atau sudah tidak layak dipakai? artikel ini sangat tepat yang kalian cari. Silahkan langsung ke intinya dibawah, jika ingin baca-baca penjelasannya dulu dimulai pada paragraf kedua juga boleh (biar nambah wawasan).

Belakangan ini sangat maju dunia pergadgetan, banyak pula beberapa produk android saling bersaing satu sama lain dengan spesifikasi yang sangat bombastis, bahkan ada yang spesifikasinya tinggi namun harga murah, tentu hal tersebut sangat disukai oleh para pengguna atau penggila hp.

Saking pesatnya dunia android khususnya, namun sayangnya ada saja orang yang tidak bertanggung jawab dalam memanipulasi smartphone alias melakukan pembajakan dari produk aslinya. Jika kita membeli hp dengan harga asli, ehh dapatnya malah bajakan, pastinya gregetan banget dong yaa gaess.

Oleh karena itulah sebelum membeli hp kita juga harus paham dan teliti bagaimana cara kerja hp, apalagi produk samsung yang sudah terkenal ke semua negara, termasuk Indonesia.

Jadi, saat membeli hp samsung kita harus ekstra hati-hati tuh untuk mengetahui itu hp samsung bekas atau tidak.

Nah! bagi kamu nih yang suka membeli hp bekas tetapi bekasnya masih normal, saya ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengetahui apakah hp bekas itu masih layak dipakai atau tidak.

Karena banyak juga orang yang menjual bilangnya bekas tapi masih baru beli beberapa hari yang padahal sudah berbulan-bulan pakainya, bahkan sampai tahunan.

Jika kamu pernah menjadi korban seperti itu, syukur deh karena ada pengalaman dan pastinya sudah tau sela-sela penipu itu yang seperti apa. Namun bagi kamu yang belum pernah kena jebakan batman seperti itu, saya akan bantu kamu melalui artikel ini.

Cara Mengecek HP Samsung Bekas yang Masih Bagus

Dan saya akan bantu dengan 6 (enam) metode yang bisa teman-teman coba dalam mengetahui samsung bekas masih normal atau samsung bekas sudah parah.

Yaudah yukss angsung aja simak dan saya harap teman-teman perhatikan baik-baik supaya dapat dipahami dengan cepat dan tanpa kesalahpahaman, berikut ulasan lengkapnya.

Pertama: Cek dari Kondisi HP Samsung

Langkah awal pastinya lihat dari kondisi hp dari luarnya (casing), kalau hp pernah terjadi goresan benturan itu sudah bermasalah bagi saya, tetapi kalau ngelupas sedikit (tergores) terbilang yaaa masih oke lah menurut saya pribadi.

Kedua: Lihat Garansi

Dengan masih berlakunya masa garansi tentu sangat bermanfaat banget untuk kita, karena jika terjadi kerusakan sistem atau lain sebagainya, kita bisa memperbaikinya ke samsung service center tanpa perlu membayar dengan uang.

Jadi saat kamu mau membeli hp bekas tetapi kondisi mau yang normal juga, kamu harus perhatikan garansi di nota pembelian dan tanggal expirednya kapan.

Kalau garansinya masih lama masa habisnya, sikat langsung deh tuh hp dibeli.

Ketiga: Mengetahui Apakah Sudah Pernah Servis

Yang ketiga ini adalah mengetahui apakah hp pernah di servis atau tidak, jika ia pernah diservis nanti akan terlihat pada segel di mur hp, silahkan kamu buka casing hpnya, apakah masih ada segelnya di mur atau sudah tidak ada.

Jika segel sudah terbuka (tidak ada), silahkan teman-teman pikirkan mau dibeli atau tidak. Karna kalau segel sudah terbuka, masa garansi sudah tidak berlaku lagi.

Keempat: Cek IMEI

Khusus hp yang simnya hanya 1 maka akan muncul 1 nomor IMEI saja. Sedangkan untuk yang dual sim atau memasang 2 kartu perdana maka akan muncul 2 nomor IMEI.

Nah langkahnya adalah kamu cocokkan apakah sama atau tidak dengan imei yang ada dilayar hp samsung kamu dengan box samsungnya. Atau dilihat imeinya, ada imei-nya atau tidak, jika imei dicek tidak ada bisa jadi itu hp palsu.

Dan IMEI (International Mobile Equipment Identity) ini bisa diterapkan disemua merk hp android, tak hanya hp samsung saja, yang penting android. Berikut cara lihat imei yang biasanya terdiri dari 14 s/d 16 digit.

  • Silahkan hubungi ke *#06# (nanti otomatis akan terbuka imei-nya).
  • IMEI akan muncul:
    • Jika kartu sim dipasang hanya 1 akan muncul 1 imei.
    • Jika sim dipasang 2 pada hp samsung, maka muncul 2 imei.

cara cek imei

Kelima: Cek Standarisasi HP Samsung

Teman-teman bisa lakukan pengecekan standarisasi hp samsung melalui kode rahasia. Seperti gambar dibawah ini, jika disitu ada tulisan green dan muncul warna hijau, red muncul warna merah, blue warna biru dan seterusnya, berarti hp samsung milik teman-teman masih normal.

Jika hp samsung bajakan / palsu, jika kalian pilih red tapi yang muncul warna biru, berarti hp samsungnya dipastikan produk palsu.

  • Pertama masuk ke menu panggilan (dial).
  • Ketik dan panggil ke nomor *#0*#
  • Selesai, silahkan lakukan pengecekan.

Cara Cek HP Samsung Bekas 2

Keenam: Cek Pada Menu Setting HP Samsung

Cara bukanya juga bisa dengan memilih menu SettingsAbout DeviceStatusDevice Status, jika masih berstatus atau ada tulisan Official kemungkinan ROM masih bawaan, dan belum diroot. Sederhananya sih jika berstatus seperti itu hp masih standar pabrikan.

Gambar dibawah ini versi pengaturan saya nanti akan berbeda dengan versi teman-teman, silahkan tinggal menyesuaikan saja, karna gak bakalan jauh beda.

Cara Cek HP Samsung Bekas 3

Akhir Kata

Nah itu dia yang bisa saya jelaskan kepada kalian mengenai cara mengecek hp samsung bekas (second) yang masih bagus atau sudah tidak layak dipakai ataupun sudah pernah kena servis atau belum.

Teman-teman sudah tau belum cara kirim sms gratis ke semua nomor? jika belum tau silahkan lihat artikelnya.

Semoga dapat bermanfaat yaa teman-teman, sekian dan terimakasih jika ada kesalahan kurang lebihnya mohon maafkan. Kalau masih ada yang bingung juga, boleh kalian komentar pada form dibawah.

Selamat untuk mencobanya, semoga berhasil! 🙂

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!