Lainnya

Cara Menghapus File di CD & DVD

Sebagian orang mungkin mengira hapus file pada cd/dvd sama seperti dengan flashdisk, kenyataannya sangat berbeda jauh.

Dan mungkin dengan flashdsik jika diformat semua file akan terhapus, namun kalau untuk cd/dvd jika diformat file tidak akan terhapus alias masih utuh.

Jadi, cara menghapus file di cd/dvd rw memiliki caranya tersendiri. Dan mungkin banyak diantara kita yang ingin menghapus file pada cd sangat sulit, dan itu pastinya bukan kesalahan dari windowsnya yaa gaess, namun dari kasetnya itu sendiri.

Untuk cara menghapus file pada cd tanpa software tambahan, disini saya akan memberikan tips-tips kepada kalian, jadi saya harap kalian baca seluruh artikel ini secara full, karena setiap penjelasan akan saya jelaskan secara detail, dan juga pastinya pengetahuan kamu juga akan bertambah (hehehe).

Cara Menghapus File di CD R dan DVD RW

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara menghapus file di cd r & dvd rw yang tidak bisa dihapus tanpa software tambahan, sudah terlanjur burning dan ingin dihapus maupun cara hapus file cd yang diproteksi.

Untuk jelasnya, langsung aja nih teman-teman simak pada tutorial dibawah ini. Ingat!, baca juga yaa pada penjelasannya step by step, supaya saat melakukannya nanti kamu tidak salah tehnik.

Cara Pertama: Hapus File di CD & DVD (Tanpa Software)

  • Kamu masukkan terlebih dahulu kasetnya ke pc/laptop.
  • Setelah itu tunggu sampai ada folder muncul cd.
  • Kalau sudah muncul kamu klik Kanan pada mouse di folder cd-nya dan pilih Erase this disc.

cara menghapus file di cd

  • Kemudian akan muncul notifikasi Burn to Disc.
  • Disitu kamu bisa centang pada bagian Close this wizard after the disc is erased
    • Hal tersebut bertujuan ketika proses sudah selesai nanti tempat kaset akan terbuka dengan sendirinya (di centang boleh atau tidak di centang juga boleh, sesuai kebutuhan aja).
  • Setelah itu klik tombol Next.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai, dan ini memakan waktu, sesuai berapa besarnya kapasitas yang tersedia.

cara menghapus file di dvd rw

Selesai deh, dengan begitu awalnya file di cd/dvd susah dihapus kini sudah berhasil dihapus. Dan metode ini merupakan cara menghapus file di cd/dvd yang tidak bisa dihapus tanpa software tambahan.

Cara Kedua: Metode Lain Hapus File di CD & DVD

Ahhh, masih tidak bisa nih hapus file di cd/dvd, gimana dong?” Jika masih tidak bisa juga, cara salah satunya kalian bisa gunakan software tambahan.

Mau itu cara menghapus file pada cd dengan ultra iso, power iso ataupun dengan nero, yaaa pokonya dengan software tambahan deh.

Lalu, software apa nih yang cocok untuk menghapus file di cd/dvd?” Untuk masalah software, saya sudah bahas pada artikel sebelumnya, silahkan kalian bisa klik pada link artikel berikut ini untuk mendapatkan referensi software yang bagus : Software Untuk Burn CD/DVD.

Kalau masih gagal juga, berarti cd/dvd kamu sudah tua alias minta beli yang baru lagi, karena cd/dvd yang sudah tua memang sulit untuk diotak-atik lagi.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa saya share kepada kalian mengenai cara menghapus file di cd/dvd rw, hapus file di cd tanpa software windows 7/8/10.

Sering bikin pdf? sudah tau cara kompres pdf supaya ukuran kapasitasnya menjadi kecil? jika belum silahkan lihat postingannya.

Jika ada hal yang masih bingung atau lain sebagainya, kalian bisa langsung komentar saja pada form dibawah yaa, dan pastinya setiap komentar kalian akan saya jawab secepatnya.

Artikel yang Terkait

2 Komentar

  1. Apakah ketika file sudah dihapus CD nya masih bisa digunakan untik diisi dengan file lain?

    1. Masih bisa kak, asalkan file tersebut tidak melebihi kapasitas penyimpanan pada CD-nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!