Gadget

Cara Reset HP Samsung

Melakukan reset ulang atau cara factory reset pada hp samsung bertujuan untuk mengembalikan semua sistem aplikasi ke pengaturan awal, seperti membeli hp baru lagi yang masih kosong tidak ada aplikasi installan, dan hanya memiliki aplikasi bawaan saja.

Cara restart hp samsung ke pengaturan pabrik sangat mudah sekali, dan manfaat dari restart atau mereset hp samsung juga dapat menghilangkan virus yang menyerang pada hp samsung kita. Dan cara ini bisa kalian terapkan di semua jenis tipe samsung tanpa terkecuali.

Namun ada hal yang perlu kamu ketahui, melakukan restart ke pengaturan pabrik akan berdampak semua aplikasi instalan akan hilang dan file internal juga akan ludes terhapus, jadi silahkan kalian backup atau simpan ke file eksternal.

Apa maksud dari file internal? File internal adalah file yang kalian simpan pada penyimpanan hp samsung. Bisa seperti foto, video, kontak dan sebagainya. Paling penting adalah kontak telepon, dan teman-teman silahkan catat dibuku catatan saja kontaknya satu persatu, dan memakan waktu juga kalau kontaknya banyak hehe.

Apa maksud dari file eksternal? File eksternal ini adalah file yang kalian simpan menggunakan sd card atau biasa dikenal dengan memory card. Isinya juga bisa seperti foto, video, dokumen dan sebagainya.

Cara Reset HP Samsung Untuk Semua Tipe

Karena banyak sekali cara untuk melakukan factory reset pada hp samsung, jadi disini akan saya jelaskan satu persatu, semua sama saja, tinggal kalian memilihnya nyamannya pakai metode ke berapa.

Saya ingatkan lagi kepada teman-teman, silahkan backup / cadangkan terlebih dahulu file-file penting terutama foto & kontak telepon, bisa ke memori eksternal ataupun pc/laptop.

Alangkah baiknya juga teman-teman bisa cabut terlebih dahulu memory card / sd card-nya, supaya tidak berdampak negatif ke memory nantinya saat kalian reset.

Yaudah yuks langsung simak aja nih cara-caranya, untuk cara restart hp samsung semua tipe 100% dijamin berhasil.

Cara Pertama: Melalui Menu Pengaturan

Untuk metode pertama ini bisa teman-teman terapkan bagi yang masih bisa memasuki ke menu settings atau pengaturan pada hp samsungnya.

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Kamu cari menu Backup & Reset.
  • Kemudian kamu centang yang dianggap benar.
  • Lalu pilih Factory Data Reset atau Pengaturan Pabrik.
  • Lanjut lagi pilih Reset Device.

cara mereset hp samsung

  • Dan kamu tunggu deh prosesnya sampai selesai, biasanya paling lama 10 menitan, tapi tergantung aplikasi dan file yang ada di hp kamu, semakin banyak maka semakin lama.
  • Jika proses sudah selesai ia akan merestart dengan sendirinya, andai kata tidak mau menyala kembali, maka kamu nyalakan secara manual seperti biasanya menyalakan hp.

Cara Kedua: Melalui Kode Rahasia

Jika keyboard kamu masih berfungsi, mending pakai cara yang satu ini cukup menghubungi nomor maka ia akan merestart secara otomatis.

Caranya kalian ketik nomor *2767*3855# habis itu kalian tinggal tunggu deh prosesnya sampai selesai. Dan nomor tersebut resetnya hanya berlaku untuk hp samsung saja.

reset samsung dengan kode nomor

Cara Ketiga: Reset Ulang dengan Recovery Mode

Jika kedua metode diatas tidak bisa kalian penuhi syaratnya seperti membuka pengaturan atau tombol keyboard tidak muncul, maka ikuti cara ini saja. Silahkan kamu simak baik-baik yaaa, supaya tidak salah pengertian.

  • Pastikan baterai hp samsung teman-teman masih diatas 70%, untuk menjaga-jaga tidak mati ditengah jalan dan alangkah baiknya sambil di charger saja.
  • Kemudian kamu Matikan hp kamu, yaaa seperti biasanya mematikan tinggal pencet tombol power saja, jika tidak bisa kamu paksa dengan melakukan pencabutan dari baterai.
  • Jika sudah mati hpnya, kamu tekan tombol Power + Volume Up + Home secara bersamaan sampai ia menyala.
  • Jika tidak bisa, berarti tekan tombol Power + Volume Down + Home secara bersamaan sampai ia menyala.
  • Jika tidak bisa, silahkan tekan tombol Power + Volume Down + Volume Up secara bersamaan sampai ia menyala (yaaa intinya kamu coba saja pencet tombol dengan kombinasi, sampai ia benar-benar menyala).
  • Jika sudah nyala dan masuk ke menu recovery kamu gunakan tombol:
    • Volume Up: Untuk naik.
    • Volume Down: Untuk turun.
    • Tombol Power: Berubah menjadi tombol OK.
  • Disitu pilih menu Wipe Data / Factory Reset.
  • Kemudian tekan tombol Home untuk memulai proses resetnya.
  • Lalu tinggal kamu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai, jika sudah silahkan kamu pilih menu Reboot System Now.

factory reset samsung

  • Selesai deh.

Akhir Kata

Nah itulah cara factory reset hp samsung ke pengaturan pabrik. Jika kalian masih takut bagaimana sih cara detailnya untuk melakukan reset hp samsung, silahkan lihat tutorialnya di youtube, dan pastikan juga carinya sesuai dengan tipe hp samsung kalian yaaa.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian pada artikel kali ini, dan ini bisa diterapkan disemua tipe samsung seperti: j1, j5, galaxy pro, galaxy note, ace plus dan beberap tipe lainnya.

Teman-teman sudah tau belum cara lihat imei hp samsung? jika belum tau silahkan cek artikelnya.

Andai kata artikel ini kalian jadikan bahan referensi baik itu untuk skripsi atau rewrite diblog kalian, saya memohon sebesar-besarnya untuk mencantumkan link hidup situs Feri Tekno di artikel yang kalian buat, supaya kita bisa saling menghormati satu sama lain, sekian terimakasih semoga artikel ini bermanfaat yaa gaaesss 🙂

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!