Search
Close this search box.

HP Cepat Panas

Saat ini komunikasi jadi lebih mudah dan cepat karena hadirnya smartphone yang memberikan kebebasan bagi pengguna untuk multitasking. Dari banyaknya aktivitas multitasking yang dilakukan oleh pengguna, hal inilah yang menjadi hp cepat panas saat digunakan.

Terlebih lagi, banyak hiburan menarik yang bisa dinikmati di smartphone, mencari berbagai informasi terkini, menyelesaikan pekerjaan kantoran, dan tugas sekolah lewat ponsel.

Kini, sudah banyak produsen gadget yang menghadirkan produk smartphone dengan spesifikasi dan harga yang bervariasi. Meski teknologi smartphone yang dimiliki sudah semakin canggih, namun nyatanya masih ada masalah-masalah yang akan terjadi pada smartphone.

Berbagai masalah yang sering terjadi pun sangat beragam, salah satunya yaitu masalah hp yang cepat panas. Umumnya, smartphone akan menjadi panas saat digunakan terus-menerus.

Hal ini bisa membuat kinerja perangkat menjadi lambat dan bisa merusak komponen lainnya jika terus digunakan. Oleh karena itu, sebagai pengguna smartphone sebaiknya ketahui apa saja penyebab HP cepat panas agar kamu bisa mengatasinya dengan tepat.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

penyebab hp cepat panas

Mengatasi hp yang cepat panas baik HP Android maupun iOS (iPhone) ada banyak penyebabnya, sebelum membahas penyebabnya silahkan bisa Anda mencegahnya untuk cara mengatasi hp yang panas dibawah ini.

1. Matikan Koneksi Saat Tidak Digunakan

Membiarkan koneksi WiFi, data seluler, bluetooth, dan GPS menyala terus menerus akan membuat ponsel panas. Hal ini karena ponsel membutuhkan lebih banyak daya baterai untuk menyalakan koneksi tersebut.

Akibatnya, suhu HP kamu menjadi cepat panas. So, matikan koneksi yang sudah tidak digunakan agar pemakaian baterai tidak berlebihan.

2. Matikan HP Saat Suhunya Terlalu Panas

Jika suhu HP kamu terlalu panas, sebaiknya segera matikan ponsel dan tunggu hingga suhu HP tidak panas. Saat kamu mematikan perangkat, seluruh proses yang berjalan di ponsel akan terhenti, sehingga suhu pada ponsel pun akan menurun dengan sendirinya.

3. Gunakan Baterai Original

Kualitas dari baterai palsu tentunya tidak akan sama dengan baterai yang original. Oleh karenanya, saat baterai ponsel rusak dan mengalami kebocoran, segera ganti dengan baterai baru yang original.

4. Lepas Casing HP

Menggunakan casing HP memang cukup penting untuk melindungi HP dari benturan atau goresan. Namun, casing bisa menghalangi udara panas keluar dari perangkat. Akibatnya, perangkat menjadi cepat panas.

Perhatikan juga bahan casing yang kamu gunakan. Kalau HP kamu sering panas, pilih casing yang tidak terlalu tebal. Karena bahan casing yang terlalu tebal bisa menutupi lubang udara di smartphone.

5. Kurangi Multitasking

Saat ini sudah banyak smartphone yang memberikan performa handal yang digunakan untuk multitasking. Tentunya kamu tetap harus menjaga suhu smartphone ketika melakukan multitasking secara bersamaan. Aplikasi yang dipakai dalam waktu bersamaan bisa membuat smartphone cepat panas.

Tak hanya itu, aplikasi background yang berjalan terus-menerus juga membuatnya semakin berat. Untuk itu, tutup aplikasi yang memang sudah tidak digunakan dan bersihkan tab di ponsel agar HP ringan dipakai dan tidak cepat panas.

Baca Juga :  √ Cara Mematikan Getar Keyboard di Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung

Penyebab HP Cepat Panas

penyebab hp cepat panas.

Smartphone sering mengalami masalah suhu yang mendadak tinggi atau cepat panas. Masalah ini biasanya sering terjadi ketika penggunaan yang cukup intens. Tak hanya itu, ada juga berbagai penyebab HP cepat panas lainnya yang perlu kamu ketahui berikut ini.

1. Baterai HP Bermasalah

Salah satu penyebab HP cepat panas yang sering terjadi adalah karena baterai yang bermasalah. Baterai yang bocor atau kinerja baterai yang menurun bisa membuat suhu HP menjadi cepat panas. Hal ini umumnya terjadi sebab pemakaian HP yang terus-menerus tanpa memperhatikan kondisi baterai.

2. Membuka Banyak Aplikasi

Tak jarang orang membuka aplikasi secara bersamaan dalam jumlah yang banyak dan tidak menutupnya dengan benar. Padahal, kebiasaan tersebut bisa membuat penggunaan baterai terus berjalan dan mengakibatkan HP cepat panas serta mengurangi kinerja perangkat.

3. Nonton Video / Streaming Terlalu Lama

Menonton konten video di smartphone memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Terlalu larut dalam keseruan tersebut terkadang membuat kita tidak ingat waktu hingga melakukan streaming berjam-jam.

Perlu diketahui, bahwa penyebab HP panas juga bisa dikarenakan penggunaan streaming yang terlalu lama.

Konten video yang kamu tonton di aplikasi streaming seperti YouTube membuat HP menjaga tampilan tetap aktif dan memuat data video dalam jangka waktu yang lama. Maka tak heran, jika HP cepat panas saat digunakan streaming berjam-jam.

4. Pengaturan HP yang Tidak Optimal

Hal yang menyebabkan HP cepat panas selanjutnya yaitu karena pengaturan atau setelan HP yang tidak optimal.

Beberapa setelan yang membutuhkan banyak energi ponsel adalah pemakaian wallpaper animasi dan kecerahan layar yang terlalu tinggi. Maka dari itu, ada baiknya turunkan tingkat kecerahan layar dengan menggunakan wallpaper statis

5. Sinyal Bisa Jadi Penyebabnya

Saat sinyal provider lemah, ponsel akan bekerja dengan keras untuk memperoleh sinyal. Ini merupakan faktor yang membuat HP cepat panas. Sinyal yang lemah membuat ponsel terus-menerus mencari sinyal sehingga bisa meningkatkan suhu pada perangkat.

6. Menggunakan HP Saat di Charger

Kalau kamu sering memainkan ponsel sambil di charger, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut dari sekarang. Pasalnya, menggunakan ponsel saat di charger bisa membuat perangkat menjadi cepat panas.

Selain itu, kualitas pada baterai ponsel pun akan menurun atau mengalami kebocoran. Daya baterai akan lama terisi dan cepat habis.

7. Menggunakan Charger Palsu

Baterai yang rusak memang menjadi penyebab HP cepat panas. Faktor baterai rusak juga cukup beragam. Salah satunya yaitu pemakaian charger yang bukan aslinya atau palsu.

Hal ini karena pasukan daya yang diberikan charger palsu tidak sesuai dengan kebutuhan perangkat. Alhasil, baterai dan komponen menjadi rusak. Maka dari itu, pastikan kamu memakai charger yang original untuk menghindari HP sering panas.

8. Banyak Notifikasi Masuk

Ponsel yang terus menyala, bergetar, dan memutar suara notifikasi tidak menutup kemungkinan membuat ponsel kamu menjadi cepat panas. Aliran notifikasi yang terus berjalan membuat prosesor HP bekerja dengan extra.

Pastikan ponsel hanya mengaktifkan notifikasi di aplikasi yang kamu gunakan. Selain itu, matikan pula jaringan data atau WiFi yang terhubung selama proses pengisian daya agar mencegah HP cepat panas.

9. Lingkungan Sekitar yang Panas

Sinar matahari yang terlalu terik bisa membuat suhu smartphone menjadi panas. Selain itu, menggunakan ponsel di ruangan yang cukup panas juga akan membuat ponsel cepat panas.

Untuk itu, sebaiknya hindari menggunakan atau mengisi ponsel di tempat yang panas agar meminimalisir kerusakan baterai.

10. Bug pada HP

Bug atau error pada HP bisa terjadi sebab aplikasi gagal tersambung dengan server yang mengakibatkan aplikasi bekerja dengan extra dilatar belakang. Kalau sudah begitu, baterai pun bisa sering habis dan membuat HP panas.

Itudia berbagai penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya yang sudah kita simak bersama diatas. Dari cara mengatasi dan penyebabnya semoga kamu memahaminya bagaimana untuk meminimalkan hp yang bisa panas begitu saja. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar