Multimedia

√7 [Tips] Membeli Kamera yang Bagus Untuk Film Maker

Mungkin bagi para film maker atau orang yang senang membuat film sering bertanya-tanya dalam hati : kamera apa aja sih yang bagus untuk filmmaker, berapa yaaa harga kamera untuk syuting film atau budget camera for filmmaking, best camera for video dan bla bla bla….

Itulah yang sering ditanyakan dalam hati bagi para pembuat film yang masih pemula, kendalanya yang utama adalah budget atau uang yang dikeluarkan. Perlu kamu ketahui, menjadi film maker ini tidak membutuhkan modal yang kecil, ia sangat besar modal yang akan dikeluarkan.

Namun, jika kalian benar-benar masih awam saran saya buatlah video yang menarik dan upload ke youtube, andai kata banyak yang menonton berarti menandakan kemampuan pada jati dirimu sungguh luar biasa.

Dan itu adalah kemampuan yang kamu miliki sebagai film maker benar adanya, dan teruslah dilatih supaya menjadi film maker profesional.

Nah, bagi kalian yang ingin membeli kamera yang bagus untuk video atau kamera dslr untuk video shooting atau juga bisa kamera untuk filmmaker, feri tekno ada sedikit tips untuk kamu sebelum membeli kamera mana yang kualitasnya bagus untuk video dan mana yang tidak.

Kamera yang Bagus dan Murah Untuk Film Maker / Video Shooting

Pada postingan sebelumnya saya sudah merekomendasikan kamera dslr yang bagus untuk membuat video, jika kalian ingin membacanya silahkan klik link pada artikel yang satu ini : 5 Daftar Kamera DSLR yang Bagus Untuk Membuat Video.

Yaudah yukks langsung aja kita simak bersama, apa aja sih yang harus kamu ketahui sebelum membeli kamera, berikut ulasan lengkapnya.

1. Pilih Jenis Kamera yang Bagus

kamera untuk filmmaker

Diluar sana banyak sekali jenis kamera untuk digunakan sebagai pembuatan video seperti DSLR, Handycam, Digital Pocket, Prosumer dan Camcorder.

Nah, disitu saya himbau kepada kalian pilihlah fitur untuk merekam video yang berkualitas HD, yaaa minal HD 720p, semakin keatasnya maka semakin bagus.

2. Bandingkan Fiturnya dengan Kamera Lain

kamera untuk filmmaker 2

Memang fitur yang terdapat pada kamera low budget atau murah tidak sebanding dengan kamera yang mahal, tetapi kamu harus pintar saat memilih kamera khususnya kamera untuk video seperti handycam, camcorder dan lain sebagainya yang mampu bertahan 3 jam.

Sedangkan DSLR, hanya sampai 30 menit, walaupun ada yang lebih dari 30 menit tetapi biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal pastinya.

3. Cari Sesuai dengan Kebutuhan Anda

kamera untuk filmmaker 3

Jika kamu membutuhkannya sebagai pembuatan video, maka carilah kamera yang khusus video seperti handycam.

Jika dibutuhkannya untuk foto, saran saya pakai DSLR saja, walaupun DSLR bisa untuk video tetapi kualitasnya masih kalah jauh dengan kamera yang memang dikhususkan untuk video.

4. Carilah Kamera yang Kompatibel dengan Microphone Eksternal

kamera untuk filmmaker 4

Dalam proses pembuatan video, suara adalah faktor kedua dari kualitasnya video supaya dapat dinikmati dengan baik. Jadi, carilah jenis kamera yang harus kompatibel dengan microphone eksternal.

Karena kalian mencari kamera untuk filmmaker, maka wajib kompatibel antara microphone eksternal dengan kameranya.

5. Carilah Kamera yang Nyaman Untuk Pengambilan Angle

kamera untuk filmmaker 5

Kalau yang satu ini sih bukan berarti ada kamera yang tidak nyaman saat pengambilan angle, tetapi antara kepekaan kamu terhadap kamera, jika kamera A tidak senyaman dengan kamera B, maka lebih baik memilih kamera B saja.

Dalam membuat kesan antimainstream dan cinematic, itu sangat berpengaruh terhadap angle, jadi pilih kamera yang kira-kira nyaman bagi kamu dipegangnya.

Kalau saran saya pribadi sih cari kamera yang layarnya bisa diputar, jika pengambilannya berada diatas atau bawah atau samping, maka tinggal kalian putar saja layarnya supaya lebih mudah dan nyaman.

6. Targetkan Budgetmu

kamera untuk filmmaker 6

Jika kamera terdapat fitur microphone eksternal dan layar yang bisa diputar, tentu hal tersebut lebih mahal dibandingkan kamera yang tidak memiliki fitur apa-apa.

Jika budget kamu kurang, saran saya kumpulkanlah dari sekarang, kalau bisa kamu datang ke tokonya untuk menanyakan harga kamera supaya kamu bisa menabung dari sekarang.

7. Carilah yang Banyak Pilihan Lensanya

kamera untuk filmmaker 7

Untuk melakukan shoot disetiap adegan supaya dapat hasil yang memuaskan, tentu memerlukan lensa kamera yang berbeda-beda.

Jadi, carilah kamera yang mendukung lensa dari berbagai tipe. Jika kemampuan kamu bertambah, pasti akan membutuhkan lensa yang lebih keren lagi. Tetapi untuk pemula lensa kit sudah cukup banget dalam menjangka all around.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini mengenai tips membeli kamera yang bagus untuk filmmaker, tips membeli kamera dslr untuk video shooting / vlog / videografi / sinematografi, beberapa daftar kamera yang bagus untuk dibuat film maker ataupun rekomendasi kamera murah untuk video.

Jika kalian ada pertanyaan tentang kamera untuk filmmaker silahkan komentar saja dibawah yaa gaess.

Baca Juga : Cara Membuat Kamera HP Menjadi CCTV
Baca Juga : Cara Membersihkan Lensa Kamera HP yang Berdebu
Baca Juga : Cara Mematikan Suara Kamera Iphone
Baca Juga : Cara Memperbesar Ukuran Foto Tanpa Software
Baca Juga : Cara Mematikan Suara Kamera di HP Xiaomi

Andai kata artikel ini kalian jadikan bahan referensi baik itu untuk skripsi atau rewrite diblog kalian, saya memohon sebesar-besarnya untuk mencantumkan link hidup situs Feri Tekno di artikel yang kalian buat, supaya kita bisa saling menghormati satu sama lain, sekian terima kasih.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!