Perbankan

Kartu ATM Tidak Terbaca di Mesin?

Teman-teman sedang mencari artikel mengenai kartu atm tidak terbaca karna terkelupas, lecet & pita hitam rusak? Panduan artikel ini cocok yang kalian cari.

Jika ingin ke tutorialnya langsung silahkan baca ke submenu mengatasinya, kalau ingin membaca dulu penjelasannya boleh juga supaya lebih paham alurnya.

Dengan kehadirannya kartu atm dapat mempermudah nasabah dalam bertransaksi baik itu cek saldo, transfer, pembayaran, cek mutasi dan beberapa transaksi lainnya, hal ini dapat menyingkat waktu transaksi dibandingkan bertransaksi melalui teller bank.

Seperti yang sudah kita ketahui, jika kita melakukan transaksi di teller bank mungkin memakan waktu yang cukup lama, yakni ngantrinya. Yaaa kalau mengantrinya ada tempat duduk banyak sih masih mendingan, dan ada juga lohh yang mengantri harus berdiri hehe, alias tempat duduk terbatas.

Walaupun kartu atm memiliki banyak kelebihan salah satunya dapat menyingkat waktu bertransaksi melalui mesin atm, tetapi ia memiliki kekurangan juga, yakni tidak bisa melakukan tarik tunai sampai belasan, puluhan dan ratusan juta.

Selain itu, kalian juga harus ekstra hati-hati dalam menjaga kartu atm, karena kartu tersebut sangat rentan sekali rusaknya, walaupun hanya tergores kecil saja pada pita hitam (magnetik strip), maka kalian tidak bisa bertransaksi lagi.

Cara Memperbaiki Kartu ATM yang Tidak Terbaca di Mesin ATM

Jika kartu atm kalian sudah lecet atau rusak hitamnya sehingga kartu atm tidak dapat diproses di mesin, silahkan teman-teman lanjuti lagi baca artikel ini, karena akan saya jelaskan secara terstruktur mulai dari penyebabnya dan cara mengatasinya.

Hal yang sangat penting pada kartu atm adalah pita hitamnya (magnetik strip), jika pita tersebut sudah tergores parah maka tidak bisa bertransaksi (kalau tergores biasanya saja masih dalam keadaan aman).

Selain pita hitam rusak parah (tidak bisa bertransaksi), ada penyebab lainnya juga yang tidak bisa melakukan transaksi, berikut penyebabnya dibawah ini.

#Penyebab Kartu ATM Tidak Dapat Bertransaksi di Mesin ATM

Apabila teman-teman mengalami masalah mengenai kartu atm tidak terbaca oleh mesin atm maka ada beberapa faktor penyebab kartu atm ditolak:

  1. Magnetik strip atau pita hitam tergores.
  2. Masa berlaku kartu atm sudah berakhir.
  3. Kartu ATM sudah terblokir.

Setelah teman-teman mengetahui penyebabnya, maka dapat mengikuti cara berikut ini untuk mengatasinya supaya kartu atm kalian bisa bertransaksi.

Ingat, tak hanya pita hitamnya saja, masa berlaku kartu dan sudah terblokir juga bisa kalian atasi dengan cara berikut ini.

#Mengatasi Masalah Kartu ATM Tidak Bisa Diproses di Mesin ATM

Cara mengatasinya sangat sederhana sekali, yakni teman-teman bisa datangi Customer Service Bank sesuai dengan bank milik teman-teman.

Apakah harus mendatangi cabang bank ketika pertama kali buka rekening?” Untuk mengatasinya, tak harus bank pertama kali buka rekening, cabang bank mana saja bisa.

Asalkan banknya tidak berbeda, misalnya bank kalian bri, maka kalian datangi bank bri bagian customer service.

Jika cabang bank pertama kali teman-teman buka rekening tersebut dekat dengan lokasi rumah, yaa mending datangi saja bank yang kalian datangi pertama kali buka rekening.

kartu atm bca rusak

Ada tidak solusi lain, seperti kartu atm dilakban supaya bisa bertransaksi di mesin, tidak perlu datangi cs bank untuk mengatasinya?” Saran dari saya jangan mencoba hal yang berbahaya, jika teman-teman melakukan lakban atau kartu atm sudah rusak tapi masih dipaksa untuk masuk ke mesin, nanti dikhawatirkan kartu atm macet/tertelan.

Jadi solusi satu-satunya adalah mendatangi customer service bank, tidak ada solusi lain lagi. Mau itu masalahnya karna pitam hitam tergores parah sampai tidak bertransaksi lagi, kuningan tergores, lecet, terkelupas dan masalah lainnya.

Apakah harus orang pemilik rekening asli yang datangi cs bank, apakah bisa diwakilkan?” Untuk diwakilkan itu tidak bisa yaa teman-teman, karna harus pemilik rekening asli yang datangi banknya.

#Hal yang Dilakukan Setelah Ke Customer Service Bank

Setelah teman-teman mengatasi ke cs bank, nanti kartu atm akan diberikan yang terbaru, PIN atm juga bisa gunakan yang lama maupun yang baru (sesuai teman-teman mau ganti pin lama atau tidak).

Dan hal yang harus dilakukan adalah menjaga kartu atm yang benar supaya tidak rusak lagi, karena kartu atm terutama bagian pita hitam tersebut cukup rentan mengalami goresan, misalnya saku atau dompet ada pasir, maka sangat mudahlah ia lecet.

Misalnya lecet kecil, masih okelah bisa digunakan bertransaksi lagi, tetapi jangan sampai lecetnya parah aja, karena tidak akan bisa bertransaksi lagi di mesin atm, untuk mengatasinya hanya dari customer service saja yaa.

Teman-teman sudah tau belum tips menjaga kartu atm yang benar supaya tidak cepat rusak? jika belum tau silahkan lihat artikelnya.

Seputar Pertanyaan

Bisakah Cara Lain Untuk Mengatasi Kartu ATM Tidak Terbaca?

Untuk cara mengatasi kartu atm tidak terbaca, hanya bisa melalui Customer Service Bank saja, selain itu tidak bisa. Nanti CS Bank akan mengganti kartu lama Anda (yang rusak) dengan kartu ATM yang baru.

Bisakah di Wakilkan ke Customer Service Bank?

Tidak bisa diwakilkan, harus pemilik asli rekeningnya.

Bolehkan Kartu ATM di Lakban?

Tidak boleh dilakban, sangat berbahaya, dikhawatirkan kartu atm macet didalam mesin.

Penyebab Kartu ATM Ditolak Apa Saja?

Pada umumnya adalah kartu sudah kadaluarsa, sudah terblokir & kartu rusak seperti pita hitam yang rusak parah.

Kesimpulannya

Mau itu kartu atm rusak akibat pita hitam tergores, kartu patah, kartu bengkok, kartu terkelupas ataupun sejenisnya, pada intinya kartu tidak bisa bertransaksi di mesin atm (mesin menolak).

Maka solusinya hanya bisa melalui Customer Service Bank, kartu yang rusak tersebut akan digantikan dengan yang baru.

Akhir Kata dari Saya

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman mengenai cara mengatasi kartu atm tidak terbaca di mesin atm akibat pita hitam rusak maupun penyebab lainnya sehingga tidak dapat bertransaksi.

Jika teman-teman ada hal yang ingin ditanyakan silahkan komentar saja pada form komentar dibawah, secepatnya akan saya jawab pertanyaan dari kalian. Selamat mencobanya dan jangan lupa untuk berbahagia hari ini 🙂

Artikel yang Terkait

2 Komentar

  1. Iya sih bener juga setelah saya tanya Customer Service Bank, memang solusinya kartu harus diganti dengan yang baru, apapun itu jenis masalah pada kartunya sehingga tidak bisa bertransaksi. Terimakasih admin, ulasannya bermanfaat

    1. Iya betul kak Budi, jika kartu atm tidak bisa diproses pada mesin, solusinya hanya ke CS Bank, jika kerusakannya parah tentu saja kartunya akan ditarik kemudian diganti dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!