Komputer

Cara Saya Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan

Sering banget nih laptop terjadi black screen atau layar hitam saat melakukan booting, tentu hal tersebut membuat kita cemas yaa gaess. Lalu bagaimana dong untuk mengatasi laptop black screen saat dinyalakan atau laptop blank hitam saat booting? Kamu simak terus ulasan artikel ini sampai selesai, semua akan kami bongkar rahasianya.

Dulu saya pribadi pernah terjadi laptop mengalami black screen tapi hidup, dan kursor masih terlihat, mungkin kalau kamu terjadi hal yang serupa dengan saya atau bedanya mungkin kalian akan terjadi kursor tidak ada, jangan khawatir dulu, disini akan kami bantu masalahnya untuk Anda semua, karena metodenya sama saja.

Untuk mengatasi laptop black screen hanya kursor atau bahkan tidak ada kursornya sama sekali, sebenarnya sangat mudah sekali, oke sebagai contohnya kalian bisa lihat pada gambar pertama diatas, sebagai gambaran saja apakah seperti itu atau tidak.

Cara mengatasi laptop black screen windows 7, 8 dan 10 apapun jenisnya, silahkan langsung aja nih kamu simak semua tutorial dibawah ini secara lengkap.

Mengatasi Laptop Black Screen Saat Booting

Ingat yaa gaess, hal ini hanya berlaku bagi kamu yang mengalami laptop blank hitam saat booting atau saat laptop dinyalakan. Namun jika terjadi black screen secara tiba-tiba ketika kalian tengah bermain, silahkan coba saja tutorial ini, siapa tau beneran bisa diatasi, hehe.

Oh iya sebelumnya, kami sangat memohon kepada Anda untuk membaca semua penjelasan pada step by step tutorial dibawah ini, jangan langsung pada intinya, yang dikhawatirkan nanti kalian akan salah tehnik ketika menerapkannya.

  • Kamu hidupkan laptop kamu atau nyalakan terlebih dahulu.
  • Tunggu sampai 3 menit, selepas itu kamu bisa langsung tekan Logo Windows + R secara bersamaan pada keyboard.
  • Jika sudah muncul tab Run, disitu kamu tulis perintah : explorer.exe lalu tekan OK.
laptop hidup tidak ada tampilan dekstop
  • Taaraaa, sekarang laptop kamu sudah menyala seperti semula deh, dan sudah tampil lagi dekstopnya.

Selain perintah tekan Logo Windows + R, kamu juga bisa tekan Ctrl + Alt + Del pada keyboard, habis itu pilih Task Manager dan kemudian pada bagian File kamu pilih Run New Task, dan seperti biasanya kamu ketik perintah explorer.exe

Itulah cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup hanya tidak muncul layar dekstopnya saja atau cara mengatasi laptop asus, acer, lenovo, hp dan beberapa merk lainnya yang mengalami blank hitam.

Pembahasan Bonus Untuk Anda

Pada artikel bonus ini kami ingin memberikan info yang sedikit membuat Anda kecewa, yakni saat booting akan mengalami hal yang sama, jadi kamu harus melakukan panggilan explorer.exe terlebih dahulu.

Lalu bagaimana dong supaya laptop saya tidak blackscreen lagi ketika melakukan booting? Cara yang saya lakukan adalah dengan factory reset atau reset pabrik atau recovery.

Dan kekurangan dari recovery ini adalah semua data kamu akan hilang, tanpa terkecuali. Kan ada 2 pilihan mau data tetap ada atau full dihapus, saran saya adalah dengan full dihapus, supaya file bawaan yang hilang akan muncul lagi nantinya.

Karenya penyebab dari laptop layar hitam dan tidak mau ke dekstop yakni dari virus dan file bawaan ada yang hilang atau rusak. Sebelum melakukan recovery full data, kamu back up atau pindahkan data-data penting kamu ke HDD eksternal atau numpang ke pc/laptop teman saja untuk sementara waktu.

Baca Juga : Cara Lihat Sistem Operasi Komputer
Baca Juga : Cara Menghilangkan Evaluation Copy di Windows
Baca Juga : Cara Membagi Partisi Harddisk Komputer
Baca Juga : Mengatasi Windows 10 yang Gagal Booting
Baca Juga : Mengatasi Unrecognized Markup Pada Windows

Mungkin itu saja yang bisa saya share kepada kalian untuk memperbaiki masalah laptop layar hitam hanya kursor saja yang muncul atau tidak ada kursornya sama sekali, semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian yaa gaess.

Masih tidak paham juga? Langsung aja kamu komentar dibawah, dan pastinya setiap komentar kalian akan kami respon dengan baik dan cepat, jadi langsung aja komentar dibawah kalau masih tidak paham yaa gaess.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!