Search
Close this search box.

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa

Banyaknya pilihan jenis laptop yang bagus dan cocok untuk mahasiswa dan dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau terkadang menyebabkan kebingungan. Ya, bingung untuk memilih manakah yang terbaik atau yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Bagi mahasiswa, laptop merupakan perangkat yang sangat penting untuk dimilikinya. Sebab, selama menjalani masa kuliah, tentu tidak akan lepas dari berbagai jenis tugas yang membutuhkan bantuan laptop untuk menyelesaikannya.

Tentu akan kerepotan sendiri jika harus selalu meminjam laptop atau ke warnet setiap kali ingin mengerjakan tugas yang diberikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki laptop sebagai perangkat pendukung selama masa kuliah.

11 Rekomendasi Laptop yang Bagus untuk Mahasiswa

1. Axioo MyBook 11G

Axioo MyBook 11G

Rekomendasi paling pertama laptop yang bagus untuk mahasiswa adalah Axioo MyBook 11G. Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 ini dibekali dengan prosesor Intel Celeron N4020 Gemini Lake yang mendapatkan dukungan 4 GB RAM.

Laptop ini memiliki bobot 1,15 kg, ukuran 11,6 inci, dan ketebalan 12,8 mm. Tergolong kecil dan ringan, sehingga mudah diselipkan di dalam tas dan tidak membebani ketika dibawa beraktivitas. Sangat cocok untuk mahasiswa yang notabene memiliki mobilitas yang tinggi.

Laptop ini dibekali dengan SDD sebesar 128-256 GB untuk kapasitas penyimpanan. Lumayan besar, sehingga pengguna bisa menyimpan berbagai file penting di dalamnya tanpa khawatir kepenuhan.

Baterai berkapasitas 4000mAh yang disematkan padanya menjadikan pengguna bisa menggunakannya dalam waktu lama, tanpa harus menghubungkannya ke listrik.

2. Zyrex Notebook Sky 232

Zyrex Notebook Sky 232

Laptop yang masuk kategori entry-level ini dibekali dengan sistem operasi Windows 10 Home x64 OEM. Sistem operasi tersebut berkolaborasi dengan prosesor Intel® N3350 (1.1 up to 2.4 GHz) 2MB dan RAM sebesar 4 GB untuk menghasilkan kinerja yang maksimal.

Layar Zyrex Notebook Sky 232 ini berukuran 14 inci dengan teknologi panel IPS beresolusi full HD yang memberikan cakupan warna yang luas. Sangat direkomendasikan bagi mahasiswa, karena harga jualnya sangat murah, berkisar Rp 2-3 jutaan saja.

Laptop ini dibekali dengan kapasitas penyimpanan SSD sebesar 256 GB dan baterai 5000mAh yang diklaim mampu bertahan 6-10 jam penggunaan tanpa harus terhubung dengan listrik. Tidak diragukan lagi kalau spek laptop ini memang cocok untuk mahasiswa.

3. ASUS VivoBook Flip 14 TP401MA

ASUS VivoBook Flip 14 TP401MA

Laptop yang bernama ASUS Vivobook Flip 14 TP401MA ini memiliki bobot yang ringan dan desain yang tipis. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk mahasiswa dengan mobilitas tinggi, karena tidak akan kesulitan membawa laptop ini dalam aktivitasnya.

Laptop ini dibekali dengan Prosesor Intel® Celeron® N4020 dan 4 GB RAM. Ukuran layarnya 14-inci  dan bisa di-flip atau diputar 360 derajat. Tombol volume yang disematkan di bagian body keyboard memberikan kenyamanan maksimal saat menonton video.

4. HP Pavilion 14-EC0013AU

HP Pavilion 14-EC0013AU

Rekomendasi laptop yang bagus untuk mahasiswa berikutnya adalah HP Pavilion 14-EC0013AU. Sebagaimana yang lainnya, laptop ini juga dibekali dengan layar berukuran 14 inci dan beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Tidak heran jika tampilan visualnya lebih maksimal.

Kombinasi prosesor AMD Ryzen 5 5500U dan 16 GB RAM yang disematkan pada laptop ini menjadikan kinerjanya lebih maksimal. Untuk kebutuhan penyimpanan data, laptop ini dibekali 512 GB SSD, yang menjadikan pengguna bisa menyimpan berbagai file penting yang dibutuhkan.

Menariknya, keyboard laptop ini didesain dengan backlit, yang menjadikan pengguna dapat memakai laptop ini meskipun di dalam ruangan minim cahaya.

Baca Juga :  √ Cara Melihat MAC Address Laptop / PC Windows 7, 8 dan 10

5. ASUS A407MA

ASUS A407MA

Laptop berikutnya yang juga direkomendasikan untuk mahasiswa adalah ASUS A407MA. Berkat prosesor Intel Celeron N4000 dan 4 GB RAM yang disematkan padanya, menjadikan kinerja laptop ini mendukung aktivitas mahasiswa, terutama untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Layar laptop ini berukuran 14 inci, yang tentunya sangat mendukung kebutuhan mahasiswa. Terlebih lagi dengan disematkannya media penyimpanan HDD 1 TB yang diperkuat dengan SSD 256 GB pada laptop ini, menjadikan pengguna bisa menyimpan berbagai file sesuai kebutuhan.

Untuk kebutuhan penggunaan, laptop ini dibekali dengan baterai 33WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion yang terbukti mampu digunakan hingga 6 jam.

6. Xiaomi RedmiBook 15

Xiaomi RedmiBook 15

Sebuah laptop dikatakan cocok untuk mahasiswa ketika bobotnya ringan, sehingga mudah dibawa beraktivitas. Tentu saja Xiaomi RedmiBook 15 termasuk salah satu yang memenuhi kriteria tersebut. Hal ini dilihat dari desainnya yang tipis, bodi yang ringkas, serta bobot berkisar 1,8 kg saja.

Laptop besutan Xiaomi ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3 generasi ke-11 yaitu i3-1115G4 dan RAM sebesar 8 GB. Ukuran layarnya sebesar 15,6 inci dengan tingkat resolusi Full HD untuk memberikan visualisasi yang memuaskan.

7. Lenovo IdeaPad S145

Lenovo IdeaPad S145

Seakan tidak mau ketinggalan, pabrikan Lenovo turut memproduksi laptop yang bagus untuk mahasiswa, salah satunya adalah Lenovo IdeaPad S145. Laptop ini dibekali dengan layar sebesar 14 inci dan memiliki kualitas gambar Full HD 1366 x 768 piksel.

Laptop ini dibekali dengan AMD Athlon 300U dan RAM sebesar 8 GB. Untuk penyimpanan data, disematkanlah SDD sebesar 512 GB (M.2 NVMe) pada laptop tersebut.

Kapasitas daya baterainya mencapai 6 jam pemakaian, sangat cocok digunakan oleh mahasiswa yang butuh untuk mengakses laptop dalam waktu lama ketika mengerjakan tugas-tugas kuliah.

8. Infinix Inbook X2

Infinix Inbook X2

Pilihan lainnya untuk laptop yang cocok bagi mahasiswa adalah Infinix Inbook X2. Ukuran bodinya cukup tipis karena ketebalannya berkisar 14,8 mm saja. Belum lagi bobotnya yang berkisar 1,24 kg, menjadikan mobilitas lebih nyaman meskipun sambil membawa laptop ini.

Prosesor yang disematkan pada laptop ini adalah Intel Core i3-1005G1 dengan kapasitas RAM sebesar 8 GB. Untuk kenyamanan visualisasi, disematkanlah layar berukuran 14 inci yang sudah mencapai resolusi Full HD.

9. Lenovo IdeaPad 330 14AST

Lenovo IdeaPad 330 14AST

Bagi mahasiswa yang menginginkan laptop ringan dengan desain yang ringkas, Lenovo IdeaPad 330 14AST merupakan pilihan yang tepat. Prosesor yang disematkan padanya berupa D 7th Generation AMD A9-9425 APU, yang menjadikan kinerja laptop ini semakin maksimal.

Ukuran layar laptop ini sebesar 14 inci dan berteknologi Full HD IPS. Selain itu, laptop ini juga dibekali dengan RAM sebesar 4 GB dan 8 GB serta HDD yang mencapai 1 TB. Untuk waktu pemakaian, kapasitas baterai yang disematkan padanya bisa digunakan selama kurang lebih 6 jam.

10. HP 14S DQ0508TU

HP 14S DQ0508TU

Pilihan laptop lainnya untuk mahasiswa yang juga direkomendasikan adalah HP 14S DQ0508TU. Desainnya langsing dan bobotnya ringan, sehingga sangat cocok bagi mahasiswa. Terlebih lagi ketika harus dibawa ke sana ke mari saat beraktivitas.

Laptop ini dibekali dengan prosesor berupa Intel Celeron dan RAM sebesar 4 GB. Sistem operasi yang terinstal secara default adalah Windows 11 Home. Kualitas daya baterainya cukup handal, sehingga pengguna bisa menggunakannya selama 6 jam atau lebih dalam kondisi tidak terhubung ke listrik.

11. ASUS Vivobook Pro 15 M3500QC

ASUS Vivobook Pro 15 M3500QC

Bagi mahasiswa yang memiliki budget berlebih dan ingin mendapatkan laptop dengan spek yang lebih tinggi, maka bisa mencoba ASUS Vivobook Pro 15 M3500QC. Harganya lumayan mahal memang, berkisar Rp 10 jutaan, namun sudah sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Laptop ini memiliki layar berukuran 15 inci dan berteknologi NanoEdge Full HD OLED. Prosesor yang disematkan padanya adalah AMD Ryzen™ 9 5900HX yang terbaik di kelasnya. Tidak heran jika performa laptop ini sangat handal, terlebih lagi dengan disematkannya RAM berukuran 16 GB.

#Seputar Pertanyaan Nomor HP Luar Negeri

Untuk Mahasiswa Bagusan SSD atau HDD?

Saran terbaik SSD, lebih cepat memproses data dibandingkan HDD.

Sebaiknya Minimal RAM Berapa?

Saran terbaik minimal RAM 4GB.

Untuk Prodi Teknologi Sebaiknya Spesifikasi Seperti Apa?

Cari yang sudah SSD dan RAM minimal 8GB.

Lebih Baik Beli Online / ke Toko Langsung?

Saran terbaik ke toko langsung, karna bisa lihat fisik laptopnya. Kalau beli online, khawatir saat pengiriman lewat kurir terjadi lecet.

Itulah tadi 11 rekomendasi laptop yang bagus dan cocok untuk mahasiswa. Rata-rata daftar laptop yang disebutkan di atas dibanderol dengan kisaran harga yang terjangkau dan sesuai kemampuan mahasiswa.

Jika tertarik, pilih saja jenis laptop yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar