Gadget

Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO

Teman-teman sedang mencari solusi memori penuh di hp oppo? bagi yang ingin ke tutorialnya langsung silahkan langsung ke metode penerapannya, namun bagi yang mau nambah wawasan bisa baca penjelasannya sambil ngopi/ngeteh biar mantap!.

Penyimpanan Internal pada smartphone merk OPPO digunakan untuk menyimpan file aplikasi dan data pengguna.

Dan yang pasti media penyimpanan internal pada setiap tipe hp oppo hadir dengan kapasitas yang berbeda-beda, ada yang 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, hingga 128 GB.

Dan apabila pengguna sudah menyimpan banyak data atau aplikasi hingga hampir memenuhi batas maksimal, maka biasanya akan muncul pesan notifikasi bertuliskan: penyimpanan ponsel tidak cukup, tidak cukup ruang pada perangkat, ruang penyimpanan hampir habis maupun not enough memory.

Perlu teman-teman ketahui bahwa pesan notifikasi tersebut bukanlah pesan error, melainkan pesan peringatan untuk pengguna.

Notifikasi tersebut hanya mengingat space media penyimpanan pada internal card hampir habis dan sisa beberapa ratus mega byte saja. Kalau untuk penyimpanan eksternal tidak ada peringatan, jadi masalah utama adalah penyimanan internalnya (memori internal) hampir memenuhi batas maksimal.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo (Ruang Penyimpanan Hampir Habis)

Jadi kesempatan kali ini saya akan berbagi tips kepada teman-teman mengenai cara menghilangkan notifikasi penyimpanan ponsel yang tidak cukup di hp oppo.

Biasanya notifikasi tersebut selalu muncul berulang-ulang padahal penyimpanan belum hampir penuh. Yaudah dari pada jelasin sana jelasin sini mending langsung aja teman-teman simak tutorialnya untuk mengatasi memori penuh di hp oppo.

Cara Pertama: Bersihkan SMS (Pesan Masuk)

Untuk metode pertama ini teman-teman bisa membersihkan inbox atau pesan masuk (sms) yang terlalu banyak, hal tersebut tentu dapat menguras banyak memori internal hp oppo kita.

Terkadang ada sebagian pengguna yang menyimpan pesan masuk hingga puluhan, ratusan bahkan ribuan. Padahal isi pesannya kebanyakan dari operator hehe.

Maka dari itu sebaiknya teman-teman hapus saja pesan masuk tersebut yang tidak terlalu penting. Tidak hanya pada aplikasi SMS aja, tetapi juga pada aplikasi WhatsApp, BBM, Telegram, dan LINE juga dihapus.

Cara Kedua: Bersihkan Cache Aplikasi

Metode kedua yang bisa teman-teman lakukan adalah membersihkan file sampah atau file cache pada aplikasi terinstall.

Teman-teman bisa gunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan cache secara menyeluruh dan cepat, silahkan download di playstore..

Atau teman-teman juga bisa melakukannya secara manual satu persatu aplikasi. Dan tidak perlu khawatir mengenai data-data di aplikasi hilang, karna cache ini hanya file sampah jadi data kalian masih aman di aplikasi tersebut.

  • Buka Pengaturan (settings)Setelan TambahanManajemen Aplikasi ⏩ cari aplikasi yang ingin dihapus cache-nya ⏩ kemudian pilih Hapus Cache.

mengatasi penyimpanan internal tidak mencukupi di handphone oppo

Versi sistem operasi android saya nanti akan berbeda dengan versi kalian, silahkan tinggal menyesuaikan sendiri saja pada tampilan pengaturannya karna gak bakalan jauh beda kok.

Cara Ketiga: Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Masih belum berhasil juga padahal sudah dihapus cache setiap aplikasi? ikuti lagi tips ketiga ini.

Aplikasi yang tidak teman-teman pakai atau tidak terlalu penting sebaiknya dihapus, karena hal tersebut akan membuang memori internal saja.

Seperti misalnya kalian menginstall aplikasi telegram, dan saat ini sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut maka sebaiknya dihapus/uninstall saja.

Untuk uninstall aplikasi, bisa simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan (settings)Setelan TambahanManajemen Aplikasi ⏩ cari aplikasi yang ingin dihapus ⏩ kemudian pilih Hapus Instalasi.

mengatasi penyimpanan internal tidak mencukupi di handphone oppo 2

Versi menu pengaturan saya nanti akan berbeda dengan versi kalian, silahkan tinggal menyesuaikan sendiri saja pada tampilan pengaturannya karna gak bakalan jauh beda kok.

Cara Keempat: Pindahkan Aplikasi Ke SD Card (Memori Eksternal)

Masih belum terselesaikan juga masalah ini? coba teman-teman silahkan beli sd card (memori eksternal), beli yang 2GB atau 4GB juga sudah lebih dari cukup.

Setelah membeli dan memasukkan sd card ke hp oppo, lakukan perpindahan aplikasi yang bisa dipindahkan ke sd card.

Karna tidak semua aplikasi bisa dipindahkan, hanya beberapa aplikasi saja, terutama aplikasi install di playstore baru bisa dipindahkan ke memori eksternal, untuk aplikasi bawaan hp hanya sebagian saja yang bisa dipindahkan.

Adapun untuk memindahkan aplikasi di hp oppo ke sd card (memori eksternal), kalian bisa simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan (settings)Setelan TambahanManajemen AplikasiDiinstall ⏩ cari aplikasi yang ingin dipindahkan ⏩ lalu pilih pada Pindahkan Ke SD Card.
Versi menu pengaturan saya nanti akan berbeda dengan versi kalian, silahkan tinggal menyesuaikan sendiri saja pada tampilan pengaturannya karna gak bakalan jauh beda kok.

Cara Kelima: Pindahkan Juga Sebagian File Ke SD Card

Tak hanya aplikasi saja, teman-teman juga bisa memindahkan sebagian file dari memori internal ke memori eksternal (SD Card / Micro SD).

Seperti misalnya jika kalian menyimpan banyak foto, video, musik/audio dan dokumen di memori internal, maka teman-teman bisa memindahkan sebagian file tersebut ke SD Card.

Hal semacam ini sama dengan memindahkan aplikasi, yakni bisa membuat space memori internal lebih lega dan bertambah lagi.

Cara Terakhir: Restart HP-nya

Sebenarnya 5 (lima) cara diatas tersebut sudah pastinya berhasil diatasi dan memori internal teman-teman sudah pastinya lega/luas lagi daya penyimpanannya.

Jika masih muncul notifikasi penyimpanan penuh, abaikan saja karna itu masih menghitung data penyimpanan.

Setelah mengikuti beberapa metode diatas, coba restart hp oppo milik teman-teman, siapa tau setelah restart sudah hilang lagi notifikasinya.

Cara yang Dianjurkan Selain 6 Metode Diatas

Teman-teman enggak mau melakukan ke-6 cara diatas karna alasan malas melakukan step by stepnya? jangan khawatir, dan cara yang satu ini sangat ampuh bahkan virus yang ada di hp juga hilang.

Kalian bisa melakukan factory reset (setelan pabrik), jadi nantinya hp kalian akan seperti baru lagi dan tidak ada aplikasi yang terinstall dan file cache yang menumpuk.

Ini memang cara yang sangat ekstrim, namun cara ini justru yang paling gampang dan ampuh banget. Sebelum melakukan metode ini, teman-teman backup atau simpan file-file penting ke hp lain lewat sd card juga bisa.

File-file tersebut seperti foto, video dan dokumen. Dan juga nomor kontak silahkan dicatat saja dibuku kecil, karna nomor tersebut nanti akan terhapus juga.

Saran dari saya untuk melakukan factory reset atau hard reset, silahkan lihat tutorialnya dari youtube saja, supaya pesan yang disampaikan lebih akurat & jelas (biar gak salah paham saat melakukannya nanti).

Akhir Kata

Dengan adanya beberapa tips diatas, semoga notifikasi penyimpanan ponsel tidak cukup bisa hilang (memori penuh di hp oppo) dan hp oppo milik teman-teman bisa normal kembali.

Sebenarnya notifikasi semacam itu bukanlah masalah, notifikasi tersebut hanyalah peringatan karena memori anda hampir penuh atau telah mencapai batas maksimal.

Sering pakai oppo? sudah tau solusi hp oppo cepat panas? jika belum silahkan cek artikel tersebut.

Semua metode diatas tentunya dapat kalian terapkan pada hp oppo semua tipe seperti tipe a3s, a37, a83, a71, a37f, f1, neo dan beberapa tipe lainnya.

Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencobanya dan jangan lupa untuk berbahagia hari ini 🙂 ngoehehehe.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!