Internet

Cara Mempercepat Download IDM

Internet Download Manager atau biasa dikenal dengan sebutan IDM ini memang memiliki fitur yang sangat baik dalam proses download, mau itu download software games ataupun video yang ada di youtube, facebook, instagram dan sebagainya.

Maka tak heran jika software pembantu download ini sangat banyak penggemarnya, tentunya dengan menggunakan software ini tidak gratis alias berbayar, tetapi kalian tidak akan rugi jika membayar karena software ini sangat bagus sekali, hal tersebut bisa dibuktikan ketika kalian sudah mencobanya.

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa menggunakan idm ini proses loading download akan menjadi cepat dari pada cara manual ataupun software downloading lainnya, itu merupakan salah besar jika kalian beranggapan bahwa idm mempercepat proses download.

Software idm ini hanya sebagai membantu kita dalam proses download dan meringankan kita, contohnya jika ada suatu video yang tidak ada tombol download tetapi kalian tetap bisa mendownloadnya hanya klik kanan lalu salin link videonya ke software idm maka proses download akan berjalan.

Atau terkadang idm akan muncul tombol downloadnya sendiri ketika kita menyalakan atau memutar video yang tinggal kamu klik saja tombol tersebut maka proses download akan berjalan.

Lahh saya kira mempercepat proses download, tetapi ada enggak caranya supaya proses downloadnya ini bisa agak cepatan dikit gitu?

Nah tentang proses download itu tergantung dari jaringan internet kamu, kalau sinyalnya cepat maka proses download juga akan menjadi cepat. Tetapi kalau dalam proses download disini saya ada sedikit trik dan tips sedikit yang dimana kita paksa software tersebut supaya tidak mengikuti 100% dari jaringan.

Jadi begini maksud saya, kalau tidak dipaksa supaya proses download cepat maka saat loading dia akan 100% mengikuti jaringan internetnya kalau cepat maka proses juga optimal.

Misalkan kamu memaksanya maka 50% akan mengikuti jaringan internet dan 50-nya lagi mengikuti dari pengaturan yang akan kita setting dibawah ini.

Cara Mempercepat Download Menggunakan IDM Sampai 10 & 30 Mbps Lebih

Pada pembahasan artikel ini saya akan berbagi tips sedikit kepada teman-teman, yang mana kamu bisa ikuti 2 metode dibawah ini untuk memaksa software idmnya supaya saat melakukan proses download dia akan lebih cepat 50%.

Banyak di ulasan google yang bilang 200% lebih cepat, itu sangat bohong karena enggak mungkin 200% lebih cepat karena semua itu tergantung dari jaringan internet kita, kalau kita bagi dua dari settingan idm dan jaringan maka akan menjadi 50%, bukan menjadi 200%.

Yaudah lah dari pada nanti teman-teman akan bingung jelasin sana jelasin sini hehe, mending kita langsung ke intinya aja untuk mempercepat proses download pada software internet download manager.

Jika gambar tutorial dibawah ini kurang jelas, teman-teman bisa klik aja gambarnya supaya bisa di zoom. Dan versi yang saya gunakan dibawah ini nantinya akan berbeda dengan versi kalian, tapi jangan khawatir karna perubahannya tidak jauh beda.

Cara Pertama : Setting IDM dari Connetion

  • Langkah awal silahkan teman-teman buka softwarenya.
  • Klik Options: bisa dengan 2 (dua) metode, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.

mempercepat proses download menggunakan idm

  • Pada bagian atas kamu pilih Connetion.
  • Lalu pada bagian Connetion Type/Speed-nya kamu ubah ke High Speed.
  • Kemudian pada Default max.conn.number kamu atur menjadi 32, jika 32 tidak bisa pilih 16 aja.
  • Habis tinggal pilih OK.

mempercepat proses download menggunakan idm 2

  • Selesai.

Cara Kedua : Atur IDM dari Speed Limiter

  • Pada bagian atas kamu pilih DownloadsSpeed Limiter, disitu itu kamu pilih Turn On
  • Setelah turn on klik lagi pilihan Settings.

mempercepat proses download menggunakan idm 3

  • Lalu ubah nilainya menjadi 2000 dan jangan lupa Ceklis pada Always turn on speed limiter on idm startup.
  • Kemudian klik OK.

mempercepat proses download menggunakan idm 4

  • Selesai deh.

Cara Ketiga: Dengan Bantuan CMD

Mempercepat download idm dengan bantuan cmd itu tidak ada efek apa-apa ke software idm-nya, namun kita bisa lakukan cmd ini dengan membuat koneksi internet kita menjadi stabil aja, yakni dengan menge-ping-nya.

  • Langkah awal silahkan teman-teman buka cmd.
  • Setelah membukanya, tinggal lakukan ping namasitus -t
    • namasitus itu adalah yang kita download software atau filenya dari situs/website tersebut.
    • Contohnya ping feritekno.com -t
  • Jika sudah, teman-teman langsung tekan Enter pada keyboard.
  • Dan biarkan saja cmd tersebut berjalan sambil download file di IDM (jangan disilang cmd-nya).

ping cmd

Ada Cara Lagi Gak?

Hanya Ini Saja Triknya?” Iya triknya hanya ini saja untuk melakukan settings pada internet download manager (idm) supaya lebih cepat, saya pribadi enggak pakai bantuan software lainnya seperti software idm optimizer, mengganti pengaturan file registry windows, memakai proxy atau sebagainya.

Itu semua kalau teman-teman mau tau tidak ada efeknya, itu sudah saya lakukan semuanya, cukup dengan 3 (tiga) metode yang barusan saya ulas diatas itu sudah ampuh untuk mempercepatnya menjadi 50% meningkat maupun sampai 30 mbps.

Dan jangan tergiur masalah mempercepat idm meningkat 200% apalagi sampai 900%, itu mitos banget, coba kalian pikirkan aja gak masuk akal kan? itu hitung persennya dari mana coba hehehe.

Dan juga jangan yang aneh-aneh pakai software tambahan seperti idm optimizer, kalau gak percaya dicoba aja efeknya gimana oke atau enggak pakai optimizer.

Paling penting lagi jangan mengganti / oprek pada file registry editor (regedit), sudah biarkan saja begitu, soalnya banyak situs diluar sana menggantinya, justru saran saya jangan menggantinya, default saja begitu, kita cukup dengan ikuti metode yang saya berikan diulasan ini.

Yang pasti saya pribadi tidak mau menyesatkan para pembaca setia feritekno, ngoehehehe.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa saya share kepada teman-teman cara mempercepat download memakai idm bisa sampai 30 mbps (menjadi kencang).

Teman-teman suka buka youtube dari pc/laptop? sudah tau cara download video di youtube tanpa aplikasi? jika belum tau silahkan cek artikelnya.

Jika teman-teman ada pertanyaan atau sebagainya silahkan komentar saja dibawah, secepatnya akan saya balas pertanyaan dari kalian.

Semoga berhasil dan jangan lupa hari ini untuk berbahagia 🙂

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!