Komputer

Cara Menambah RAM Laptop Ada Beberapa Macam

Berencana untuk upgrade RAM di laptop? Kamu harus hati-hati melakukannya agar nanti tidak menyesal. Salah-salah RAM yang sudah kamu beli justru tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya. Ada banyak cara menambah RAM laptop, cara mana yang tepat kamu bisa memilihnya.

Supaya nggak menyesal, pertama kamu harus mempertimbangkan kembali mengapa laptop butuh di upgrade RAM-nya. Jangan hanya beralasan kamu ingin laptop RAM besar, tetapi sesuaikan juga dengan fungsinya.

Misalnya karena kamu perlu menggunakan software editing foto atau video yang memang membutuhkan RAM besar. Supaya kamu nggak salah memilih, perhatikan tiga cara berbeda berikut untuk menambah RAM laptop.

Cara Menambah RAM Laptop Secara Umum

Cara yang paling umum untuk meningkatkan RAM adalah dengan membeli RAM berbentuk fisik. Nah jika membeli hardware baru otomatis laptop harus dibuka dan RAM harus dipasang. Jika kamu nggak berpengalaman soal hardware, lebih baik serahkan ke ahlinya langsung. Jadi setelah kamu membeli RAM bisa langsung minta dipasangkan.

Selain itu ada hal yang perlu kamu perhatikan untuk menambah RAM laptop dengan cara ini.

Pertama, sesuaikan dengan sistem operasi laptop. Setiap laptop memiliki sistem operasi yang berbeda, yaitu 32-bit dan 64-bit, selain itu ketahui berapa RAM yang dimiliki laptop kamu sekarang. Sistem 32-bit kemampuannya lebih rendah, jadi kemungkinan besar jika kamu meningkatkan RAM, maka yang terbaca cuma 4GB nya saja. Jadi percuma dong jika kamu menambah RAM.

Kedua adalah ketersediaan slot RAM pada laptop tidak disolder permanen atau masih ada slot yang kosong. Sehingga penambahan bisa dilakukan.

Ketiga, sebaiknya kamu memilih merk RAM yang sama untuk mengantisipasi kualitas tetap seimbang. Karena beda merk pasti memiliki kualitas yang berbeda. Jika semua hal ini telah disesuaikan, kamu bisa langsung memasang sendiri atau ke tempat servis laptop untuk memasangnya.

Mudah bukan cara menambah RAM laptop secara fisik ini?.

Cara Menambah RAM Laptop dengan Hardisk

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan hardisk internal atau yang lebih dikenal dengan cara virtual memori. Di sini kamu nggak perlu membeli RAM baru, karena bisa diambil dari hardisk internal. Hanya saja efek yang akan terjadi adalah kapasitas pada hardisk tentu akan berkurang.

Cara menambah RAM laptop dengan hardisk internal yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya adalah berikut:

  • Nyalakan laptop dan masuk ke Windows Explorer.
  • Klik kanan pada menu My Computer kemudian klik Properties.
  • Pilih menu Advance system setting pada bagian kolom kiri.
  • Setelah masuk ke system properties, pilih menu Advanced kemudian klik kolom Settings.
  • Tab Performance Options akan muncul dan pilih menu Advanced kemudian klik kolom Change.
  • Ubahlah ukuran virtual memory sesuai dengan kebutuhan, caranya adalah dengan menyorot drive C kemudian klik Custom size, baru ubah nilainya.
  • Nilai yang diubah yang bagus adalah separuh dari besaran RAM. Jika sudah selesai mengubah bisa langsung klik OK.

Cara menambah RAM laptop memanfaatkan hardisk internal ini jika dilihat secara teknis adalah meminjam memori hardisk dan diubah untuk meningkatkan kinerja RAM yang sudah disematkan.

Cara Menambah RAM Laptop dengan Flashdisk

Cara yang ketiga adalah dengan memanfaatkan flashdisk, langkah ini menggunakan fitur Readyboost yang akan muncul jika flashdisk disambungkan ke laptop. Cara kerjanya sama seperti ketika menggunakan hardisk, yaitu mengambil memori dari flashdisk.

Jika dilihat dari cara kerja Readyboost ini maka hardware yang memiliki memori seperti SD card dan juga hardisk eksternal bisa menggunakan cara ini.

Berikut cara menambah RAM laptop dengan flashdisk yang bisa kamu ikuti.

  • Nyalakan laptop dan hubungkan flashdisk.
  • Setelah tersambung akan muncul fitur AutoPlay, lalu pilih menu Speed Up my System.
  • Apabila fitur Autoplay tak muncul, maka bisa masuk Properties dengan klik kanan pada flashdisk di Windows Explorer.
  • Ketika jendela Properties muncul pilih menu Readyboost.
  • Pilih menu Dedicated this device to Readyboost jika kamu ingin menggunakan semua kapasitas memori dalam flashdisk untuk meningkatkan performa RAM.
  • Pilih menu Use this device jika hanya ingin menggunakan memori sebagian saja.
  • Jika sudah selesai memilih, klik menu OK.

Baik itu cara menambah RAM laptop secara virtual memori atau Readyboost performanya tentu tidak akan sebaik jika kamu menambahkan RAM secara fisik.

Karena keterbatasan memori menjadi penyebab utamanya. Jadi sebaiknya pertimbangkan untuk membeli RAM baru saja atau membeli laptop dengan spek yang lebih tinggi daripada sekarang.

Buat kamu yang ingin mendapatkan laptop dengan spek canggih tak perlu khawatir takut dengan harga yang mahal.

Karena hari ini ada promo Elektronik Brand Day dalam Shopee 10.10 Brands Festival yang menghadirkan promo-promo menguntungkan untuk aneka peralatan elektronik, termasuk laptop. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mengikutinya.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!