Gadget

Mengatasi HP Xiaomi yang Ngeblank

Ketika itu teman saya pernah konsultasi kepada saya mengenai hp xiaomi-nya yang tidak bisa dimatikan daya serta layar tidak bisa berfungsi kayak disentuh tidak ada reaksinya, mungkin karena hang atau ngeblank sehingga tidak bisa diapa-apakan.

Kala itu handphone xiaomi teman saya tipe xiaomi redmi 4a, dan ia pun panik karena ada tugas pekerjaan yang lagi serius, dan hp nya pun tidak bisa diapa-apakan.

Setelah saya otak-atik ternyata sangatlah mudah sekali, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit sudah sukses kembali (normal lagi).

Apakah tipe xiaomi saya bisa juga diterapkan? Tentu bisa banget teman-teman, yang penting hp kamu merknya xiaomi, tipe apapun bisa kita lakukan pada tips-tips di artikel ini.

Penyebab hp xiaomi yang hang atau blank seperti itu biasanya ada faktor yang salah dari sistemnya, ntah dari aplikasinya ada yang error ataupun memang dari sistem android xiaominya.

Pada pembahasan artikel ini saya akan membantu teman-teman mengenai permasalahan yang tengah dialami, karena hal tersebut bukan kamu saja yang pernah terjadi, ternyata memang produk xiaomi terkadang sering terkena penyakit yang seperti itu, jadi kalian tidak perlu panik.

Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Hang atau Ngeblank

Jadi saya akan memberikan 3 (tiga) cara yang bisa teman-teman lakukan, yuukkss langsung aja simak penjelasannya berikut ini.

Cara Pertama: Matikan Daya

  • Teman-teman bisa lakukan mati daya secara paksa, yakni tekan tombol Power yang lama sampai ia mati.
  • Jika sudah mati, silahkan nyalakan lagi dengan menekan tombol powernya sampai menyala.
  • Jika metode ini tidak berhasil, ikuti tips selanjutnya.

Cara Kedua: Cabut Semua Perangkat

Cara ini hanya berlaku jika handphone xiaomi kamu yang baterainya bukan tanam alias bisa dibongkar pasang.

  • Jika hp kamu bersifat baterainya bisa dicabut, coba kamu langsung cabut baterainya dari xiaominya dan juga sim card serta memori eksternal di cabut juga, kamu diamkan selama 5 menit.
  • Selepas 5 menit berselang, coba kamu pasangkan kembali dan nyalakan lagi daya ponselnya, semoga dengan cara ini dapat membantu.

Cara Ketiga: Dengan Merestart-nya

Selain kedua metode diatas, kita bisa melakukan restart secara otomatis dengan kombinasi tombol.

  • Langkah pertama, tekan tombol Volume Up (+) dan Volume Down (-) secara bersamaan sampai ia benar-benar merestartnya.
  • Kalau restart berhasil, hp xiaomi kamu sudah pulih kembali.
  • Jika 3 s/d 5 menit belum nyala juga, teman-teman bisa nyalakan secara manual yakni tekan tombol Power yang lama sampai ia menyala.

Cara Keempat: Pancing Ke Mode Fastboot

Metode ini sangat ampuh dalam mengatasi hp xiaomi yang hang, yakni kita bisa lakukan dengan pancing masuk ke mode fastboot selepas itu kita keluar dari mode tersebut, setelah keluar hp teman-teman akan pulih lagi.

  • Tekan tombol Power + Volume Down (-) secara bersamaan yang lama (kurang lebih 15 detik) sampai nantinya masuk ke mode fastboot.
  • Jika tombol diatas tidak bisa masuk, teman-teman coba tekan tombol Power + Volume Up (+) secara bersamaan (karena setiap tipe hp xiaomi berbeda-beda untuk masuk ke mode fastboot).
  • Masuk ke mode fastboot kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

mode fastboot

Lalu bagaimana cara menghidupkan/keluar lagi hp xiaomi yang masuk ke mode fastboot? Silahkan teman-teman baca lagi penjelasannya:

  • Kalau sudah masuk mode seperti gambar diatas, teman-teman tekan tombol Power yang lama sampai ia benar-benar hilang gambarnya (keluar mode), nanti akan hidup lagi secara otomatis.
  • Jika tidak hidup otomatis selama 3 s/d 5 menit, kalian hidupkan bisa manual dengan menekan tombol Power yang lama sampai ia menyala lagi.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa saya bantu kepada teman-teman mengenai cara mengatasi hp xiaomi yang tidak bisa di sentuh layarnya, tidak bisa di restart dan tidak bisa dimainkan atau tidak bisa dimatikan daya (hang / ngeblank). Yang pastinya untuk mengatasi kita tidak perlu software tambahan (gak pakai pc / laptop).

Teman-teman sudah tau belum cara reset hp xiaomi? jika belum tau silahkan cek artikelnya.

Jika teman-teman ada pertanyaan atau sebagainya, tinggal komentar saja dibawah dan nanti saya akan menjawab semua pertanyaan teman-teman secepatnya, jika berkenan boleh dong bantu kami juga melakukan share artikel ini ke media sosial kalian hehehe.

Selamat untuk mencobanya yaaa, semoga berhasil 🙂

Artikel yang Terkait

32 Komentar

  1. HP redmi dan berhasil ikuti cara ke-empat, josss terimakasih admin Feri Tekno

  2. Terimakasih informasinya sudah sukses saya atasi

  3. Alhamdulillah postinganx bermanfaat bgt trma kasih,hp dah normal lg

    1. Alhamdulillah jadi seneng juga dengernya kalau bisa hehe 😀

  4. hp xiaomi saya masuk ke air, biar normal kembali gimana om?
    mohon pencerahannya.

  5. terimakasihh bermnafaat sekali 🙂 awalnya di coba fastboot sekali belum bisa, ternyata setelah kedua kalinya bisa

    1. Ohh kedua kali bisa yaahh, mantapp kak ini tutor bagus untuk pembaca lainnya harus dua kali jika fastboot pertama kali tidak bisa hehe 😀

  6. Artikel yang sangat bermanfaat dan bahasa yang mudah dipahami, terimakasih kak sukses punyaku

  7. Hooreee akhirnya bisa juga hehe, makasih kak Feri Tekno

  8. terimakasih cara nya sangat membantu sekali .

    saya ikutin cara kedua . dan bisa dengan cara ini

  9. Bahasanya sangat mudah saya baca, terimakasih kak sudah bener lagi hape saya

  10. Situs yang paling keren pokoknya, mantap sukses terus kak, makasih ya sudah bisa diatasi

  11. Terimakasih akhirnya bisa juga, niatnya mau saya bawa ke tukang counter untuk nanya, ehh pass masuk ke mode fastboot terus nyalain lagi akhirnya bisa berfungsi lagi tombol sama layar hp aku jadi gk jadi deh ke tukang servicenya hehe. Terimakasih yaa, mantapp lah

    1. Hehehe iya kak hanya dipancing saja ke mode fastboot, nanti ia pasti akan normal kembali. Terimakasih kembali kak 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!