Media Sosial

WhatsApp Disadap?

Pada artikel ini akan membahas mengatasi whatsapp disadap jarak dekat & jauh, mengetahui siapa saja yang menyadap serta cara mencegahnya.

Semakin majunya dunia teknologi, maka semakin banyak pula para penjahat dunia internet, terutama pada serangan aplikasi yang terdapat di smartphone. Dan aplikasi tersebut adalah whatsapp, karena whatsapp adalah aplikasi yang sangat sulit untuk diretas.

Oleh karena itulah, beberapa cyber crime berusaha bagaimana caranya untuk bisa mencapai hasilnya dalam meretas aplikasi whatsapp. Perlu kamu garis bawahi, whatsapp atau WA adalah aplikasi yang paling baik dimasa kini mulai dari chattingan yang terjaga oleh pembajak, adanya fitur video call yang jernih, voice dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya aplikasi whatsapp ini sangat sulit untuk dibobol, namun sayangnya masih ada saja orang yang kurang teliti dalam merawat akun whatsapp kita sehingga adanya tangan jahil ntah itu teman kamu atau orang tak dikenal memegang hp kamu dan melihat whatsapp kamu.

Disinilah penyadapan atau pembajakan akun whatsapp terjadi, sebelumnya kamu bisa pahami bagaimana sih cara menyadap akun whatsapp, silahkan kamu baca artikel tersebut supaya kamu paham dari mana saja alur cerita dalam membajak akun whatsapp.

Cara Mengetahui dan Mengatasi Akun WhatsApp yang Disadap

Jadi, pada kesempatan kali ini saya ingin membantu kamu dalam merawat akun WA kamu supaya privasi terus terjaga dengan baik.

Sebelum kita mengatasi whatsapp tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri akun whatsapp yang disadap, jika ciri-cirinya sangat tepat apa yang kamu alami, maka segera mungkin harus kamu hentikan pembajakan tersebut (silahkan baca terus artikel ini).

Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita

Oke sebelum kita lanjut untuk menghentikan penyadapan akun wa, kita harus tau terlebih dahulu ciri-cirinya, berikut ini beberapa ciri-ciri akun kita yang terkena pembajakan dari jarak jauh.

Pertama: Logout Mendadak

Akun whatsapp ini tidak bisa log-in pada dua ponsel sekaligus, harus salah satu yang mengalah. Tetapi sebelum log-out mendadak, pastinya akan muncul pesan kode OTP (One Time Password) pada nomor whatsapp di hp kalian.

Jika kode otp ini sampai ketahuan oleh pembajak tersebut, maka akun kamu akan keluar dengan sendirinya saat dia berhasil log-in. Jika tidak diketahui tetapi tiba-tiba muncul kode otp, berarti whatsapp kamu sudah diketahui akun-nya.

Tetapi tenang saja, selagi kode otp tidak diberitahu kepada siapapun, akun whatsapp kamu masih aman. Jika terjadi logout mendadak, itu baru tidak aman.

Kedua: Login Diperangkat WhatsApp Web

Jika kode otp tidak diberitahu maka akun kamu masih aman, tetapi bukan berarti orang lain tidak bisa login dengan kode otp, bisa saja orang tersebut login dari whatsapp web.

Whatsapp web ini bisa login dari jauh jika kalian memberikan scan qr code, biasanya terjadi jika hp kalian dipinjam oleh seseorang lalu ia buru-buru login dari whatsapp web dan melakukan scan qr code.

Tetapi tak perlu khawatir teman-teman, biasanya kalau dia login dari whatsapp web akan terlihat dari notifikasi hp kita bahwa ada yang sedang login dari whatsapp web.

Bagaimana cara mengatasinya? silahkan baca terus artikel ini, ada dibawah untuk mencegah whatsapp disadap melalui whatsapp web.

Ketiga: Aktifitas Mencurigakan

Selain kedua metode diatas berarti hp kamu masih aman, intinya dia hanya bisa menyadap dari kode otp (ciri-cirinya jika akun kamu keluar mendadak berarti kode otp kamu sudah diketahui).

Selain itu, hanya bisa dari whatsapp web saja (ciri-cirinya akan muncul notifikasi bahwa ada yang sedang login dari web whatsapp).

Selain dari sini tidak ada lagi untuk sadap whatsapp dari jarak jauh. Kecuali sadap akun whatsapp dari jarak dekat (langsung dari hp kamu, misalnya kamu lagi ke toilet lalu teman kamu meminjam hp kamu kemudian lihat-lihat whatsapp kamu deh).

Untuk ciri-ciri sadap WA jarak dekat, antaranya:

  1. Ada pesan yang terbaca padahal kamu belum membacanya.
  2. Ada pesan yang terkirim padahal kamu tidak mengirim chat whatsapp.
  3. Online tiba-tiba padahal kamu sedang tidak megang hp-nya.

Itulah ciri-ciri diatas jika kamu disadap dari jarak dekat (hanya bisa dari hp kamu langsung), untuk ciri-ciri dari sadap jarak jauh hanya bisa dari whatsapp web & kode otp saja.

Cara Menghentikan WA yang Disadap

Setelah ada ciri-ciri diatas, berarti wa kamu sedang disadap. Baik dari jarak dekat (langsung dari hp kamu) ataupun dari jarak jauh.

Lalu bagaimana untuk mengatasi akun whatsapp yang disadap / dibajak?” Oke baik, akan saya beritahu juga bagaimana caranya untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut ini cara mengembalikan sadapan whatsapp supaya akun kamu tetap aman. Akan saya beritahu dua-duanya baik yang jarak jauh maupun jarak dekat.

#Cara Mengatasi WhatsApp Dibajak Jarak Dekat

Ini dikhususkan bagi teman-teman yang mengalami akun whatsappnya disadap / dibajak dari jarak dekat (maksudnya jarak dekat adalah pembajakan dari hp kamu langsung).

Bagaimana cara mengatasinya?” Untuk menghentikannya sangat mudah sekali, berikut step-stepnya.

Pertama: Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Fitur ini sebuah optional saja (tidak wajib), sebenarnya whatsapp memiliki keamanan yang sangat bagus karena itulah sampai sekarang WA paling banyak peminatnya.

Akan tetapi tak ada salahnya untuk menambahkan keamanan tambahan yang bernama Verifikasi Dua Langkah.

Apabila ada seseorang yang ingin menyadap whatsapp kamu, makan akan kesulitan untuk mengakses akun kamu karna membutuhkan pin pribadi (6 digit).

“Bagaimana cara mengaktifkan fitur ini?” saya tidak terlalu menjelaskan step by step untuk mengaktifkan fitur ini, saya rasa ini sangat gampang sekali tutorialnya, karena sudah ada penjelasan lengkapnya setiap kalian mengikuti step by step langsung dari whatsapp.

Saya akan pandu kalian hanya dari tutorial tulisan saja, selebihnya pastinya kalian bisa sendiri, berikut ini caranya:

Buka aplikasi WhatsAppSetelanAkunVerifikasi Dua LangkahAktifkan ▷ masukkan 6 Digit PIN ▷ masukkan Email yang aktif ▷ Selesai.

cara mengatasi whatsapp disadap dengan verifikasi dua langkah

Kedua: Kunci Aplikasi WhatsApp-nya

Supaya tidak dibajak dari jarak dekat, kamu harus menambahkan fitur penguncian aplikasi, jadi saat orang lain membuka aplikasi kamu harus membutuhkan pola / pin / password supaya bisa masuk.

Hanya hp tertentu saja memiliki fitur penguncian aplikasi bawaan, silahkan lihat hp kamu ada tidak fitur penguncian aplikasi atau tidak, jika ada silahkan aktifkan.

Jika hp kamu tidak ada fitur penguncian aplikasi bawaan, tidak perlu khawatir karna kamu bisa download saja di playstore (bagi pengguna android) & appstore (bagi pengguna ios).

Rekomendasi dari saya untuk penguncian aplikasi adalah smart applock (silahkan bisa klik link teks tersebut untuk menuju ke playstore bagi pengguna android). Selain smart applock juga boleh, apa saja intinya untuk mengunci aplikasi.

mengatasi whatsapp disadap dengan smart applock

#Cara Mengatasi WhatsApp Disadap Jarak Jauh

Langsung aja berikut ini untuk mengatasi whatsapp yang dibajak dari jarak jauh, supaya orang tersebut logout sendiri dari akun whatsapp kamu.

Pertama: Keluarkan Semua Device dari WhatsApp Web

Untuk metode pertama, kamu segera mungkin untuk mengeluarkan semua device yang terhubung dari whatsapp web (disitu juga akan tertera kapan login terakhir).

Buka aplikasi WhatsApp di hp ▷ SetelanWhatsApp WebKeluar dari semua perangkat (device).

cara mengetahui wa disadap jarak jauh keluarkan whatsapp web

Kedua: Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah ini tak hanya berlaku untuk penyadapan jarak dekat, untuk penyadapan jarak jauh juga dapat mencegah whatsapp disadap, silahkan kalian aktifkan verifikasi dua langkah ini.

Bagaimana caranya? tutorialnya sudah saya beritahu diatas ya!.

Ketiga: Jangan Memberikan Kode OTP

Kode OTP ini berguna untuk melakukan login pada device hp (bukan perangkat whatsapp web). Jika kalian memberikan kode otp pada orang lain, maka whatsapp kamu akan login di hp orang lain lalu akun di hp kamu akan keluar (terjadilah pembajakan akun).

Kode OTP ini biasanya muncul jika orang lain mencoba melakukan login pada hpnya, tetapi tidak berhasil karena membutuhkan kode otp terlebih dahulu, nah disini jangan kalian berikan ya!.

Cara Mencegah Supaya Akun WhatsApp Tidak Disadap

Bagaimana cara untuk mencegah supaya akun whatsapp saya tidak dibajak / disadap?” untuk solusinya akan saya bahas singkat, berikut penjabarannya:

  1. Jangan memberikan hp kepada siapapun selain orang dekat (keluarga / sahabat).
  2. Jika muncul notifikasi whatsapp web padahal kamu tidak login di web, silahkan keluarkan saja.
  3. Jangan memberikan kode otp (jika muncul kode otp tidak perlu khawatir, yang terpenting jangan memberikannya).
  4. Aktifkan penguncian aplikasi, ini berguna jika orang lain mencoba membuka whatsapp dari hp kamu.
  5. Aktifkan verifikasi dua langkah.

Seputar Pertanyaan

Bagaimana Cara Mengatasi WhatsApp Disadap

Untuk mengatasinya seperti yang sudah saya bahas diatas, disitu ada 2 (dua) metode, baik solusi sadapan jarak dekat maupun jarak jauh.

Bagaimana Cara Mencegah WhatsApp Disadap?

Untuk mencegahnya seperti yang saya bahas, disitu ada 5 (lima) poin, silahkan dipahami.

Bagaimana Cara Mengetahui WA yang Disadap?

Untuk mengetahuinya juga sudah saya bahas, baik yang jarak dekat maupun jarak jauh, silahkan dipahami juga ya!.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara ampuh untuk cara menghentikan wa yg disadap, cara mengamankan whatsapp agar tidak disadap, cara menghentikan sadap whatsapp, cara mengunci wa supaya tidak disadap, mengatasi whatsapp yang disadap, cara menghilangkan sadapan whatsapp, mengatasi whatsapp yang sudah di hack.

Teman-teman pernah mengalami whatsapp tidak bisa video call? jika iya, silahkan lihat panduannya pada artikel tersebut ya!.

Semoga cara-cara diatas dapat membantu yaa teman-teman, karena whatsapp adalah aplikasi yang sangat privasi bagi kita dan sudah menjadi aplikasi yang wajib kita miliki di hp.

Jika kalian ada pertanyaan atau kritik lainnya silahkan komentar saja dibawah yaa, secepatnya saya balas pertanyaan kalian.

Selamat untuk mencobanya, semoga whatsapp kamu selalu aman dari pembajakan orang tak dikenal.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!