Lainnya

Meningkatkan Penjualan Online

Bisnis online (online shop) menjadi trend di kalangan para pebisnis saat ini. Ini membuat orang-orang berlomba-lomba dalam membangun sebuah bisnis online baru. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami tips maupun strategi dalam menjalankan bisnis online sehingga bisnis online tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Apapun jenis bisnis online yang digeluti, baik dibidang pakaian (baju), makanan, elektronik dan sebagainya. Serta apapun wadah yang digunakan seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, blibli, facebook, instagram dan sebagainya. Semua itu memerlukan sebuah strategi yang matang!.

Untuk menjalankan sebuah bisnis online (online shop), Anda tidak bisa langsung menjalankannya secara sembarangan dan asal-asalan. Perlu menganalisa, penelitian lebih lanjut, tujuan utamanya adalah mencari laba (keuntungan) sebanyak-banyaknya.

Berbagai penelitian yang terbukti berhasil menggaet calon konsumen, Anda bisa menerapkan beberapa tips dibawah ini untuk cara memulai bisnis online serta bagaimana meningkatkan penjualan online yang kita geluti sekarang.

Nah, untuk menyelesaikan permasalahan semacam itu, diperlukan pengetahuan terkait beberapa tips bisnis online (meningkatkan penjualanan online) yang akan dibahas berikut ini, ambil ilmunya & terapkan secara bertahap.

Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

1. Membangun Mindset yang Tepat

Mindset (pola pikir) yang diperlukan oleh seorang pebisnis adalah mindset yang kuat dan memiliki ambisi yang kuat dalam mencapai suatu tujuan.

Jangan sampai Anda memiliki mindset yang mudah goyah ketika menemui suatu permasalahan, cari permasalahan yang dialami & temukan pula solusi terbaiknya. Jangan lupakan juga selalu tanamkan mindset positif dalam diri Anda.

2. Pahami Siapa Target Pelanggan Anda

Dalam menjalankan bisnis online, Anda juga memerlukan siapa target audience (pelanggan) Anda, apakah seorang wanita atau seorang pria? Jika seorang wanita, target umur berapakah minimal & maksimalnya?

Berikan pelayanan terbaik sesuai dengan target audience Anda. Mulai sekarang jangan berpikir secara general, lebih di spesifik lagi.

3. Manfaatkan Lokasi Terdekat Terlebih Dahulu

Sebelum Anda memulai secara online dimana akan diperlihat seluruh Dunia (terutama Indonesia), Anda juga dapat memanfaatkan penjualanan dari lokasi terdekat terlebih dahulu, bisa membuka toko kecil-kecilan juga tidak jadi masalah (walau fokus utama tetap secara online).

Hal ini bisa Anda manfaatkan feedback dari mereka, bisa dijadikan testimoni juga lho!. Testimoni yang benar-benar real (asli) ini jauh lebih profesional & halal, jangan pernah melakukan testimoni secara fake (palsu).

4. Daftarkan Juga Alamat di Google Maps

Walau tidak memiliki toko secara fisik, Anda juga bisa mendaftarkannya ke google maps supaya tampil disana. Cara daftarnya Anda bisa kunjungi Google Bisnisku, daftarkan identitas toko Anda disana.

Saling bersinergi itu jauh lebih baik, secara online pendapatan juga dapat, secara offline pun juga dapat. Apalagi jika rating toko Anda di google maps sangat banyak & positif semua, ini bisa menjadi kepercayaan konsumen akan meningkat (tidak ragu-ragu).

5. Permudah Alur / Proses Pembelian Produk

Semua calon konsumen akan pergi jika pelayanan toko kita buruk, sebelum memulai Anda harus menerapkan yang namanya customer experience. Seolah-olah Anda adalah calon konsumen ditoko sendiri, apakah proses pembelian produknya susah atau mudah, apakah fast response?

Jika Anda menggunakan wadah penjualanan online menggunakan website, lakukan alur-alur pembelian produk yang mudah. Jangan lupa selalu sediakan fitur customer service, karena tidak semua calon konsumen 100% akan beli begitu saja, mereka akan bertanya terlebih dahulu sebelum membeli barang/produk dari Anda.

6. Manfaatkan Juga Media Sosial

Media sosial juga dapat membantu memarkan produk Anda disana. Kelola akun media sosial Anda dengan desain yang menarik & profesional. Desain yang menarik dapat membuat calon konsumen akan tertarik dibandingkan kompetitor Anda.

Anda juga bisa beriklan di media sosial, contohnya saja facebook & instagram. Lakukan audience ke wilayah lebih detail saja, jangan seluruh Indonesia, hal ini dapat meminimalkan pengeluaran biaya iklan.

7. Lakukan Digital Marketing Secara Profesional

Salah satu tips bisnis online berikutnya tidak luput dari kalimat digital marketing, salah satu strategi meningkatkan penjualan online yang wajib Anda terapkan untuk menggaet calon konsumen.

Jika Anda memasarkannya melalui website yang dibuat secara pribadi, terapkan tampilan yang bagus & responsif. Apalagi website, tidak jauh dari teknik SEO (Search Engine Optimization), Anda juga harus mempelajari strategi SEO ini.

Manfaat menerapkan SEO pada website Anda memiliki tampilan website yang menarik di hasil pencarian google, contohnya saja Feri Agency (lihat gambar dibawah):

Memiliki tampilan menarik dibanding kompetitor, potensi diklik oleh calon konsumen menjadi lebih besar. Terlebih lagi jika website Anda tampil dihalaman pertama google dengan keyword yang kita targetkan.

Selain itu, penggunaan media sosial juga harus memberikan pelayanan & desain terbaik. Jika Anda tidak memiliki tim yang handal, namun bertekad ingin membesarkan bisnis Anda, bisa menggunakan layanan digital marketing agency yang ada digoogle.

Digital marketing agency itu tersedia mulai dari pembuatan website, jasa seo, copywriting jasa desain dan sebagainya. Orang yang ahli sesuai dengan bidangnya, ini akan mendapatkan hasil yang maksimal = bisnis Anda akan terlihat profesional.

8. Memberikan Promo Menarik

Hal yang dinantikan dari mata calon konsumen adalah kalimat “promo / diskon”, setelah melihat kedua kalimat tersebut mereka akan tertarik untuk melihat produk-produk yang akan kita jual.

Salah satu strategi sukses meningkatkan penjualan online. Berikan promo dalam waktu singkat (terbatas), hal ini dapat merubah psikologis calon konsumen secara spontan. Contohnya: promo hanya berlaku hari ini sampai jam 23:59 wib.

Atau bisa juga Anda memberikan diskon. Strategi yang sedikit nakal adalah menaikkan harga jualnya terlebih dahulu, kemudian Anda berikan kata “diskon” pada label harga (jumlah nominal / persentase diskon sesuai yang Anda inginkan).

9. Tingkatkan Brand Awarenees

Brand awareness (kesadaran merek) untuk mengenal sebuah produk maupun jasa supaya lebih terkenal. Setiap bisnis pasti memiliki nama bisnisnya (brand). Jika bisnis Anda bergerak disuatu pakaian, calon konsumen yang ingin membeli pakaian akan selalu mengingat nama brand Anda dibandingkan brand kompetitor, alhasil mereka akan pergi ke toko Anda terlebih dahulu.

Supaya nama bisnis Anda terkenal ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya melakukan iklan dibeberapa media nasional, misal facebook ataupun instagram.

Selain itu, Anda juga bisa lho beriklan artikel di media nasional sekelas detik.com, idntimes.com, kompas.com, tribunnews.com, cnnindonesia.com, cnbcindonesia.com dan masih banyak lagi.

Anda tertarik ingin beriklan di media nasional? Bisa menggunakan layanan dari kami saja! Untuk info lebih lanjut bisa klik kalimat berikut ini: jasa press release.

Feri Agency 1

Pada layanan kami, tak hanya artikel polos saja (press rilis) tetapi Anda juga bisa menginput backlink (hyperlink) di website media nasional mengarah ke website/media yang Anda inginkan. Dengan begitu, brand awareness dengan mudah dicapainya.

Sekarang, Tinggal Action Saja!

Setelah memahami tips diatas dalam cara meningkatkan penjualan online shop maupun bisnis lainnya yang berbasis online, yang kami ambil sumbernya secara singkat dari beberapa pengalaman.

Sekarang, Anda tinggal memulainya secara bertahap. Semakin banyak jam terbang, semakin terbiasa dalam menghadapi human error, lalu ketemu-lah problem solving sesuai gaya Anda sendiri.

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Feri Tekno