Lainnya

Mengenal Cloud Hosting

Pengertian, Cara Kerja & Keunggulannya

Di artikel ini akan menjelaskan kepada Anda semua mengenai cloud hosting, mulai dari pengertian, cara kerja hingga keunggulannya (kelebihan menggunakan cloud hosting).

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, hal ini menjadi dampak positif bagi perkembangan teknologi yang ada. Salah satu dampak positifnya yaitu adanya cloud hosting yang memberikan kemudahan dalam urusan server dan website.

Ketika dulu, Anda harus menggunakan dedicated server yang hanya tersedia di satu tempat dengan kecepatan website yang terbatas.

Cloud hosting hadir untuk mengatasi kecepatan website untuk saat ini. Salah satu contoh cloud hosting yang ada di Indonesia adalah Domainesia Hosting. Namun sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan cloud hosting?

Pengertian Cloud Hosting

Pengertian cloud hosting adalah yaitu layanan yang berfungsi dalam mengakomodir penyimpanan berbagai macam jenis data yang ada di dalam web. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah yang berkenaan dengan server seperti ketidakstabilan dan sumber daya yang terbatas. Data-data tersebut dapat berupa file teks, gambar, database, dokumen dan video.

Teknologi cloud hosting ini merupakan pembaruan dari layanan web hosting konvensional yang masih memerlukan hardware sebagai tempat penyimpanan data. Adanya cloud hosting ini bertujuan untuk sebagai upaya pencegahan agar website bisa berjalan dengan baik walaupun salah satu dari server-nya mengalami gangguan atau down.

Dengan adanya cloud hosting, Anda akan terbantu dengan tersedianya sumber daya yang tidak terbatas. Anda juga akan terhubung dengan banyak server sehingga ketika ada penambahan server baru tidak terjadi gangguan pada server lain yang sedang berjalan.

Cara Kerja Cloud Hosting

Sebelum mengetahui keunggulan dari cloud hosting untuk website Anda, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu cara kerja dari cloud hosting. Server yang masuk ke dalam jenis hosting ini akan saling membantu dalam melakukan serangkaian tugas atau program yang dijalankan.

Ketika terdapat permasalahan server, server lain yang aktif akan menggantikan tugas server yang bermasalah untuk melayani permintaan website. Proses yang sama terjadi ketika salah satu server mengalami kelebihan beban maka server yang se-cluster tersebut akan segera membantu server yang overload.

Inti dari cloud hosting ini adalah melakukan pendekatan distribusi. Karena setiap permintaan website akan didistribusikan ke beberapa lokasi sehingga permasalahan yang berkaitan dengan downtime bisa diatasi dan dicegah saat server cluster mengalami gangguan.

Keunggulan Cloud Hosting Untuk Website Anda

Berikut penjelasan dari keunggulan (kelebihan menggunakan cloud hosting) untuk website Anda:

# 1. Akses yang Mudah Dijangkau

Ketika menggunakan cloud hosting, Anda akan lebih mudah dalam mengakses data dan aplikasi yang ada di HP ataupun di laptop. Anda dengan mudah mengakses data saat bekerja dan tidak perlu lagi mengakses dengan menggunakan satu perangkat yang sama.

Karena data yang Anda butuhkan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Dengan adanya cloud hosting, Anda bisa merasakan jika server bisa berada di mana saja bisa menjadi kenyataan.

# 2. Fleksibel

Cloud hosting dapat digunakan tanpa adanya komputer, sehingga Anda bisa dengan mudah mengakses data yang diperlukan secara cepat dan dalam keadaan genting sekalipun.

Ketika sebelum hadirnya cloud hosting, biasanya dedicated computer dapat menghabiskan lebih banyak pengeluaran, waktu dan bahkan tenaga yang akan kita gunakan. Namun, cloud hosting hadir untuk memudahkan Anda dalam melakukan self-provisioning.

Self-provisioning ialah keadaan ketika pengguna dapat menyediakan sumber daya sendiri dalam mengatur dan memakai layanan tanpa adanya bantuan dari orang IT ataupun orang penyedia layanan itu sendiri.

Fitur yang ditawarkan juga disediakan oleh perusahaan hosting dengan tujuan agar memudahkan pemakaian serta pengaksesan data.

# 3. Cloud Hosting Memiliki Harga yang Terjangkau

Cloud hosting memiliki keunggulan dalam sisi ekonomi yaitu memiliki harga yang relatif murah. Hal ini dapat diketahui jika penggunaan server versi lama yang memakan biaya lebih besar di bagian operasional komputer dan kebutuhan yang berkaitan dengan hardware.

Biaya cloud hosting yang murah, Anda tidak perlu merogoh kocek yang banyak dalam biaya maintenance dan lebih efisien.

# 4. Memiliki Stabilitas yang Tinggi

Traffic website yang tinggi dapat menjadikan masalah utama dalam mengakses website. Berbeda ketika menggunakan cloud hosting, website Anda tidak akan down walaupun terdapat lonjakan traffic. Hal ini sangat berguna bagi website yang dalam beberapa waktu tertentu dapat terjadi lonjakan traffic seperti penyedia tiket.

# 5. Data yang Disimpan Aman dan Bisa Diakses Kapanpun

Sistem yang dirancang untuk cloud hosting memang bertujuan untuk memastikan ketersediaan data yang bisa diakses secara maksimal selama 24 jam. Cloud hosting didesain dengan high availability, sistem cloud berada dalam data center yang terjamin keamanannya.

Selain itu, ketersediaan listrik, pendingin ruangan dan beberapa kebutuhan lainnya dapat menjadikan kinerja server menjadi lebih optimal.

Semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam mencari jawaban mengenai cloud hosting. Jika Anda tertarik menggunakan layanan ini, sangat banyak jasa penyedia layanan hosting dengan kualitas yang baik, salah satunya dari Domainesia.

Domainesia merupakan salah satu yang menyediakan cloud hosting Indonesia yang bisa mengatasi kebutuhan website Anda dengan harga yang relatif murah dan terpercaya, bicara kualitasnya juga terbaik dikelasnya.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!