Multimedia

√ Topologi Jaringan : Pengertian, Macam-macam, Jenis, Kelebihan & Kekurangan

Pada artikel ini kami ingin mengulas mulai dari pengertian topologi jaringan pada komputer, macam-macam, jenis serta kelebihan & kekurangannya, untuk selengkapnya langsung aja kalian bisa baca pada ulasan dibawah yaa gaess.

Pengertian, Macam Macam, Jenis dan Kelebihan & Kekurangan Topologi Jaringan

Pengertian Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah cara yang digunakan supaya dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.

Macam Macam Topologi Jaringan

Setiap topologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sesuai macam-macam dari topologi itu sendiri, dan disini akan kami bahas kelebihan serta kekurangannya juga, berikut macam / jenis topologi jaringan :

1. Topologi Ring

macam-macam topologi jaringan - Feri Tekno

Dalam tipe topologi ring ia terhubung ke komputer lain lalu seterusnya kembali ke komputer yang pertama, oleh karena itu ia dikenal dengan tipe topologi dengan sebutan cincin (Lebih lengkapnya bisa lihat pada gambar diatas).

Kelebihan Topologi Ring

Dalam melakukan instalasi sangat mudah dikerjakan, dan pastinya menggunakan sedikit kabel LAN sehingga bisa menghemat biaya juga.

Kekurangan Topologi Ring

Jika terjadi masalah sangat fatal, karena jika salah satu komputer yang bermasalah atau kabelnya, maka transmisi data akan terganggu.

2. Topologi Bus

macam-macam topologi jaringan - Feri Tekno

Topologi ini berfungsi hanya sebagai antrian data dan memakai satu kabel koaksial saja, di setiap komputer yang terhubung satu sama lain menggunakan konektor BNC, dan ujung kabel koaksial terdapat sebuah terminator.

Kelebihan Topologi Bus

Topologi Bus sama dengan Ring, ia tidak memperlukan banyak kabel saat instalasi dan pastinya menghemat biaya juga.

Kekurangannya Topologi Bus

Jika terjadi gangguan bermasalah, sangat sulit untuk mendeteksi dimana sebab permasalahan itu terjadi.

3. Topologi Star

macam-macam topologi jaringan - Feri Tekno

Topologi yang satu ini paling banyak dipakai karena sangat sederhana sekali, sebab seluruh komputer yang terhubung menuju HUB atau switch menggunakan kabel UTP, sehingga hub berfungsi sebagai pengendali/pengontrol data.

Jadi, apabila ada komputer yang ingin mengirim data ke komputer lain, data tersebut akan dikirimkan ke switch tanpa harus melalui jaringan komputer lainnya.

Kelebihannya Topologi Star

Sangat mudah untuk mendeteksi jika terjadi suatu masalah (Tidak seperti topologi bus), jadi sangat mudah sekali untuk melakukan pengurangan atau penambahan tanpa harus mengganggu komputer lain, terlebih lagi tingkat keamanannya sangat ketat dari berbagai serangan yang akan terjadi.

Kekurangannya Topologi Star

Saat proses instalasi membutuhkan biaya yang cukup tinggi, karena banyak juga kabel switch/hub yang dibutuhkan, dan juga jika terminal pusat terjadi gangguan masalah maka seluruh jaringan juga akan ikut terganggu.

4. Topologi Mesh

macam-macam topologi jaringan - Feri Tekno

Dalam proses pengiriman data atau sebagainya, topologi ini sangat cepat karena hanya menggunakan kabel tunggal, sehingga proses pengiriman file atau sejenisnya langsung menuju tanpa hambatan karena ia tak pakai melalui switch/hub.

Kelebihannya Topologi Mesh

Proses pengiriman data sangat cepat dan langsung sampai tujuan tanpa terhambar apapun, dan jika terjadi suatu masalah maka komputer lain juga tidak akan ikut error.

Kekurangannya Topologi Mesh

Saat proses instalasi sangat rumit, boros biaya karena menggunakan kabel yang cukup banyak dan setiap komputer harus memiliki port I/O.

5. Topologi Tree

macam-macam topologi jaringan - Feri Tekno

Topologi ini ia kombinasi dari topologi star dan topologi bus, dan jaringan yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang lebih rendah.

Kelebihannya Topologi Tree

Sangat mudah melakukan perubahan jaringan dan jika terjadi bermasalah sangat mudah ditemukan.

Kekurangannya Topologi Tree

Jika terjadi bermasalah di tingkat jaringan tinggi, akan berpengaruh juga pada jaringan rendah. Selain itu ia menggunakan banyak kabel (Sulit untuk proses instalasi).

6. Topologi Linier

macam-macam topologi jaringan - Feri Tekno

Topologi ini hanya memiliki satu kabel utama yang menghubungkan tiap koneksi komputer yang terhubung dalam jaringan ke konektor yang biasa dikenal dengan sebutan Connector-T.

Keuntungannya Topologi Linier

Mudah dikembangkan, Tidak memperlukan pusat kontrol dan tata letak kabel cukup sederhana.

Kekurangannya Topologi Linier

Kepadatan lalu lintas tinggi, memperlukan repeater untuk jarak jauh, keamanan data rendah dan deteksi permasalahan sangat kecil.

7. Topologi Hybrid

Untuk topologi hybrid kamu bisa kunjungi link yang satu ini, supaya lebih paham untuk penjelasannya, karena kami sudah jelaskan secara detail tentang topologi hybrid pada link berikut ini : Pengertian Topologi Hybrid : Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya.

8. Topologi Broadcast

macam-macam topologi jaringan - Feri Tekno

Kalau topologi yang satu ini metode pengiriman data yang mengirim sekaligus banyak ke beberapa titik jaringan, dan juga tidak melakukan pengecekan apakah yang kita tuju ia siap menerima data atau tidak, dan pengirim pun juga tak memperdulikan data berhasil terkirim atau tidak.

9. Topologi Hirarki

macam-macam topologi jaringan - Feri Tekno

Topologi hirarki merupakan topologi yang memiliki jaringan bertingkat, dan topologi ini biasa dipakai dalam interkoneksi antar sentral.

Kelebihannya Topologi Hirarki

Saat sentralisasi data lebih baik dan mudah, serta controlled mudah berkembang.

Kekurangannya Topologi Hirarki

Kabel tingkat komputer atas sering bermasalah (Biasanya kabelnya sering putus).

Mungkin itulah beberapa penjelasan yang sudah kami kupas satu-persatu jenis topologi jaringan, semoga bisa menjadi tugas referensi bagi Anda.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!