Multimedia

√ Pengertian Firewall : Fungsi, Cara Kerja, Karakteristik dan Jenis Jenis Firewall

Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Karakteristik Firewall – Pada sindiran kali ini saya ingin mengulas mengenai perngetian dari firewal, fungsi dari firewall serta jenis-jenis firewall itu sendiri.

Nah bagi teman-teman yang ingin mengetahui apa sih itu firewall, dan jenis makhluk apa sih sebenarnya? jadi semua pertanyaan teman-teman tersebut akan kita bungkus menjadi sebuah jawaban pada ulasan dibawah ini.

Namun sebelumnya kami juga sudah membuatkan sebuah langkah sederhana mengenai menonaktifkan firewall, jika kalian ingin megunjungi artikel beikut ini silahkan saja : Cara Mematikan Firewall di Windows 7, 8 dan 10

Pengertian Firewall, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Karakteristik

Supaya lebih mudah untuk memahaminya, kami akan mengulasnya dari pengertiannya terlebih dahulu, baru tahap selanjutnya mengenai fungsi serta jenis-jenisnya. Berikut ulasan lengkapnya yaa gaess.

Pengertian Firewall

Firewall adalah suatu sistem aplikasi komputer yang berguna untuk melindungi integritas data atau sistem jaringan dari serangan malware atau sejenisnya yang berasal dari internet. Maksudnya, firewall ini akan melindungi semua data-data penting kita kepada pihak yang tidak bertanggung jawab yang menyelundup dari dunia internet.

Arti lainnya, jika teman-teman menginstall sebuah software tiba-tiba software tersebut terdeteksi sebagai malware oleh firewall yang ada di komputer kita, berarti software tersebut diklaim sebagai salah satu software yang sangat berbahaya yang akan merusak atau menindih semua sistem pertahanan komputer.

Fungsi Firewall

Seperti yang sudah disindir pada pembahasan pengertian, jadi fungsi dari firewall ini adalah melindungi semua data-data penting kita.

Jadi gini akan kami jelaskan ulang supaya kalian lebih paham lagi, fungsi dari firewall akan melindungi kita dari serangan yang berbahaya diluar sana saat kita tengah terhubung dalam jaringan internet.

Karena di dunia internet, malware atau kejahatan lainnya sangatlah banyak, disitulah fungsi dari malware yakni melindungi sistem komputer kita saat komputer kita lagi terhubung ke dalam jaringan internet.

Jenis Jenis Firewall

Adapun jenis-jenis firewall, berikut ulasan lengkapnya mengenai jenis firewall dibawah ini :

  • Packet Filtering Layer Gateway yakni berguna untuk melindungi sistem komputer atau penyaringan terhadap paket yang datang dari luar jaringan.
  • Application Layer Gateway yakni melakukan penyaringan pada suatu layer aplikasi, secara mekanismenya ia tidak hanya bergantung pada sumber, tujuan serta atribut paket, namun bisa mencapai content paket tersebut.
  • Circuit Layer Gateway yakni berfungsi untuk lapisan transport dari model referensi TCP/IP, serta ia akan menjaga antara hubungan awal TCP (Sebagai tcp handshaking).
  • Statefull Multi Layer Inspection Gateway yakni kombinasi dari packet filtering layer gateway, application layer gateway dan circuit layer gateway yang dimana berguna untuk melindungi tingkat keamanan yang paling tinggi dari pada jenis-jenis firewall lainnya.

Cara Kerja Firewall

Cara kerja firewall itu sendiri yakni menganalisa paket data yang masuk maupun keluar di dalam jangkauan aman yang terlindungi oleh firewall tersebut. Jika terdapat paket data yang tidak berhasil lolos dari analisis maka akan ditolak aksesnya baik masuk maupun keluar jaringan yang telah dilindungi.

Karakteristik Firewall

Karakteristik atau ciri-ciri dari firewall diantaranya, yakni :

  1. Harus lebih kuat terhadap serangan dari luar. Artinya akan lebih aman dan penggunaan sistem dapat diandalkan.
  2. Yang bisa dilakukan hubungan terhadap firewall yakni suatu kegiatan yang sudah dikenal atau sudah terdaftar pada jaringan firewall.
  3. Seluruh aktivitas yang berasal dari dalam ke luar, harus melalui firewall terlebih dahulu.

Penutup

Mungkin itu saja dari penjelasan pengertian, fungsi dan jenis firewall, jika teman-teman ada pertanyaan silahkan tinggal komentar saja dibawah dan nanti tim kami akan menjawab semua pertanyaan teman-teman dengan cepat.

Baca Juga : Pengertian Kabel UTP
Baca Juga : Pengertian Recovery Data Dalam Komputer

Jika berkenan boleh dong bantu kami juga untuk melakukan share artikel ini ke media sosial kalian hehe, semoga bermanfaat yaa gaess sebagai penunjang belajar kamu.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!