√ Pengertian Perangkat Input Device dan Contohnya [Full Gambar]

Feri Tekno

Feri Tekno

Pengertian Input Device

Pengertian Input Device

Apa sih itu Input Device? Input Device adalah sebuah perangkat komputer yang memiliki fungsi tertentu untuk memasukan data atau perintah kedalam komponen komputer, perintahnya bisa berupa gambar, teks, video, grafik, suara dan masih banyak lagi.

Contoh Perangkat Input Device

1. Keyboard

Perangkat Input Device - Feri Tekno

Keyboard ini ada beragam macam untuk menghubungkan pada komputer, bisa berupa USB atau wireless dan ada juga dengan bluetooth. Keyboard ini memiliki fungsi input device sebagai memasukan perintah berupa simbol, teks ataupun angka.

2. Mouse

Perangkat Input Device - Feri Tekno

Mouse salah satu perangkat input device yang berfungsi sebagai menggerakan cursor atau pointer pada layar monitor komputer, mouse biasanya dihubungkan melalui USB atau Wireless.

3. Joystick

Perangkat Input Device - Feri Tekno

Joystick juga salah satu perangkat input device yang memiliki bentuk tongkat dan bisa digerakan ke segala arah. Joystick memiliki beberapa fungsi diantaranya untuk bermain games dan juga bisa untuk implementasikan pada suatu kursi roda bermotor.

4. Scanner

Perangkat Input Device - Feri Tekno

Perangkat device yang satu ini kerjanya serupa dengan mesin foto copy yang berfungsi untuk menduplikat objek atau mencopy suatu grafik, teks atau gambar dalam bentuk digital. Scanner juga memiliki beberapa macam diantaranya : Handy Scanner,  Flatbed Scanner dan PSC Scanner.

5. Light Pen

Perangkat Input Device - Feri Tekno

Light Pen merupakan sebuah perangkat input device yang digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis di komputer, cara kerja komputer untuk membaca light pen yakni dengan sensor yang dimilikinya.

Baca Juga : Pengertian Output Device Komputer dan Contohnya

Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contohnya, tetapi cukup 5 saja sebagai contohnya, semoga dengan 5 contoh diatas kamu dapat memahami apa sih itu perangkat input device yang hubungannya dengan komputer.

Baca Juga :  √ Cara Saya Mengatasi This Effect Requires GPU Acceleration

Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu tugas-tugas kamu atau yang ingin menambah wawasan ilmu semoga juga cepat nyangkutnya dipikiran hehehe.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar
Feri Tekno | Feri Agency