Multimedia

√ Pengertian VPN : Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan VPN

Apa sih itu VPN? Mungkin bagi orang awam belum tau apa itu vpn dan bahkan fungsi dari vpn, oleh karena itu kami ingin sedikit mengulas pengertian beserta fungsi dari vpn.

Pengertian VPN, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Virtual Private Network

Pengertian VPN (Virtual Private Network)

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah koneksi internet yang bersifat virtual didalam jaringan internet publik. Koneksi ini hanya bersifat pribadi (private) karena tidak memiliki bentuk fisik dan hanya berupa jaringan virtual saja.

Apabila kita menggunakan komputer ataupun android, pasti ada istilah VPN karena kita bisa mengakses sebuah situs web tanpa batasannya sama sekali.

Contohnya, apabila ada suatu situs yang kita akses tidak bisa memakai server Indonesia, nah disini kita bisa mengaksesnya menggunakan VPN.

Diatas adalah ulasan dari pengertian VPN itu sendiri, selain itu kita juga bisa merahasiakan identitas kita maksudnya IP Address yang kita gunakan tidak akan terdeteksi atau terbaca.

Fungsi VPN (Virtual Private Network)

Pada dasarnya fungsi VPN banyak sekali, namun paling banyak dibahas hanya dibagi menjadi tiga bagian yakni Otentikasi Sumber, Menjaga Kerahasiaan dan Menjaga Keutuhan Data.

1. Otentikasi Sumber

Fungsi dari VPN adalah otentikasi sumber data yang dikirimkan kepada kita, maksudnya data-data yang kita terima merupakan data yang benar-benar dari sumber yang sudah terpercaya. Sehingga kita tidak akan menerima data yang dipalsukan.

2. Menjaga Kerahasiaan

Fungsi kedua dari VPN adalah menjaga rahasia data kita dari koneksi internet, karena semua data sudah dienkripsi, karena adanya sistem enkripsi semua data dijamin akan aman dan apabila ada salah satu yang berhasil dicuri, dijamin data yang dicuri tersebut tidak mudah untuk dibuka karena data sudah dienkripsi sebelumnya.

3. Menjaga Keutuhan Data

Fungsi VPN selanjutnya adalah menjaga keutuhan data yang kita terima.

Kelebihan VPN (Virtual Private Network)

  • Remote Access : Dengan menggunakan vpn kita bisa mengakses kemana saja tanpa batas.
  • Keamanan Bebas : Kita dapat berselancar dengan aman ketika mengakses internet publik seperti internet cafe atau hotspot.
  • Menghemat Biaya Setup Jaringan : Kita dapat menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya relatif lebih kecil, karena transmisi data menggunakan jaringan publik yang sudah ada tanpa membangun jaringan pribadi.

Kekurangan VPN (Virtual Private Network)

  • Koneksi Tidak Bisa Diprediksi : Kita tidak dapat memprediksi lalu lintas jaringan secara penuh karena pada dasarnya kita hanya numpang / nebeng pada jaringan pihak lain.
  • Navigasi Lambat : Dengan menggunakan VPN maka navigasi jaringan akan lambat, apalagi jika kita targetkan dengan negara yang jauh dari negara kita (Ini khusus untuk yang gratis / free), namun untuk yang berbayar navigasi tetap lancar tetapi tidak bisa cepat karena vpn adalah jaringan publik
  • Keamanan Harus Diperhatikan : Karena VPN adalah jaringan publik, kita harus perhatikan keamanan dari serangan atau penyadap akun jika kita terhubung VPN.

Baca Juga : Pengertian Jaringan Peer to Peer (P2P)

Mungkin itulah beberapa ulasan sedikit pengertian dari VPN dan fungsi yang ada di vpn, sebenarnya banyak sekali fungsinya namun yang sering dijumpai hanya 3 saja. Dengan adanya artikel ini semoga bisa membantu tugas-tugas kamu dan tunggu lagi diartikel selanjutnya dari kami.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!