Search
Close this search box.

Perbedaan Blogspot & WordPress

Salah satu pertanyaan yang cukup kerap dilontarkan ketika hendak membuat sebuah blog baru adalah “apa platform blog yang akan digunakan?

Ya, sebagaimana diketahui, setidaknya ada dua platform blog yang bisa digunakan, yaitu Blogspot dan WordPress. Kedua istilah tersebut biasa dikenal Blogger (Blogspot) & WordPress (WP). Keduanya sama-sama kerap digunakan dan memiliki fitur serta kelebihan masing-masing.

Sebelum memilih mana platform blog yang hendak Anda gunakan, mengetahui perbedaan Blogspot dan WordPress menjadi hal yang cukup penting. Berbekal beberapa wawasan terkait perbedaan tersebut, tentu saja Anda nantinya bisa menyimpulkan mana platform blog yang cenderung cocok untuk Anda gunakan.

Lantas, apa saja perbedaan pada platform Blogspot dan WordPress tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang Blogspot dan WordPress

Sebelum membahas tentang perbedaan antara Blogspot dan WordPress, tentu Anda mengetahui sekilas tentang dua platform blog ini juga cukup krusial. Hal ini bisa menjadi dasar yang tepat untuk membantu Anda nantinya memilih mana platform blog yang sesuai.

Sekilas Tentang Blogspot (Blogger)

Blogspot adalah situs yang bisa digunakan untuk membuat blog secara gratis yang beralamat Blogger.com. Situs ini dikembangkan oleh Google sehingga popularitas Blogspot tidak diragukan lagi.

Selain itu, platform ini juga dikenal memiliki interface yang cenderung user-friendly. Oleh karenanya, seseorang yang membuat blog dengan Blogspot bisa melakukan publikasi dalam hitungan menit.

Lantas, apa yang disebut dengan WordPress?

Sekilas Tentang WordPress (WP)

Sama seperti Blogspot, WordPress juga merupakan platform yang bisa diandalkan untuk membuat sebuah blog. Salah satu content management system (CMS) paling terkenal sedunia karena kemudahan dalam penggunaan, bisa membuat blog secara profesional dengan mudah.

Nah, WordPress dibagi menjadi dua, yaitu WordPress.com yang merupakan hosted service dan bisa digunakan untuk membuat blog secara gratis. Dengan layanan ini, fitur sangat terbatas karena masih bersifat gratis, jika ingin menggunakan fitur lebih leluasa Anda bisa juga mendapatkan akses ke paket premium (berbayar).

Di sisi lain ada pula layanan WordPress.org. Layanan ini adalah self-hosted dan merupakan proyek open-source. Oleh karenanya, layanan ini memiliki lebih banyak fitur serta opsi yang cenderung lebih canggih. Dengan self-hosted Anda harus membeli/menyewa hosting & domain supaya bisa menggunakan WordPress jenis ini, bisa juga menyewa melalui jasa hosting.

Perbedaan Blogspot (Blogger) vs WordPress (WP)

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Blogspot dan WordPress merupakan dua jenis platform yang tersedia dan bisa dijadikan opsi untuk membuat blog baru. Meskipun demikian, diantara keduanya ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar.

Adapun beberapa perbedaan antara Blogger dan WordPress ditinjau dari beberapa aspek diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  √3 Cara Menentukan Arah Kiblat dengan HP Android [Terbaru]

1. Perbedaan dari Tema

Salah satu perbedaan mendasar dari Blogger dan WordPress adalah dari tema yang disediakan. Sebagaimana diketahui, tema adalah komponen blog yang sangat penting karena berkaitan dengan tampilan dari sebuah blog tersebut.

Dalam hal ini, Blogspot menyediakan tema dengan tampilan yang bisa dikatakan cukup sederhana. Tidak hanya itu, template yang ada secara default di Blogger pun cenderung terbatas. Hanya saja, pengguna nantinya tetap bisa mendapatkan akses untuk mendesain ulang tampilan blog menggunakan template lain, baik yang gratis atau berbayar.

Terkait tema, WordPress menyediakan lebih banyak pilihan tema yang berbeda. Di bagian repository, Anda akan menemukan banyak sekali tema yang bisa dipakai di akun WordPress yang Anda kelola. Tema tersebut tersedia secara gratis.

Nah, Anda hanya tinggal memilih tema yang diinginkan, mengklik opsi instal dan menerapkan tema. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tema lain yang tersedia secara gratis dan berbayar.

2. Perbedaan dari Plugin

Plugin adalah komponen yang cukup krusial dalam sebuah blog yang dibuat. Pasalnya, dengan menggunakan plugin, Anda bisa menjalankan fungsional tertentu, termasuk untuk meningkatkan performa dari blog tersebut.

Beberapa contoh plugin yang kerap digunakan diantaranya adalah plugin untuk meningkatkan performa website, plugin untuk meningkatkan keamanan, plugin untuk mempercantik tampilan, dan lainnya. Plugin umumnya akan diperbarui secara berkala oleh developer yang mengembangkannya.

Nah, dalam hal ini, WordPress menyediakan cukup banyak plugin yang bisa digunakan dengan sangat mudah serta gratis. Di sisi lain Blogspot secara default tidak menyediakan plugin sebagai tambahan fitur.

3. Perbedaan dari Keterbatasan Hosting

Perbedaan lain dari Blogspot dan WordPress yang penting untuk diketahui adalah perihal keterbatasan hosting diantara keduanya. Tentu, perbedaan ini cukup krusial diketahui karena akan berpengaruh pada performa.

Bisa dikatakan bahwa Blogspot cenderung lebih unggul dibandingkan dengan WordPress perihal keterbatasan hosting. Pasalnya, Blogger menggunakan hosting yang diatur oleh server Google secara langsung. Oleh karenanya, untuk urusan resource bandwidth serta penyimpanan, tidak ada batasan yang akan mempengaruhinya.

Di sisi lain Anda perlu menyewa hosting ketika menggunakan layanan WordPress.org. Oleh karenanya, nantinya, performa dari blog tersebut tergantung pada kapasitas hosting yang Anda sewa.

Kesimpulan

Dari beberapa perbedaan Blogspot dan WordPress di atas, bisa dikatakan bahwa Blogspot cenderung cocok untuk pemula yang belum memiliki pengetahuan luas tentang blogging.

Di sisi lain WordPress lebih cocok untuk Anda yang memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih tentang blogging dan mengharapkan kebebasan serta fleksibilitas.

Juga, WordPress cenderung lebih cocok jika Anda ingin membangun blog profesional untuk keperluan bisnis dan pekerjaan. Jadi, mana platform blog yang hendak Anda gunakan? itu semua menyesuaikan kebetuhan Anda.

Sejalan dengan ini, bagi Anda yang ingin memulai blog menggunakan WordPress dan bingung ingin menyewa hosting murah & domain dimana? Kami memiliki rekomendasi yaitu dari Domainesia. Salah satu jasa hosting & domain yang berkualitas pelayanannya.

Mau bisnis cepat terkenal? tingkatkan brand awareness Anda dengan cara beriklan di media nasional melalui jasa press release dari Feri Agency, sedia banyak media nasional ternama di Indonesia.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar