Lainnya

√ [Lengkap] Perbedaan Hosting dan Domain Beserta Contoh Jenisnya

Hanya sedikit diantara kita yang mengetahui antara apa perbedaan hosting dan domain untuk kebutuhan web, tentunya hal ini agak sedikit membingungkan bagi pemula dan masih banyak juga yang belum mengetahui dari keduanya.

Apakah bisa web diakses hanya membutuhkan hosting tanpa domain ataupun sebaliknya?, Pentingan mana antara hosting dan domain?, Adakah hosting murah gratis domain supaya saya melakukan order tidak ribet dan tidak memakan uang banyak?, Nyari hosting yang jarang down bagusnya dimana?.

Oke baik, semua pertanyaan kalian akan kami jawab pada ulasan artikel ini. Jadi begini loh gaess, domain dan hosting itu adalah hal utama dalam membuat website, yaa mungkin website dibuat tidak menggunakan domain & hosting, namun supaya bisa dionline-kan sehingga bisa dilihat banyak orang harus membutuhkan hosting & domain.

Perbedaan Hosting dan Domain

Okelah langsung aja kalian simak perbedaan dari keduanya, lebih terperincinya kami juga akan memberikan pengertian dari keduanya, berikut ulasan selengkapnya.

Definisi Domain :

Domain adalah nama atau alamat lengkap dari suatu situs website / blog. Tanpa domain maka situs web Anda akan sepi alias tidak akan pernah dikunjungi oleh orang, bagaimana ia tau jika website Anda tidak memiliki alamat, apa yang akan mereka ketik di pencarian google jika alamatnya saja tidak tau, apakah mereka harus membuka website kita melalui IP Address? Tidak mungkin kan?.

Maka dari itu domain sangat dibutuhkan untuk website kita supaya orang-orang bisa mengunjungi situs kita tanpa menyasar kemana-mana.

Contoh Jenis-jenis Domain

Domain juga memiliki jenis yakni ada 2, yang pertama Domain gTLD (domain global) dan yang kedua Domain ccTLD (domain id).

1. Penjelasan Jenis Domain gTLD

Domain gTLD adalah domain global dan jenis domain yang satu ini tidak memiliki syarat apapun jika kita ingin mendaftar / membelinya.

2. Contoh Domain gTLD

  • .com (Untuk keperluan komersial, contohnya seperti situs feritekno.com ini)
  • .net (Untuk keperluan internet)
  • .org (Untuk keperluan suatu organisasi)
  • .edu (Untuk keperluan pendidikan)
  • .info (Untuk keperluan informasi)
  • Dan masih banyak lagi…

3. Penjelasan Jenis Domain ccTLD

Domain ccTLD adalah domain yang sudah diatur oleh negara tertentu. Misalnya seperti indonesia (.id) yang sudah diatur oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), dan jenis domain yang satu ini saat kita ingin mendaftar / membelinya memliki syarat sesuai domain yang akan kita pilih nantinya.

4. Contoh Domain ccTLD

  • .id (Milik negara Indonesia)
  • .jp (Milik negara Jepang)
  • .sg (Milik negara Singapura)
  • .my (Milik negara Malaysia)
  • .fr (Milik negara Perancis)
  • Dan masih banyak lagi…

Definisi Hosting :

Hosting adalah tempat untuk meletakkan suatu file website. Kalau yang kita bahas tadikan domain adalah alamat lengkap website, nah hosting ini adalah sebagai tempat penyimpanan semua file-file situs website / blog kita.

Jenis-jenis Hosting

Untuk jenis dari hosting ini kami akan menjelaskannya secara singkat dan mudah dimengerti, dari pada panjang-panjang penjelasannya nanti kalian malah bingung mengambil kesimpulannya hehe.

1. Shared Hosting

Jenis hosting yang satu ini memiliki server yang besar, yang dimana satu server ditampung beberapa situs yang dapat berjalan diatasnya sehingga jenis hosting yang satu ini dibilang paling murah dan terjangkau dibandingkan jenis hosting lainnya.

2. Dedicated Hosting

Jenis hosting ini menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang diperolehkan untuk pengguna / user tunggal.

3. VPS Hosting

Singkatan dari VPS ini adalah Virtual Private Server, konsepnya pun mirip dengan shared hosting yang dimana satu komputer server dapat ditampung oleh beberapa pengguna / user (maksudnya beberapa situs yang dapat berjalan diatasnya). Tetapi untuk VPS ini sendiri adalah teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi.

4. Cloud Hosting

Jenis hosting ini memiliki teknologi terbaru yang menggunakan konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan lebih baik dan lebih aman, karena cloud hosting tidak hanya mengandalkan satu server saja tetapi menggunakan banyak server.

Kesimpulan dari Perbedaan Hosting dan Domain

Kesimpulan perbedaan dari keduanya adalah bagaikan sebuah rumah, jadi hosting itu adalah tempat tinggalnya (rumah) dan domain adalah nama  / alamat rumah supaya orang lain tidak kesasar menuju rumah kita (maksudnya tidak kesasar menuju alamat situs web kita), nah website itu adalah orangnya.

perbedaan hosting dan domain

Supaya situs website / blog kita bisa diakses oleh orang lain tentunya kita harus memiliki hosting dan domain. Jadi hosting & domain memiliki peran yang sangat penting yang tidak bisa terpisahkan.

Sampai sini sudah paham? Jika belum paham silahkan kalian bisa berkomentar dibawah dan pastinya kami akan fast respon dari pertanyaan teman-teman.

Beli Hosting dan Domain yang Bagus Dimana?

Mungkin banyak teman-teman yang masih bingung memilih hosting & domain bagusnya itu dimana yaaa…. Nah!, kami memiliki rekomendasi untuk kalian hosting dan domain yang bagus dan berkualitas, diantaranya :

Hosting murah gratis domain, hosting unlimited space, hosting yang jarang down, selalu banyak diskon hosting dan domain setiap hari, full support dan masih banyak lagi penawaran menarik lainnya yang sangat kami rekomendasikan kepada kalian.

Kalian bisa coba hosting Niagahoster, disana sangat banyak penawaran menarik lainnya dan dijamin irit kantong Anda. Hal yang terpenting adalah bagi saya full support, jarang down serta jika ada yang kurang puas uang bisa kembali tanpa syarat!. Jadi silahkan kalian cusss ke-link tersebut yaa gaess.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!