Internet

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel, Serasa Chat dengan Manusia

Tanya Veronika Asisten Virtual – “Selamat datang di layanan Telkomsel Veronika. Untuk layanan dalam bahasa Indonesia, tekan 1…”

Begitu bunyi asisten virtual Telkomsel Veronika di awal-awal kemunculannya.

Untuk Anda pengguna setia Telkomsel, pasti sudah akrab dengan yang namanya Telkomsel Veronika. Apalagi pengguna lawas sejak medio 2000-an ketika teknologi komunikasi masih di tingkat 2G dan 3G.

Saat ini, Veronika yang memiliki nama asli Voice Response and Info Care tersebut juga telah menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi.

Resmi diliris 24 Agustus 2017, Veronika tak lagi sekadar suara. Kini, ia telah mampu diajak chatting alias bercakap-cakap via media sosial dan messenger.

Apa sebenarnya fitur Tanya Veronika asisten virtual ini? Apa kemampuannya yang terbaru? Dan bagaimana cara “memanfaatkan” Veronika ini untuk kebutuhan Anda? Simak penjelasannya.

Mengenal Asisten Virtual Telkomsel Veronika

Veronika merupakan nama populer dari sistem asisten virtual Telkomsel yang berasal dari singkatan Voice Response and Info Care. Dinamakan demikian karena ketika awal kemunculannya, ia menggunakan suara sebagai basisnya.

Meski saat ini layanan tanya Veronika Telkomsel ini telah dapat diakses via teks (chat), tapi nama Veronika tetap digunakan karena telah akrab di kalangan pengguna.

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ini merupakan hasil kerjasama Telkomsel dengan Accenture Inc. Yang mana merupakan sebuah perusahaan global yang menyediakan jasa manajemen konsultasi, teknologi, dan alih daya.

Semua nomor yang dikeluarkan secara resmi oleh provider Telkomsel bisa menggunakan layanan tanya Veronika. Dengan pengecualian pada nomor-nomor tambahan tertentu dan pelanggan kartu Halo kategori korporat.

Cara Mengakses Layanan Chatbot Telkomsel Veronika

Di awal upgrade pada 24 Agustus 2017, layanan chatbot Telkomsel Veronika dapat diakses via Line, Telegram, dan FB Messenger. Saat ini, Anda dapat mengakses layanan ini dengan 6 (enam) cara:

  1. Website resmi Telkomsel di https://www.telkomsel.com
  2. Aplikasi MyTelkomsel di Playstore
  3. Line @Telkomsel
  4. FB Messenger Telkomsel
  5. Telegram Telkomsel @Telkomsel_official_bot
  6. WhatsApp +62811 1111 1111

Mengakses Layanan Chatbot Telkomsel Veronika

Yang perlu Anda lakukan hanya menuju ke salah satu channel atau media tersebut, lalu mengirim pesan. Secara otomatis, sistem AI Veronika akan membalas pesan, menjawab pertanyaan, atau mengarahkan Anda.

Fitur dan Fungsi Layanan Veronika

Kecerdasan Veronika demikian majunya sehingga mampu membantu menyajikan fitur sesuai dengan masalah Anda. Saat ini ada puluhan jenis fitur dan fungsi layanan Veronika yang dapat dibagi beberapa kategori:

#1. Profil Pengguna

Merupakan layanan untuk menampilkan informasi pengguna (Anda) yang meliputi: sisa kuota, pulsa, tagihan, dan sebagainya.

#2. Top-Up Pulsa Prabayar

Merupakan layanan yang membantu untuk menambah kredit pulsa Anda via debet, kredit, mobile banking, ataupun voucher.

#3. Katalog Paket

Merupakan layanan yang membantu Anda memilih paket yang paling sesuai untuk Anda, dari paket telpon, sms, hingga kuota internet.

#4. Tagihan Pelanggan Pasca Bayar

Merupakan layanan yang membantu untuk membayar tagihan pasca bayar yang Anda miliki melalui debet, kredit, mobile banking, ataupun voucher.

#5. Telkomsel Poin

Merupakan layanan yang menginformasikan jumlah poin Telkomsel yang Anda miliki serta membantu Anda menukarkannya dengan layanan lain.

#6. T-Cash Pelanggan

Merupakan layanan yang menginformasikan jumlah nominal T-Cash dan mengatur manajemennya.

#7. Bantuan Lain

Termasuk di dalam kategori ini adalah bantuan terkait GraPari dan komunikasi dengan live customer service agent.

#8. Frequently Asked Question

Merupakan layanan yang menyajikan pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar layanan Telkomsel. Termasuk dalam kategori ini pertanyaan tentang setting jaringan, informasi voucher, dan sebagainya.

Keuntungan Menggunakan Veronika

Sebagai pelanggan, menggunakan layanan Veronika Telkomsel sangat mudah dan menguntungkan. Dengan memakai layanan chatbot Veronika tersebut, Anda bisa:

  • Mendapatkan pelayanan dengan cepat, langsung, dan instan;
  • Mengakses layanan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, tanpa libur;
  • Mengakses layanan langsung dari aplikasi chatting atau media sosial yang sering Anda gunakan, tanpa buka browser atau unduh aplikasi tambahan;
  • Mendapatkan informasi resmi dan terbaru dari Telkomsel dengan mudah, tanpa hoax.

Keuntungan Menggunakan Veronika

Dengan kemudahan dan kecepatan layanan ini, Anda dapat menghemat waktu dan kuota mencari informasi yang Anda butuhkan dan dapat diandalkan.

Cara Bertanya kepada Veronika

Untuk mulai menggunakan layanan chatbot Veronika, Anda tinggal memilih 1 di antara 6 channel yang telah disebutkan sebelumnya.

Perlu diingat bahwa jika Anda menggunakan channel website resmi Telkomsel, Line, atau FB Messenger, maka Anda perlu menggunakan kode OTP.

Kode OTP (One Time Password) akan dikirim ke nomor Anda via SMS begitu Anda memasukkan nomor Anda ke dalam channel tersebut.

Seperti tampilan contoh Veronika Telkomsel via layanan chat di website resminya berikut ini:

Cara Bertanya kepada Veronika 1

Anda perlu mengirimkan kode OTP tersebut ke layanan chatbot Veronika untuk dapat mengakses menu dan fiturnya.

Cara Bertanya kepada Veronika 2

Lain halnya jika Anda menggunakan channel aplikasi MyTelkomsel, Telegram, atau nomor WhatsApp Veronika. Ketiga channel tersebut langsung terhubung dengan nomor Telkomsel Anda, sehingga Anda tidak perlu menggunakan kode OTP.

Seperti tampilan contoh layanan Telkomsel Veronika via WhatsApp berikut ini:

Cara Bertanya kepada Veronika di WhatsApp

Anda bisa langsung memilih menu yang ditawarkan dengan mengirim angka atau kata yang bercetak tebal sebagai pilihan menunya.

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh Veronika Telkomsel untuk menyelesaikan permasalahan Anda terkait layanan Telkomsel. Jika merasa perlu bantuan orang, Anda dapat memilih menu bantuan lainnya untuk terhubung ke live agent.

Yang Sering Ditanyakan Tentang Veronika

Apakah Veronika Ini Orang Asli?

Tidak. Veronika merupakan nama singkat untuk Voice Response and Info Care. Ia merupakan sebuah sistem artificial intelligence (kecerdasan buatan) berbasis komputer sebagai bagian dari sistem Customer Relationship Management Telkomsel.

Apakah Layanan Veronika Telkomsel Bisa Digunakan Siapapun?

Tidak. Layanan ini disediakan khusus untuk pelanggan Telkomsel (pengguna kartu Halo, Simpati, As, dan lainnya). Dengan pengecualian pengguna kartu Halo korporat dan nomor-nomor tambahan lainnya.

Apakah Menggunakan Layanan Veronika Ini Dikenakan Biaya?

Tidak. Anda bebas menggunakan layanan asisten virtual Telkomsel Veronika secara bebas tanpa dipungut biaya. Bagaimanapun, penggunaan layanan ini tetap akan mengurangi kuota internet Anda seperti saat melakukan aktivitas chatting biasa.

Bagaimana Cara Memulai Percakapan dengan Veronika?

Anda dapat menggunakan kata sapaan biasa seperti “Hi”, “Hai”, “Halo”, “Selamat Malam”, dan sebagainya. Atau, jika Anda mengaksesnya via aplikasi MyTelkomsel, website, dan Line, Anda bisa memilih menu Quick Response yang disediakan.

Namun, jika Anda menggunakan layanan ini via fitur chat di website Telkomsel, Anda akan perlu memasukkan nama terlebih dahulu.

Bagaimana Jika Salah Memasukkan Nomor OTP? Apakah Nomor Telepon Akan Diblokir Telkomsel?

Ya. Jika Anda salah memasukkan kode OTP sebanyak 3 kali, maka nomor Anda diblokir selama 5 menit dari layanan ini. Hal ini berlaku juga jika Anda telah 3 kali meminta kode OTP tapi tetap salah mengirim kodenya.

Selanjutnya, jika Anda mengulangi pelanggaran ini sebanyak 3 kali (artinya 2 kali mengalami 5 menit pemblokiran), maka pemblokiran selanjutnya berlangsung selama 1×24 jam.

Perlu diingat, pemblokiran yang dilakukan hanyalah terhadap penggunaan layanan asisten virtual Telkomsel Veronica. Jadi Anda tetap dapat menggunakan nomor Anda untuk berkomunikasi seperti biasa.

Bisakah Nomor Telepon Diblokir Permanen dari Menggunakan Layanan Veronika?

Ya. Penggunaan layanan asisten virtual Telkomsel Veronika memiliki syarat dan ketentuan lainnya yang dapat dilihat di website resmi Telkomsel. Anda juga dapat mengunduh dokumen syarat dan ketentuan Veronika Telkomsel lewat tautan yang tersedia.

Nah, sudah pernah coba layanan Tanya Veronika asisten virtual? Silakan coba layanan yang cepat serta mudah ini dan Anda akan terkagum-kagum dengan kepandaiannya.

Baca juga mengenai cara cek pulsa, sisa kuota & nomor Telkomsel pada tautan tersebut.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Feri Tekno