Lainnya

Pentingnya Menjaga Keamanan Website

dari Serangan Malware

Pada artikel ini saya akan membahas seputar website, kenapa begitu pentingnya menjaga keamanan website dari serangan virus / malware, serta tips cara mencegah website di hacker dengan memilih pelayanan yang berkualitas.

Salah satu kejahatan internet yang perlu diwaspadai adalah serangan malware. Malware merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk merusak sistem jaringan, komputer, hingga server tanpa diketahui pemiliknya.

Untuk itu, menjaga keamanan website dari serangan malware sangatlah penting, terlebih jika website Anda digunakan untuk tujuan bisnis.

Anda pasti akan merasa kesal bukan saat menjadi korban aksi kejahatan internet ini?

Lalu, bagaimana cara menjaga keamanan website agar terhindar dari serangan malware? Tenang saja, melalui artikel ini kami akan membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut.

Tapi sebelum itu, yuk ketahui terlebih dahulu pentingnya menjaga keamanan website dari serangan malware. Simak sampai akhir, ya!

Apa Pentingnya Memiliki Website yang Aman?

Berikut beberapa alasan pentingnya memiliki website yang aman, supaya keamanan website tetap terjaga & data-data tidak terbobol (terkena hacker).

# Menghindari Pencurian Data Penting

Beberapa serangan malware ditujukan untuk mencuri data penting. Oleh sebab itu, keamanan website harus selalu terjaga.

Pasalnya, banyak data penting yang menjadi tanggung jawab perusahaan, salah satunya data pelanggan. Jika data pelanggan terbongkar, tentu saja akan banyak pihak yang dirugikan.

# Menghindari Penyalahgunaan

Selain mencuri data pelanggan, serangan malware biasanya ditujukan untuk melakukan hal-hal ilegal, seperti: mengganti tampilan website, menggunakan untuk kepentingan pribadi, bahkan untuk melakukan penyebaran ancaman.

# Menghindari Kerugian Finansial

Kerugian finansial merupakan hal yang sering terjadi setelah website Anda terserang malware. Biasanya, pelaku akan meminta sejumlah tebusan sebagai jaminan. Tebusan yang diminta pun biasanya tidak main-main. Anda perlu mengeluarkan uang cukup banyak, untuk memenuhi permintaan tersebut.

Tidak mau kan hal ini terjadi pada Anda?

# Menjaga Reputasi Online

Memiliki website dengan sistem keamanan yang bagus tentu akan menjaga reputasi website Anda. Kepercayaan pengunjung inilah yang menjadi salah satu kunci kesuksesan website Anda.

Pasalnya pengunjung tidak takut saat menjelajahi website Anda. Terlebih jika pengunjung sudah mulai memberikan data-data pribadinya. Semakin percaya pengunjung dengan website Anda, semakin banyak pula keuntungan yang Anda dapatkan.

Cara Mengamankan Website dari Hacker / Serangan Malware

Nah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan website. Simak tips menjaga keamanan website berikut ini:

# Pilih Hosting yang Aman

Memilih hosting yang aman merupakan langkah awal untuk menjaga keamanan website Anda. Pasalnya, jika Anda salah dalam memilih hosting, langkah-langkah selanjutnya untuk menjaga keamanan website akan terasa sia-sia.

Pilih hosting aman yang memiliki fitur layanan ekstra, seperti teknologi keamanan Imunify360. Teknologi ini akan membuat website Anda terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus yang bisa datang kapan saja.

Bagaimana jika sudah menggunakan hosting lain yang tidak memiliki teknologi Imunify360?” Tenang saja, Anda masih bisa melakukan transfer hosting. Layanan transfer hosting sudah banyak tersedia (carilah yang memiliki teknologi Imunify360), sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.

# Pasang SSL

Website dan SSL merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Dengan memasang SSL, pertukaran data pada website Anda akan terjaga. SSL menjamin bahwa setiap data yang ditukar antara website Anda dengan pengunjung, akan dilindungi oleh teknik enkripsi paling mutakhir.

Tidak tau apa itu SSL? begini penjelasan singkatnya:

Anda pernah lihat website yang memiliki http (bukan https) saja? Nah mereka adalah Non SSL (tidak pakai https). Sedangkan https adalah website yang menggunakan SSL.

Maka dari itu, pemasangan SSL merupakan langkah yang tepat untuk menjaga keamanan website Anda. Tak perlu khawatir masalah harga karena pemasangan SSL sendiri sangat murah. Bahkan beberapa penyedia hosting, menawarkan SSL gratis.

# Lakukan Update Website

Cara lain agar terhindar dari serangan malware adalah dengan melakukan update website Anda. Bagi pengguna website yang menggunakan WordPress, layanan tersebut selalu tersedia. Biasanya Anda akan mendapatkan notifikasi adanya update pada dashboard wordpress.

Untuk itu, lakukan update website Anda secara berkala. Pasalnya, update tersebut tidak hanya menawarkan fitur-fitur baru, namun juga dapat meningkatkan keamanan website Anda.

Oh iya hanya sekedar info, jika Anda pengguna Wodpress dan ingin memperbarui (update), Anda bisa cek teman-teman Anda & forum lainnya, apakah setelah update ada yang error atau baik-baik saja, karna sehabis update banyak pemrograman yang tidak sinkron sehingga tampilannya error.

Namun mengenai setelah update kemudian tampilan error, Anda bisa dibantu dengan pihak hosting, nanti pihak hosting Anda akan membantunya (tidak semua hosting memberikan layanan full service, hanya beberapa penyedia hosting saja yang siap membantu untuk menyelesaikan masalah ini secara gratis kepada Anda).

# Gunakan Antivirus Terbaik

Tidak hanya Komputer (PC / Laptop) ataupun HP saja yang bisa menggunakan antivirus, website juga bisa dan sifatnya wajib ada, semua ini demi menjaga keamanan data pada website.

Beberapa tips di atas tidak akan optimal jika file yang akan Anda unggah berisi virus atau malware. Untuk itu, pastikan Anda telah melakukan scan file-file tersebut di komputer Anda. Gunakanlah antivirus terbaik sebelum mengunggahnya ke website.

Kalau untuk WordPress, ada beberapa plugin antivirus yang bisa Anda gunakan, cari rating yang paling tinggi (review positifnya banyak).

Jaga Keamanan Website Anda Mulai Sekarang!

Bagaimana, penting bukan untuk menjaga keamanan website Anda? untuk mencegah website di hack (hacker) ataupun rentan terkena malware.

Ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu melakukan hal tersebut:

  1. Pertama, menghindari pencurian data.
  2. Kedua, menghindari penyalahgunaan.
  3. Ketiga, menghindari kerugian finansial.
  4. Terakhir, menjaga reputasi online.

Lalu, bagaimana cara agar bisa terhindar dari serangan malware & mengamankan website dari serangan hacker?

Nah, Anda bisa melakukannya dengan memilih penyedia hosting dan domain murah yang terpercaya keamanannya. Selain itu, Anda juga bisa:

  • Memasang SSL.
  • Melakukan Update Website.
  • Menerapkan 2 Factor Authentication.
  • Menggunakan Antivirus terbaik.

Sangat mudah bukan? Nah, mulai sekarang jangan lupa untuk menjaga keamanan website Anda, ya!.

Kesimpulannya

Akhir dari semua aspek artikel ini supaya kita bisa mencegah website di hack ataupun terhindar dari serangan malware, yakni dari pelayanan hosting.

Carilah pelayanan yang menyediakan jasa hosting terbaik & sudah terbukti kualitasnya. Masalah harga mahal & murah itu relatif, paling penting adalah kualitas dari hosting tersebut, salah satunya Niagahoster yang merupakan perusahaan besar menyediakan jasa hosting berkualitas & domain.

Selain dari pelayanan hosting, Anda juga dapat memperkuatnya dari sisi website itu sendiri, misalnya wordpress, bisa install plugin yang menurut Anda terbaik, silahkan bisa dipasang!.

Oh iya Anda juga bisa baca untuk cara menghilangkan virus di laptop yang menggunakan OS Windows, silahkan bisa lihat pada link tersebut, disitu ada penjelasannya & juga trik-trik untuk menghilangkannya.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!