Komputer

Touchpad Lenovo Tidak Bergerak?

Touchpad merupakan alat pengganti mouse yang hanya terdapat pada perangkat laptop saja, dengan begitu pengguna pun juga mudah bisa membawa laptop kemana saja tanpa perlu membawa mouse lagi, karena didalam perangkat tersebut sudah ada penggantinya yaitu bernama touchpad.

Namun banyak pengguna laptop khususnya yang bermerk Lenovo yang mengeluhkan bahwa touchpad yang terdapat di laptopnya tidak dapat berfungsi atau tidak bisa bergerak, baik di klik maupun digeser dengan jari tangan.

Jadi pada pembahasan artikel ini saya akan memberikan beberapa metode yang bisa teman-teman terapkan untuk mencari solusi lalu mengatasinya, touchpad yang bermasalah sangat beragam penyebabnya.

Penyebabnya bisa jadi karna: windows mengalami hang, touchpad rusak, driver tidak diperbarui dan bisa jadi driver hilang (ke-uninstall).

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Lenovo yang Tidak Berfungsi/Bergerak

Yaudah dari pada bingung jelasin sana jelasin sini, mending kita langsung menuju kasusnya saja, silahkan teman-teman pahami langkah-langkah dibawah ini.

Cara Pertama: Melalui Keyboard

Cara yang sangat mudah ini adalah dengan melaluinya dari shortcut keyboard, karena bisa saja secara tak sengaja kita menekan salah satu tombol yang dimana fungsinya untuk mendisable atau mematikan touchpadnya, untuk itu langsung saja simak bagaimana untuk mencari solusi mengenai hal ini.

mengatasi touchpad lenovo bermasalah

Pada versi laptop lenovo yang saya pakai shortcut touchpadnya berada di F6, jadi saya hanya memencet tombol FN + F6 secara bersamaan maka sudah aktif kembali lagi touchpadnya.

Setiap versi laptop lenovo berbeda, jika bukan F6 berarti keyboard laptop kamu bagian F-nya berbeda, tinggal kamu cari saja logo touhcpad diantara F1 sampai F12.

Jika tidak bisa juga padahal logo touchpad sudah ketemu di keyboard, coba tekan F6 saja tanpa bantuan tombol FN.

Cara Kedua: Install Driver Touchpad

Jika masih tidak bisa juga, berarti drivernya hilang dari control panel teman-teman. Saran dari saya coba teman-teman download dan install drivernya, untuk mendapatkan driver touchpad laptop lenovo di google buaanyak banget, bisa dari situs resmi lenovo dan situs lainnya.

Loh kan touchpadnya error, lalu gimana mau gerakin kursor-nya? Jika tips pertama diatas tidak bisa, untuk download driver memang membutuhkan kursornya gerak, jadi teman-teman bisa gunakan mouse, mau beli baru atau pinjam sama teman juga boleh.

Cara Ketiga: Lakukan Recovery

Masih gak bisa udah coba semua metode? cara satu-satunya coba teman-teman lakukan recovery laptop lenovo.

Metode yang satu ini cukup ekstrim, karena semua data & software yang terinstall akan terhapus serta sistem bawaan laptop yang awalnya hilang akan kembali lagi seperti halnya membeli laptop baru saja (virus juga akan hilang).

Bagi teman-teman yang tidak mengetahui cara recovery, kami sarankan lihat tutorialnya melalui video yang ada di youtube, disana sudah tersedia sangat banyak sekali, biar mudah juga kalian dalam memahaminya.

Dan hindari mencari tutorial recovery dari situs (artikel), karena kalau salah sedikit sangat berbahaya, jadi untuk itu lebih baik dari video saja. Dan hal yang paling penting adalah, jika terdapat file-file penting kamu back-up semua supaya nanti tidak terhapus, bisa pinjam komputer teman untuk menaruk file data kamu.

Cara Keempat: Datangi Service Center Lenovo

Masih takut melakukan metode ketiga diatas? Teman-teman bisa datangi service center lenovo yang terdekat dari rumahmu, nanti tim ahli mereka yang mengurusnya masalah tersebut.

Sebelum pergi ke service center, teman-teman pindahkan (backup) file-file penting ke flashdisk ataupun penyimpanan lainnya (bisa pc/laptop, google drive, dll…). Dikhawatirkan teknisi lenovo melakukan recovery, nanti data-data kamu bakalan hilang.

Jika teman-teman masih memiliki kartu garansi, itu sangat bagus karena tidak akan dimintai biaya instalasi apapun.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa saya kasih kepada teman-teman mengenai touchpad (kursor tidak bisa di klik) yang gak mau bergerak pada laptop lenovo di windows 7, 8 dan 10.

Teman-teman sudah tau belum cara ganti foto lock screen di windows? jika belum tau silahkan cek artikelnya 🙂

Andai kata teman-teman ada yang ingin disampaikan atau masukkan lainnya, teman-teman bisa langsung komentar saja dikolom bawah yang sudah tersedia, nanti saya akan menjawab semua pertanyaan teman-teman secepatnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya, jika berkenan boleh bantu kami membagikan artikel ini ke media sosial kalian yaa hehehe

Artikel yang Terkait

4 Komentar

  1. Sangat bermanfaat banget ka..infonya.
    Saya lagi ngerjain tugas tiba2 kursornya mati dan setelah membaca atikel ini alhamdulilah udah bener lagi.
    Makasih banyak yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!