Lainnya

Kenapa Format Gambar Selalu JFIF?

Format atau ekstensi foto JFIF (JPEG File Interchange Format) merupakan standar format file gambar / foto. Adalagi namanya JIF (JPEG Interchange Format) yang artinya juga sama seperti format foto jfif.

Hmmm saya sendiri juga belum tau apa maksud dari format file foto itu hehe, mungkin teman-teman disini ada yang bisa diceritain apa sih itu JFIF & JIF melalui kolom komentar dibawah ini, semoga pembaca yang lain bisa mengetahuinya.

Karna saya disini hanya ingin mengatasi untuk mengubah format file foto jfif tersebut, jadi gak usah ngejabarin artinya panjang-panjang hehe, langsung cuss ke tutorialnya.

Oke sebelumnya saya ingin curhat terlebih dahulu mengenai format gambar yang satu ini. Waktu itu saya habis melakukan recovery laptop, nah setiap saya mendownload gambar dari google selalu formatnya jfif atau kadang-kadang jif, tentu sangat membuat saya risih sedikit.

Saya suka sekali mengedit foto menggunakan photoshop, nah format tersebut tidak bisa di open pada software photoshopnya, tak hanya itu di web ini saat upload gambar juga tak bisa dengan ekstensi foto tersebut, setelah saya cari beberapa cara akhirnya bisa juga.

Teman-teman sudah tau belum cara buat foto dikasih hak cipta milik kita? jika belum tau silahkan cek artikelnya.

Untuk kasus saya: setiap download gambar/foto selalu berformat ekstensi jfif maupun jif. Ada beberapa kasus yang juga downloadnya melalui WA (WhatsApp) berformat seperti itu, nah untuk solusinya langsung aja kamu simak lagi dibawah ini yaa gaess.

Cara Mengatasi Setiap Download Foto / Gambar Selalu Format JFIF atau JIF

Jika kalian seperti kasus saya setiap download foto / gambar dari mana saja selalu berformat ekstensi jfif / jif, pastinya bikin gregetan hehe, oke cuss berikut cara mengubah file jfif ke jpg maupun png.

  • Kalian tekan tombol Logo Windows + R secara bersamaan di keyboard, lalu ketik regedit (jika nanti muncul notifikasi tinggal klik Yes saja).

cara mengubah jfif ke jpg

  • Habis itu cari HKEY_CLASSES_ROOTMIMEDatabaseContent Typeimagejpeg Atau lebih cepatnya langsung copas aja dibawah ini pada pencarian regeditnya :
HKEY_CLASSES_ROOT\MIME\Database\Content Type\image/jpeg
  • Setelah itu, cari Extension lalu klik kanan pada extensionnya dan pilih Modify.
  • Nah disitu kan masih .jiff kamu ubah aja formatnya misalnya disini saya mau pake .jpeg saja (awalnya harus pakai titik yaa gaess seperti saya .jpeg) Kalau sudah yaa tinggal klik OK.

ubah format jfif ke jpg

Nah cara diatas itu cocok untuk kalian yang setiap download foto / gambar selalu berekstensi jiff / jif.

Cara Mengubah Format JIF/JFIF Ke JPG/JPEG Maupun PNG

Bagaimana jika downloadnya dari WA (WhatsApp) atau lagi kebetulan download dari google images dapetnya malah format jfif / jif? Untuk yang masalah ini gampang banget, ikuti lagi tutorial dibawah ini jika kalian bertanya seperti ini (ini sangat cocok untuk yang downloadnya lagi kebetulan format jiff / jif).

    • Yang pertama bisa menggunakan Paint. Tinggal klik kanan pada fotonya lalu pilih Paint, habis itu tinggal save as dan pilih deh formatnya mau jpg / jpeg / png / dan sebagainya.
    • Yang kedua bisa menggunakan convert foto secara online, di google banyak banget, tinggal ketik saja di google convert jfif.

Penutup

Mungkin itu saja dari saya untuk solusi ubah format foto yang berekstensi jfif / jif, ataupun setiap download foto selalu berubah ke format tersebut dan ingin menggantinya ke format lain seperti jpg dan png.

Jika ada pertanyaan dan sebagainya, langsung aja komentar saja pada kolom dibawah yaa gaess, tenang saja semua komentar kalian akan saya jawab secepatnya.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!