Media Sosial

√5 Cara Memperbaiki WhatsApp Terhenti Sendiri [Telah Berhenti]

Cara Memperbaiki WhatsApp Telah Berhenti – Sebelumnya kami sudah banyak sekali mengulas tentang whatsapp, klik disini supaya bisa melihat artikel tentang whatsapp lainnya. Whatsapp ini merupakan media sosial yang paling banyak diminati pada tahun 2017, dan bahkan fiturnya pun sangat lengkap mulai dari video call, voice, short message dan masih banyak lagi.

Tetapi kamu pernah enggak sih lagi asyik-asyiknya chattingan atau video call tiba-tiba ada pesan “Unfortunately, WhatsApp has stopped” atau “Sayangnya WhatsApp telah berhenti” dan secara mendadak whatsapp kamu keluar dengan sendirinya. Untuk itu disini akan kita kupas satu persatu permasalahannya.

Memperbaiki WhatsApp Telah Berhenti / Has Stopped

Yasudah langsung saja kamu action gak usah banyak cingcong (Hehehe), berikut ulasan selengkapnya mengenai mengatasi whatsapp terus berhenti (sayangnya telah berhenti / wa has stopped).

1. Hapus Cache

Cache ini berguna untuk menyimpan data sementara, ketika kamu membuka suatu aplikasi maka ada yang namanya cache, dengan adanya cache maka aplikasi kamu akan berjalan cepat atau optimal.

Tetapi bila cache yang menumpuk justru tidak bagus, cache yang menumpuk akan menyebabkan lag pada hp atau force close (Force Close adalah keluar dengan sendirinya).

Nah untuk itu cobalah hapus cachenya satu persatu pada aplikasi yang sudah kamu install, tapi bila hp kamu menggunakan xiaomi, tidak usah satu persatu karena xiaomi sudah memiliki aplikasi bawaan yang bisa menghapus cache pada smartphone.

Jika hp kamu bukan xiaomi, kamu bisa menggunakan aplikasi Ccleaner untuk menghapus cachenya dengan cepat, atau juga bisa menggunakan cara manualnya.

  • Langkah pertama kamu masuk ke pengaturan dan masuk lagi ke menu aplikasi.
  • Dan masuk lagi ke Manajer Aplikasi.
  • Kamu cari aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu kamu ketuk pada tulisan Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Lakukan langkah-langkah berikut pada aplikasi lainnya.

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Cara yang satu ini bisa dibilang ampuh juga bisa dibilang sama aja, tetapi banyak yang rekomendasi dengan cara yang satu ini. Karena dengan cara paksa berhenti atau hapus seluruh datanya pada aplikasi mampu mengatasi force close atau keluar sendiri.

Dengan begitu, aplikasi kamu berasa seperti baru di install lagi, karena dengan langkah ini kamu harus login kembali dengan akun whatsapp kamu sebelumnya. ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama kamu masuk lagi ke Pengaturan dan Menu aplikasi.
  • Kamu pilih lagi ke Manajer Aplikasi.
  • Kamu cari dan pilih aplikasi WhatsAppnya.
  • Disitu ada tombol Paksa Berhenti dan Hapus Data, kamu klik/ketuk tulisan tersebut.
  • Terus kamu buka aplikasi WhatsAppnya dan login menggunakan akun lama kamu.

3. Install Ulang WhatsApp

Cara selanjutnya kamu bisa melakukan install ulang aplikasinya, tetapi sebelum kamu menghapus aplikasinya kamu ikuti terlebih dahulu cara kesatu dan kedua pada ulasan diatas, baru deh hapus aplikasinya dan install lagi di playstore.

4. Update Aplikasinya

Atau kamu juga bisa untuk mengupdate aplikasi whatsappnya, karena dengan mengupdate aplikasi akan memperbarui fitur-fitur yang ada dan sistemnya juga. Untuk itu kamu pergi ke playstore dan ketik “WhatsApp” pada searchnya, dan pilih Update aplikasi WhatsApp.

5. Copot Semua Perangkat di Handphonenya

Smartphone yang terlalu lama dimainkan tanpa istirahat, tentu akan menyebabkan force close pada aplikasi. Smartphone seperti halnya saja manusia, kalau tidak istirahat maka kita akan capek.

Kembali lagi ke topik, kalau sudah force close dan bahkan hp kamu sudah panas, segeralah copot semua perangkat yang ada pada hp kamu, seperti baterai, memory card, SIM, dan sebagainya yang bisa dicopot, copotlah. Diamkan selama 10 atau 15 menit, setelah itu pasang kembali dan nyalakan hp kamu.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang kita bahas mengenai sayangnya whatsapp telah berhenti, whatsapp terus berhenti, cara mengatasi whatsapp tidak menanggapi atau whatsapp berhenti beroperasi, semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat untuk mencobanya.

Artikel yang Terkait

2 Comments

  1. Ndak terpikirkan hehe, ketika install ulang akhirnya bisa normal kembali. Manntap infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!