Lainnya

UNTAN Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Kita sedang berada di revolusi industri 4.0 yang dimana semuanya sudah menggunakan teknologi modern, bahkan belanja cabe saja bisa secara online melalui marketplace (website yang menyediakan jual beli online suatu barang).

Tentu dengan hadirnya informasi secara online ini dapat mempermudah kita dalam mendapatkan suatu informasi bahkan suatu kebutuhan seperti halnya cabe, yang bisa kita cari secara online dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan langsung ke lokasinya.

Tidak usah jauh-jauh, kita bangun tidur saja yang paling dicari dalam pikiran yakni HP, iya hp!. Karna di hp kita akan melihat ada pesan apa saja yang masuk selama kita meraih mimpi, supaya pesan-pesan penting bisa kita ketahui terlebih dahulu sebelum kita melakukan aktifitasnya.

Pokoknya kebutuhan internet sangat dibutuhkan untuk sekarang ini, dan mungkin saja untuk masa depan akan jauh lebih modern dibandingkan sekarang.

Teknologi digital memang selalu berinovasi dan selalu menciptakan terobosan baru yang mampu mempermudah kita dalam melakukan aktifitas, yang dimana biasanya dilakukan dengan tehnik manual, dengan adanya teknologi digital / internet inilah yang dapat mempermudah kita.

Tak hanya itu, jika kita lihat dari segi pendidikan juga menerapkan perkembangan teknologi digital ini, oke contoh sederhananya seperti belajar secara online yang bisa kita dapatkan secara gratis dari google dan youtube.

Dengan adanya google & youtube sangat membantu banget untuk para Pelajar dalam mengerjakan soal-soal. Jika kita lupa dengan materinya, kita bisa lihat materi dari orang lain melalui google & youtube, dengan begitu dapat mempermudah kita untuk mengerjakan soal-nya.

Dan ini juga sangat mempermudah seorang Mahasiswa dalam melakukan riset dengan data-data yang valid, misalnya kita ingin mencari data langsung dari situs resminya, dengan begitu kita tidak perlu mencari data secara mendatangi ke lokasi / tempatnya, cukup mengakses dari situs yang sudah ada.

untan cyber university - internet

Perkembangan ini juga sudah menjamur seluruh universitas di Indonesia yang menerapkan berbasis teknologi digital atau biasa dikenal dengan sebutan Cyber University.

Misalnya saja seperti pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) secara daring yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja, selagi masih tersambung dengan koneksi internet.

Seperti yang dikatakan Mohammad Nasir (Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi), “Perubahan global saat ini telah memasuki revolusi industri 4.0, dimana semuanya sudah berbasis teknologi. Karena semua sudah berbasis teknologi informasi, maka Perguruan Tinggi kedepannya harus menerapkan hal itu“, ujarnya (13/3).

Dan tepat sekali saat ini UNTAN (Universitas Tanjungpura) membangun fasilitas berbasis teknologi digital, hal tersebut untuk mendukung gerakan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

universitas tanjungpura pontianak membangun ekosistem digital menuju cyber university

Tentu hal ini sangat menarik untuk kita bahas bagi teman-teman yang ingin mencari perkuliahan di Tahun 2020 yang berbasis dengan teknologi digital modern.

Cyber University (Universitas Siber) faktor paling penting yang dicari-cari oleh Calon Mahasiswa Baru untuk menunjang belajarnya nanti supaya lebih inovatif dalam teknologi informasi. Semua itu mulai dari sistem pembelajarannya, kurikulum, fasilitas yang disediakan, sarana dan prasarana lainnya.

Dan UNTAN salah satu Universitas yang memang sudah dikenal dengan sebutan “Universitas Siber“, hal tersebut dapat kita buktikan dari fasilitas yang sangat memadai dalam segi digital kekinian seperti adanya e-journal, e-library dan sebagainya.

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cyber university, sudah tau belum nih teman-teman apa itu UNTAN? dimanakah letak kampusnya? jika belum mengetahui, kita singgung sedikit mengenai kampus ini.

Sejarah Singkat Universitas Tanjungpura

Awal dari berdirinya Universitas Tanjungpura Pontianak atau disingkat UNTAN berdiri sejak 20 Mei 1959 yang merupakan sebagai universitas pertama di Kalimantan Barat.

Banyak prestasi yang berhasil diraih dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga dikenal oleh masyarakat luas memiliki reputasi pendidikan yang berkualitas, khususnya masyarakat Kalimantan Barat.

Sebelum menjadi nama UNTAN, universitas ini masih status swasta yang bernama Universitas Daya Nasional (UDN / UNDANAS), didirikan oleh tokoh-tokoh politik dan tokoh masyarakat Kalimantan Barat yang hanya 2 (dua) fakultas: Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga.

fakultas hukum dan tata niaga untan universitas tanjungpura pontianak

Pada tahun 1963 resmi menjadi universitas negeri, namun nama universitas diganti menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP). Dari tahun ke tahun universitas ini terus berkembang mengikuti jamannya, nama UNEP pun diganti lagi menjadi Universitas Dwikora di tahun 1965.

Baru pada tanggal 15 Agustus 1967 Universitas Dwikora resmi diganti menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN) sampai saat ini belum ada perubahan lagi. Nama UNTAN sudah terkenal diseluruh Indonesia, terutama pada wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya.

Itulah sejarah dari Universitas Tanjungpura Pontianak ini, dan kini kampus tersebut merupakan salah satu Universitas Negeri terbaik yang ada di Indonesia, dan menuju universitas siber dengan membangun ekosistem digital.

Jurusan di Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura memiliki namanya fakultas, setiap fakultas terdapat beberapa jurusan. Dan memiliki beberapa program, diantaranya program Diploma, Sarjana (S1), Profesi, Magister (S2) dan Doctor (S3).

Program Diploma di UNTAN

NO
FAKULTAS
PROGRAM STUDI
1
PERTANIANBudidaya Tanaman Perkebunan
2
ILMU SOSIAL DAN POLITIKAdministrasi Perkantoran
Pekerjaan Sosial
Kearsipan
Kesekretariatan
3
ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANPerpustakaan

Program Sarjana (S1) di UNTAN

NO
FAKULTAS
PROGRAM STUDI
1
HUKUMIlmu Hukum
2
EKONOMI DAN BISNISAkuntansi
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Manajemen
Ekonomi Islam
3
PERTANIANAgribisnis
Agronomi
Agroteknologi
Manajemen Sumberdaya Perairan
Ilmu Peternakan
Ilmu dan Teknologi Pangan
Ilmu Tanah
4
ILMU SOSIAL
DAN POLITIK
Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Pemerintahan
Ilmu Hubungan Internasional
Antropologi Sosial
Sosiologi
Ilmu Politik
Ilmu Komunikasi
Ilmu Sosiatri
6
TEKNIKTeknik Arsitektur
Teknik Elektro
Teknik Industri
Teknik Informatika
Teknik Lingkungan
Teknik Kelautan
Teknik Kimia
Teknik Mesin
Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota
Teknik Pertambangan
Teknik Sipil
6
KEHUTANANKehutanan
7
ILMU KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Bahasa Mandarin
Pendidikan Bimbingan Dan Konseling
Pendidikan Biologi
Pendidikan Ekonomi
Pendidikan Fisika
PAUD
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan Jasmani Kes & Rekreasi
Pendidikan Kimia
Pendidikan Matematika
Pendidikan Seni Tari Dan Musik
Pendidikan Sosiologi
Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Geografi
Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Pendidikan IPS
7
MIPABiologi
Fisika
Geofisika
Ilmu Kelautan
Kimia
Matematika
Sistem Komputer
Statistik
Sistem Informasi
9
KEDOKTERANFarmasi
Pendidikan Dokter
Ilmu Keperawatan

Untuk program pascasarjana silahkan teman-teman bisa lihat pada link berikut ini, karna saya tidak terlalu membahas lebih detail ke jurusannya, karna sudah tersedia di website resmi untan.

Apa yang Membuktikan Universitas Bisa Disebut Cyber University?

Mungkin kita sudah tau semua universitas negeri yang ada di Indonesia pastinya menerapkan cyber university, hal tersebut bisa kita buktikan dari website resmi universitasnya yang melayani beberapa layanan siber yang modern.

Karna siber universitas ini faktor paling penting dalam memotong metode tradisional, jujur saja saya seorang mahasiswa sangat ribet jika universitasnya belum menerapkan cyber university.

Ingin mengajukan sesuatu tidak bisa secara online, belum lagi janjian dengan Dosen atau Staff fakultas / universitas, ribet banget!.

Jadi apa yang membuat Perguruan Tinggi bisa dikatakan cyber university? Hal yang paling utama bisa disebut cyber university adalah dengan metode perkuliahan distance learning (jarak jauh) yang bakal menjadi tren untuk masa depan.

Tak hanya program perkuliahan saja yang menjadi faktor bisa disebut cyber university, faktor pendukung lainnya juga seperti fasilitas universitasnya apakah masih menerapkan cara tradisional ataukah sudah menerapkan berbasis digital?.

UNTAN adalah salah satu universitas yang sudah menerapkan teknologi informasi berbasis digital, sangat bersyukur buat teman-teman yang ingin mendaftarkan menjadi seorang mahasiswa khususnya daerah Kalimantan.

Fasilitas Siber Universitas Tanjungpura

Tantangan universitas menuju siber dengan membangun ekosistem digital harus mengikuti jamannya, jika masih menerapkan jaman digital tradisional, sudah dipastikan fasilitas yang ada di kampusnya sangat minim, tidak lengkap.

Kabar gembiranya, UNTAN kini sudah membangun ekosistem digital dengan beberapa fasilitas yang bisa teman-teman gunakan, menuju cyber university modern dan inovatif.

Untuk membuktikan bahwa Universitas Tanjungpura ini bisa dikatakan cyber campus, bisa teman-teman pahami beberapa fasilitas yang ada di kampus terkeren yang satu ini:

Seleksi Calon Mahasiswa Baru (SCMB)

Masih jaman tahun 2020 mendapatkan informasi pendaftaran calon mahasiswa baru datang ke kampus? kini kita bisa mendapatkan informasi-informasi tersebut secara online, langsung dari website Untan.

Pendaftaran pun bisa diterapkan secara online, tak hanya calon mahasiswa sarjana saja, bagi yang ingin melanjutkan ke pascasarjana dan pernah menjadi mahasiswa Untan, pendaftaran tidak terlalu ribet, karna kelengkapan data sudah terverifikasi ke database Untan, cukup melengkapi beberapa kelengkapan lainnnya yang dirasa masih kurang.

SCMB merupakan informasi penting bagi teman-teman yang ingin mendaftar di Untan, untuk mengetahui tanggal berapa saja jalur penerimaan dibuka. Dan juga bagi program S2 (Magister) untuk mengetahui program magister apa saja yang sudah dibuka, inilah fasilitas siber Untan yang sangat membuat kita menjadi mudah untuk mendapatkan informasi.

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

UNTAN juga memiliki sistem informasi akademik, dikhususkan untuk mahasiswa yang sudah diterima. Fasilitas ini menyangkut dengan aktifitas perkuliahan, seperti halnya mendapatkan hasil laporan per-semester, indeks prestasi, modul mata kuliah, dsb.

Ingin mengisi KRS (Kartu Rencana Studi)? Mahasiswa dengan mudah cukup akses lewat internet dan menuju layanan SIAKAD pada website Untan, jadi tidak perlu lagi bolak-balik dari rumah ke kampus hanya untuk pengisian KRS.

Layanan E-Learning UNTAN

Dalam pembahasan menuju cyber university dengan membangun ekosistem digital, perkuliahan online adalah faktor yang paling penting, apalagi jika Dosen berhalangan untuk hadir, kita sebagai Mahasiswa sangat rugi jika Dosen tidak menyampaikan materi.

Jadi tidak alasan tahun 2020 ini masih menerapkan konsep tradisional, kabar baiknya Untan memiliki layanan e-learning yang bisa teman-teman gunakan bersamaan dengan Dosen.

Cukup masukkan akun mahasiswa, nanti Dosen yang terkait akan melangsungkan kuliah berbasis online bersamaan dengan teman kelas Anda.

Layanan E-Jurnal UNTAN

Tak ketinggalan jaman dengan universitas negeri lainnya, Untan juga menerapkan adanya layanan e-jurnal atau portal jurnal berbasis daring, kita bisa akses sepenuhnya untuk melihat banyaknya jurnal yang pernah dibuat oleh mahasiswa dan alumni Universitas Tanjungpura.

Layanan Repository UNTAN

Layanan repository atau e-libary ini sangat penting untuk seorang mahasiswa, karna pencarian buku di perpustakaan itu sangat banyak, tidak menutup kemungkinan jika kita mencari buku dalam waktu lama.

Mahasiswa Untan dapat mencari buku yang diinginkan dengan mengakses layanan repository secara online, dan membaca sedikit pendahuluan buku supaya buku yang dicari sesuai apa yang diinginkan mahasiswa.

Layanan Berita Kampus UNTAN

Takut dimakan berita-berita palsu dari media sosial ataupun sejenisnya? tenang, di Universitas Tanjungpura juga memiliki fasilitas berita kampus, yang dimana semua sumbernya bersifat valid (resmi).

Inilah bukti bahwa UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university dengan teknologi digital modern.

Tak hanya berita tentang sejarah dan fasilitas Untan saja, kita juga disuguhkan berita-berita update yang masih berkaitan dengan aktifitas Untan.

Layanan Universitas Tanjungpura dalam Membangun Ekosistem Digital Masih Banyak!

Layanan yang ada di Universitas Tanjungpura ini sangat banyak, semua layanan tersebut bisa diakses secara online, mau itu dari HP dan Komputer pun bisa kita gunakan.

Dan untuk kedepannya masih membangun beberapa ekosistem digital lainnya, yang pasti mengikuti era-nya (tidak kemakan dengan jaman).

Jurusan yang cocok berkaitan dengan teknologi digital / internet di Universitas Tanjungpura adakah?” Jika teman-teman mencari jurusan yang berkaitan dengan era digital internet, silahkan disimak lagi ulasan berikut ini.

Jurusan yang Mendukung Teknologi Informasi (Ekosistem Digital) di UNTAN

Jika teman-teman senang berkecimpung dalam dunia internet, UNTAN juga memiliki jurusan yang berkaitan dengan teknologi tersebut, dikhususkan untuk Sarjana (S1).

Jurusan Teknik Informatika

Senang dengan pemrograman (programming)? jurusan ini sangat tepat yang teman-teman cari, di jurusan ini akan membahas berkaitan dengan pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika.

Sebelum memasuki jurusan ini, kenali dirimu sendiri apakah saya cocok ingin menjadi praktisi IT sekaligus software engineer, database engineer, network engineer dan games engineer? jika iya, jurusan ini cocok yang kamu inginkan.

Universitas Tanjungpura telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat “A” berdasarkan surat keputusan nomor 165/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 dari BAN PT. Dan jurusan teknik informatika untuk saat ini tahun 2020 akreditasi “B“.

Jurusan Sistem Komputer

Untuk jurusan informatika mungkin lebih cenderung membahas software, namun untuk jurusan sistem komputer ini lebih ke hardware-nya. Tetapi di jurusan ini teman-teman juga akan dikenalkan dengan bahasa pemrograman.

Universitas Tanjungpura mendapatkan akreditasi “A” berdasarkan surat keputusan nomor 165/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 dari BAN PT. Dan jurusan sistem komputer untuk saat ini tahun 2020 akreditasi “B“.

Jurusan Sistem Informasi

Senang berkutik didunia ilmu komputer, manajemen dan bisnis? jurusan ini cocok buat kamu. Untuk materi yang dipelajari tidak jauh berbeda dengan jurusan teknik informatika, tetapi jurusan ini bisa menjadi jembatan buat teman-teman antara kebutuhan bisnis dan aplikasi yang harus dirancang.

Universitas Tanjungpura berhasil mendapatkan akreditasi “A” berdasarkan surat keputusan nomor 165/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 dari BAN PT. Dan jurusan sistem informasi untuk saat ini tahun 2020 akreditasi “B“.

Kesimpulan

Dengan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University sangat membantu kita sebagai Calon Mahasiswa Baru atau Mahasiswa UNTAN untuk melaksanakan aktifitas secara mudah dan modern (inovasi), tanpa proses yang ribet, apapun bisa kita akses berbasis daring (online).

Siapkah teman-teman bertempur di revolusi digital 4.0 ini yang penuh dengan beberapa teknologi internet?

Kontak Universitas Tanjungpura

  • Fax: (0561) 739637
  • Telepon: (0561) 739630
  • Email: untan_59@untan.ac.id
  • Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak – Kalimantan Barat (78124)

Artikel yang Terkait

24 Komentar

  1. Mau nanya min semoga dibalas, kalau kuliah jurusan TI di UNTAN dengan akreditasi B itu bagus gak sih? Soalnya saya mau coba coba daptar di Untan tahun ini. Maaaciww miin

    1. Untuk masalah akreditasi pada jurusan TI semua univ negeri di Indonesia salah satunya Untan, itu sudah bagus kak, apalagi ditambah akreditasi dari Universitas itu sendiri (A), udah bagus kok.
      Semoga tahun ini keterima yaa di Untan aamiin 🙂

      1. Hemm okelah kalau begitu terima kasih min atas jawabannya.
        Aamiin semoga keterima hehe

  2. Makasih infonya min, jadi paham sedikit mengenai UNTAN dari beberapa blog yg ada di google, salah satunya situs ini bikin mudah dipahami

  3. Kebetulan ku orang Kalbar, dan berniat mau kuliah disitu tahun ini hehe, sambil menunggu info kelulusan.
    Wah ternyata sudah menerapkan Cyber University yaa walaupun belum maksimal banget sii, tapi keren sudah ada kemajuan untuk membangun ekosistem berbasis digital ini, semoga tahun ini keterima di UNTAN aamiin

    1. Iya betul kak, kedepannya Untan juga akan membangun ekosistem digital yang lebih modern lagi, seiring berjalannya waktu dalam bidang teknologi.
      Aamiin semoga keterima yaa kak Adam 🙂

  4. Artikelnya keren, sudut pandangnya unik dan menarik.
    SEO nya juga keren abis, diliat digoogle baru beberapa hari udah page one, judul artikelnya juga menarik bisa pendek tapi kalau liat di google panjang (lengkap).
    Semoga kita bisa sama-sama page one yaa mas hehe

    1. Wah ikutan juga yaa mas Dwi? hehe iyaa aamiin, tetap semangatzz

  5. Topik penyampaiannya sangat cocok, mudah dipahami, makasih min.

    1. Semoga bermanfaat yaa kak Sidikul, makasih juga 🙂

  6. Keren abis untuk situs yg satu ini, judul artikel di google lengkap tapi pass dikunjungi judulnya kayak lebih pendek dan lebih tertarget banget, keren banget sih ini admin yg punya blognya, sukses terus bang.
    Salam dari mahasiswa Untan

  7. Kayaknya kalau ku minat di jurusan Sistem Informasi deh tahun ini, kalau ke TI agak ke program gitu banget ku kurang jago hehe

    1. Kalau SI (Sistem Informasi) juga mempelajari pemrograman tetapi tidak terlalu mendalami seperti TI kak

  8. Emang iya sih kalau universitas itu diutamain konsep siber-nya, kalau gk ada konsep yg begini ribet apa² serba manual

    1. Betul banget kak Sawal, apalagi tahun 2020 ini apa-apa serba digital, bangun tidur aja kadang megangnya hp dulu hehe 🙂

      1. Haha iya bener bangun tidur kadang liat² chatting masuk dulu, biar gak ketinggalan informasi

  9. Artikelnya mantap euy dalam segi pembahasannya
    Pantesan bisa langsung nangkring di page one

  10. Keren… UNTAN memang semakin maju menjadi Universitas kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat. Thanks Feritekno atas informasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!