Multimedia

√5 Aplikasi Belajar Pemrograman & Coding di Android Untuk Pemula

Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Pemrograman – Menciptakan atau membuat sebuah program dalam bentuk website atau juga bisa aplikasi merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Apalagi kalau sudah jadikan sebuah hobi dan santapan sehari-harinya, pastinya mengetik code atau istilahnya ‘coding‘ dalam dunia teknologi bukanlah hal yang rumit jika kita ingin menekuninya lebih dalam lagi.

Tapi bagaimana bagi orang awam yang ingin banget belajar ilmu coding atau pemrograman tetapi tidak memiliki guru private?“, pastinya hal tersebut sangat rumit untuk memahaminya dengan cara otodidak,

dan banyak juga yang merasa bodo amat padahal ilmu codingnya sudah jalan setengah perjalanan, alasannya yaa mungkin karena sulit untuk belajar secara mandiri.

Untuk itu kami ada sedikit beberapa aplikasi coding yang kalian bisa gunakan dan bisa kalian install langsung di google playstore.

Aplikasi Belajar Coding Pemrograman di HP Android

Sebelum kamu belajar ilmu coding, pastikan diri kamu siap untuk memahaminya dan jangan merasa putus asa di pertengahan jalan, karena ilmu coding ini sangat dibutuhkan di beberapa perusahaan lho!.

Jadi, belajarlah dengan yang sungguh-sungguh untuk masa depan yang lebih cerah. Dan ada beberapa tips dari kami, supaya kamu cepat untuk memahami ilmu coding, jadikan pelajaran ini sebuah hobi, pasti sangat cepat untuk memahaminya.

1. Encode

aplikasi untuk belajar coding 2

Aplikasi Encode ini sangat cocok sekali bagi kamu yang masih awam dalam ilmu coding, dan aplikasi ini menyediakan 3 bahasa pemrograman seperti Javascript, bahasa pemrograman web statis (Html dan Css) dan Python.

Ketika kamu sudah membuka aplikasi ini, ia akan menawarkan kamu untuk belajar yang paling dasar dulu, jika sudah paham maka kamu bisa untuk melanjutkan level yang lebih tinggi lagi.

Dan setiap materi menggunakan bahasa yang baik, sehingga kamu juga mudah untuk memahaminya setiap kata, dan aplikasi ini sudah di install lebih dari 100 ribu user.

Jika kamu tertarik untuk menginstallnya, kamu bisa download di playstore langsung atau juga bisa melalui Klik Disini untuk menginstallnya menuju playstore.

2. SoloLearn

aplikasi untuk belajar coding 3

Aplikasi selanjutnya yang cukup populer adalah SoloLearn, aplikasi ini juga cukup memakan kapasitas memory yang cukup besar juga, dan menawarkan fitur yang lebih beragam.

Dan materi yang bisa kamu pelajari bukan hanya 1 atau 2 bahasa saja, melainkan lebih dari 5 bahasa pemrograman yang bisa kamu ambil materi yang ada di aplikasi tersebut.

Dan beberapa bahasa yang bisa kamu pelajari diantaranya seperti PHP, Pemrograman WEB (HTML, CSS, jQuery, Javascript), Python, C++, Java, Ruby dan masih banyak lagi bahasa lainnya.

Dan lebih istimewanya lagi dari aplikasi ini kalian bisa menulis coding, menemukan masalah dalam pengetikan coding dan belajar dari kesalahan yang telah kamu ketik.

Kalau kamu sangat tertarik menggunakan aplikasi ini, kamu bisa langsung menginstallnya di playstore atau juga bisa Klik Disini untuk menuju ke aplikasinya langsung di playstore.

3. Programming Hub

aplikasi untuk belajar coding 4

Aplikasi ini sama juga dengan SoloLearn yang menyediakan beberapa bahasa coding yang bisa kamu pelajari, beberapa diantara bahasanya adalah Python, HTML, CSS, Javascript, SQL, VB.net, jQuery dan masih banyak lagi.

Dan juga tata letak dari penampilan aplikasinya sangat responsif, sehingga kamu juga mudah untuk menemukan bahasa yang paling dasar sampai yang level tinggi. Dan aplikasi ini juga bisa menulis coding, memecahkan coding yang salah dan belajar dari kesalahan yang kamu ketik coding tersebut.

Jika kamu tertarik untuk menginstallnya pada smartphone kamu, silahkan bisa langsung downloadnya di google playstore atau juga bisa Klik Disini untuk menuju aplikasinya yang ada di playstore.

4. Udacity

aplikasi untuk belajar coding 5

Sangat berbeda dengan aplikasi diatas, aplikasi Udacity ini memang sangat istimewa bagi developer-developer yang sudah sukses menggunakan aplikasi ini sebagai media pembelajaran. Karen tak hanya belajar otodidak saja, kamu akan di arahkan oleh mentor khusus sebagai saran belajarnya.

Dan materi yang diberikan oleh pakar para ahlinya bisa berupa Ebook atau Video, dan mentoring Anda juga bukan orang yang baru belajar coding, yang pastinya sudah developer sukses dalam karirnya.

Namun sayangnya, materi yang diberikan secara gratis hanya terbatas, jika kamu ingin melanjutkan ilmu dari aplikasi ini, kamu harus membayarnya kepada mereka karena yang mengajarkan kamu bukan robot, melainkan manusia seperti kita juga.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kenapa tidak? yuk!, langsung aja install aplikasinya di playstore atau bisa Klik Disini (Maaf link sudah tidak aktif) untuk menuju playstore.

Link diatas sudah tidak aktif, tetapi kalian bisa belajar melalui situsnya langsung di udacity.com

5. C++ Programming

aplikasi untuk belajar coding 6

Bagi kamu yang ingin fokus pada bahasa C++, aplikasi ini paling utama yang harus kamu coba pelajari, karena aplikasi yang satu ini hanya fokus pada satu bahasa pemrograman, yakni C++.

Dan banyak juga orang yang paling awam belajar ilmu c++ tidak mau, karena banyak yang melontarkan akibat sulit untuk memahaminya.

Tetapi jika kamu tertarik untuk mencobanya, kenapa tidak? langsung aja yaa gaess kamu download di playstore atau juga bisa Klik Disini untuk menuju aplikasi tersebut yang ada di playstore.

Penutup

Intinya jika kamu belajar ilmu coding adalah sebuah hobi, maka sangat mudah untuk memahaminya. Dan jangan lepas untuk belajar ilmu ini, takutnya untuk memahaminya lagi kamu harus dari awal deh, hehe.

Baca Juga : Mengatasi Memori Internal Penuh di HP
Baca Juga : Memperbaiki Playstore yang Tidak Bisa Terbuka
Baca Juga : Cara Menyembunyikan Folder di PC dengan Coding
Baca Juga : Cara Mengetahui Orang yang Melihat Profil Facebook Kita

Itulah beberapa aplikasi belajar coding / pemrograman yang bisa kamu gunakan di handphone, jika ada masukan atau kritik lainnya, teman-teman bisa tinggalkan komentar di bawah yaa, selamat untuk belajar ya gaess.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!