Gadget

Mengatasi Google Playstore yang Tidak Bisa Terbuka atau Error

mengatasi playstore yang tidak bisa diakses ataupun tidak bisa dibuka - Feri Tekno

Ketika kita ingin mendownload aplikasi baik yang berbayar maupun gratis tentu para pengguna smartphone tidak jauh dari namanya playstore yang sebagai jantungnya hp android.

Semua aplikasi yang didownload dari playstore pasti akan aman dan tidak ada virus, namun kalau kita download melalui google pasti ada salah satu aplikasi yang merupakan sebagai virus, oleh karena itulah playstore salah satu toko aplikasi di smartphone yang paling laris.

Namun sayangnya banyak pengguna android yang mengeluh karena playstore mereka tidak bisa diakses ataupun tidak bisa dibuka, tentu hal tersebut kita akan susah untuk menginstall suatu aplikasi.

Mengatasi Google Playstore yang Tidak Bisa Dibuka

Nah! Kali ini Feri Tekno akan memberikan sedikit solusi untuk mengatasinya, berikut ulasan selengkapnya.

1. Hapus Cache pada Aplikasi Google Playstore

Langkah yang pertama kamu hapus cache pada google playstorenya, caranya kamu ke pengaturan dan cari aplikasinya lalu kamu bersihkan cachenya.

2. Mengatur Tanggal dan Waktu yang Kurang Tepat

Memang cara yang satu ini paling jarang diperhatiin, karena playstore juga membutuhkan waktu yang selalu berjalan dan tepat pada saat itu juga. Karena kamu sekarang sudah mengetahuinya, coba deh atur tanggal dan waktunya yang sesuai

3. Restart HPnya

Solusi selanjutnya coba deh mulai ulang atau restart hp android kamu, karena bisa saja banyak aplikasi yang berjalan didalam sistem sehingga google playstore juga susah untuk diakses.

4. Factory Reset

Cara yang satu ini memang sih sangat ekstrim untuk dilakukan, karena semua aplikasi yang terpasang juga akan terhapus. Namun cara ini benar-benar ampuh untuk mengatasinya, dan saya sarankan sebelum melakukan factory reset di back-up terlebih dahulu data-data yang penting pada hp kamu.

Penyebab Playstore Tidak Bisa Dibuka

1. RAM HP yang Sudah Penuh

Solusi yang pertama karena RAM internal hp kamu yang hampir melebihi kapasitasnya, apalagi kapastias RAM yang kecil seperti 512MB.

Lagi pula jika RAM hp kamu hampir penuh tidak akan bisa juga untuk menginstall aplikasi dari Playstore, untuk diakses saja tidak bisa apalagi untuk mendownload, oleh karena itu coba deh hapus beberapa aplikasi yang tak berguna.

Baca Juga : Mengatasi Memory Internal HP yang Peuh

2. Cache yang Sudah Menumpuk

Langkah selanjutnya adalah penumpukan cache yang banyak, jika kamu jarang membersihkan cache pada aplikasi maka hp kamu juga akan ikut lemot, oleh karena itu coba deh rajin-rajin bersihkan cache pada aplikasi kamu satu persatu.

Baca Juga : Mengatasi HP Android yang Lemot Parah

3. Koneksi Internet yang Jelek

Untuk membuka google playstore memang membutuhkan jaringan internet yang stabil, apabila internet kamu lemot secara otomatis saat membuka playstore loading pun akan lama.

4. HP yang Sudah di Root

Me-root hp memang sih bagus supaya hp kamu lebih cepat saat diakses, dan juga bisa membuka aplikasi yang berat sekaligus.

Namun sayangnya ketika kamu me-root hp ada dampak negatifnya, selain kartu garansi yang tidak bisa dipakai lagi ternyata membuka google playstore sangat susah untuk diakses, ini memang benar-benar fakta dan sudah terjadi.

Nah itulah beberapa penjelasan dan solusi untuk mengatasi playstore yang tidak bisa dibuka, cara mengaktifkan play store, play store tidak bisa dibuka no connection, memperbaiki play store yang tidak bisa dibuka, play store terhenti tidak bisa dibuka, cara memperbaiki play store kesalahan server ataupun cara mengatasi google tidak bisa dibuka di android.

Jika masih ada hal yang membingungkan atau kritikan lainnya dari kalian, silahkan langsung saja komentar dibawah yaa gaess, semua komentar kalian pastinya akan kami jawab secepatnya kok.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!