Search
Close this search box.

Aplikasi Edit Video untuk PC & Laptop

Bagi seorang creator video, keberadaan software atau aplikasi edit video untuk pc maupun laptop sangatlah penting. Sebab dengan bantuan aplikasi tersebut, sang creator bisa melakukan pengeditan sepuasnya supaya hasil dari video yang akan diunggah mendapatkan banyak peminat.

Bagi kamu yang sering melakukan pengeditan video di laptop atau PC, di bawah ini akan disebutkan daftar software atau aplikasi edit video pc & laptop yang direkomendasikan terbaik.

12 software aplikasi yang akan kita bahas dibawah ini ada beberapa versi berbayar dan gratis untuk menggunakannya, serta tanpa watermark di video ketika melakukan export menjadi video. Penasaran dengan aplikasinya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

12 Software Aplikasi Edit Video untuk PC & Laptop

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi edit video tertentu yang bisa diinstal di PC/laptop, maka fitur dan kemampuan dari aplikasi tersebut merupakan faktor paling penting yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar aplikasi yang direkomendasikan oleh kami:

1. Adobe Premiere Pro

aplikasi edit video pc laptop adobe premiere pro

Aplikasi atau software yang bernama Adobe Premiere Pro ini sejak lama dipercaya oleh para editor profesional untuk urusan pengeditan video. Pasalnya, fitur-fitur yang disematkan padanya tergolong lengkap, yang menjadikan proses pengeditan video lebih mudah dan cepat dengan hasil yang berkualitas.

Hanya saja, aplikasi ini tidak gratis. Kamu perlu melakukan pembelian jika ingin menggunakannya. Tinggal pilih saja durasi berlangganan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget yang bisa kamu persiapkan.

2. Corel VideoStudio

aplikasi edit video pc laptop corel videostudio

Bagi editor profesional, nama Corel VideoStudio tidak asing lagi. Banyak fitur menarik dan canggih yang terdapat di dalam aplikasinya, termasuk 4K support, 3D text editing, 360 degrees VR video support, motion tracking, dan multi-cam support.

User interface aplikasi ini tergolong sederhana, sehingga pemula sekalipun tidak akan kesulitan untuk memahami cara penggunaannya.

Aplikasi ini bersifat premium alias berbayar. Memang kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk menggunakannya, tapi fitur-fitur yang disematkan padanya akan semakin meningkatkan profesionalisme kamu dalam pengeditan video.

3. CyberLink PowerDirector 365

aplikasi edit video pc laptop CyberLink PowerDirector 365

Fitur yang disematkan pada CyberLink PowerDirector 365 sangat banyak dan tergolong canggih. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk mengedit video yang lebih menarik dan nyaman ditonton.

Di antara fitur-fitur tersebut adalah AI audio denoise yang berfungsi menghilangkan kebisingan dari latar audio atau video. Selain itu, ada juga fitur yang memungkinkan kamu membuat teks atau grafis yang mengikuti pergerakan video.

Selain itu, ada juga fitur 360-degree, AI DeReverb, dan beberapa fitur canggih lainnya. User interfacenya juga sangat mudah, dijamin kamu tidak bakalan kebingungan meskipun baru pertama kali menggunakannya.

4. Blender

aplikasi edit video pc laptop blender

Jika kamu membutuhkan aplikasi edit video di laptop yang profesional namun gratis, maka Blender bisa menjadi pilihan terbaik. Perangkat lunak ini bisa kamu temukan di toko aplikasi PC atau web browser.

Meskipun gratis, fitur-fitur yang disematkan padanya bukan kaleng-kaleng. Dijamin proses pengeditan jadi lebih mudah menggunakan aplikasi ini. Belum lagi user interfacenya yang sangat mudah dipahami oleh pengguna baru sekalipun.

Aplikasi Blender ini juga bisa membuat animasi 3D seperti benda mati, manusia, robot, maupun hewan yang bisa menghasilkan kualitas video seperti benda aslinya. Kekurangan dari aplikasi ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki komputer dengan spesifikasi kecil.

5. Final Cut Pro

aplikasi edit video pc laptop final cut pro

Aplikasi edit video di laptop atau PC yang bernama Final Cut Pro dirilis sejak 2011. Banyak keunggulan yang ditawarkannya, di antaranya bisa dikoneksikan dengan foto dan koleksi iTunes. Wajar sih, karena aplikasi final cut pro ini memang hanya bisa dioperasikan pada produk Apple saja, MacOS / Macintosh.

Fitur-fitur yang disematkan padanya tidak terlalu rumit, sehingga sangat cocok digunakan oleh editor pemula. Tentu saja editor profesional juga tetap cocok menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga :  √ [Terbaru] Cara Cek Status Perbaikan Asus Secara Online

6. Sony Vegas Pro

aplikasi edit video pc laptop sony vegas pro

Aplikasi edit video di laptop atau PC yang dikembangkan oleh Vegas Creative Software ini dianggap sebagai pesaing ketat dari aplikasi premium semisal Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro. Alasannya, fitur-fiturnya sangat lengkap dan mendukung aktivitas pengeditan profesional.

Namun, ada satu keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi yang bernama Sony Vegas Pro ini, yaitu fitur pengeditan audionya. Fitur ini menjadikan pengguna bisa mengubah audio yang awalnya terdengar biasa saja menjadi lebih nyaman didengarkan.

Tentu saja masih banyak lagi fitur-fitur menarik dan berkualitas yang disematkan pada aplikasi ini. Tidak heran jika aplikasi ini banyak digunakan oleh para profesional dalam bidang ini, seperti Youtuber, vlogger, dan yang lainnya.

7. Filmora

aplikasi edit video pc laptop filmora

Jika kamu mencari aplikasi edit video yang ringan dan tidak membebani kinerja laptop / pc yang kamu miliki, maka aplikasi yang bernama Filmora bisa menjadi pilihan terbaik. Karena aplikasinya tergolong ringan, kamu bisa menginstalnya di laptop atau PC dengan spesifikasi rendah.

Meskipun aplikasi tergolong ringan, fitur-fitur yang disematkan padanya tergolong lengkap. Dengan bantuan aplikasi ini, proses pengeditan yang kamu lakukan jadi lebih mudah dan cepat. Selain bisa digunakan di laptop atau PC, aplikasi ini juga sudah bisa digunakan di smartphone.

8. Lightworks

aplikasi edit video pc laptop Lightworks

Mungkin aplikasi edit video yang satu ini masih terdengar asing bagi pemula dalam bidang editing video. Namun, banyak editor profesional yang sudah menggunakannya. Bahkan, kabarnya beberapa film terkenal semisal Mission Impossible dan Shutter Island diedit menggunakan aplikasi Lightworks.

Fitur yang ditawarkan ada 2, yaitu gratis dan berbayar. Untuk pengeditan dasar, versi gratisan sudah mencukupi. Tapi untuk fitur yang mendukung pengeditan video profesional, hanya bisa didapatkan pada versi berbayar.

9. Pinnacle Studio

aplikasi edit video pc laptop pinnacle studio

Aplikasi yang bernama Pinnacle Studio ini dibekali dengan fitur-fitur canggih dan mendukung pengeditan video profesional. Di antara fiturnya adalah motion tracking, stop motion, dan 360-degree VR.

Aplikasi ini juga mendukung pengeditan video dengan resolusi 4K, sehingga hasil editan videonya sangat jernih dan nyaman ditonton. Selain itu, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur clip nesting, batch processing, video masking, dan LUT preset.

10. Davinci Resolve

aplikasi edit video pc laptop Davinci Resolve

Aplikasi edit video di laptop atau PC yang bernama Davinci Resolve ini dibekali dengan beberapa fitur penting yang mendukung pengeditan video profesional. Misalnya, fitur visual effect, audio post , color correction, non linear editing, dan yang lainnya.

Menariknya, aplikasi ini bisa diinstal di perangkat berbasis Windows, Mac, dan Linux. Untuk pengeditan standar, menggunakan versi gratisan sudah mencukupi.

Tapi jika kamu ingin melakukan pengeditan yang lebih profesional, maka harus menggunakan veris premium alias berbayar. Pilih saja durasi berlangganan sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

11. CapCut

aplikasi edit video pc laptop capcut pc

Meskipun orang-orang lebih mengenal Capcut sebagai aplikasi edit video di smartphone, tapi sebenarnya aplikasi ini juga bisa digunakan di laptop maupun PC. Keunggulannya, aplikasi ini gratis digunakan,  fitur-fitur yang tersedia tidak jauh berbeda dari yang berbayar.

Tampilannya yang fleksibel sehingga mudah digunakan oleh pemula sekalipun menjadikannya sebagai salah satu aplikasi edit video di laptop atau PC terbaik untuk pemula. Tentu saja editor profesional tetap bisa menggunakannya, berkat fitur-fitur canggih yang disematkan padanya.

Salah satu fitur canggih yang disematkan pada aplikasi ini adalah Green Screen. Fitur ini membantu pengguna merubah background dengan mudah, sehingga tampilan rekaman video terlihat lebih menarik. Selain itu, hasil video nantinya bebas watermark padahal aplikasi gratisan.

12. Windows Movie Maker

aplikasi edit video pc laptop windows movie maker

Aplikasi edit video yang bernama Windows Movie Maker ini tentu tidak asing lagi. Nama Windows Movie Maker sejak dulu memang tidak asing, khususnya di kalangan pengguna laptop atau PC berbasis OS Windows.

Sejak dahulu aplikasi edit video ini gratis digunakan. Meskipun gratis, kualitas aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi. Belum lagi fitur-fiturnya sangat mudah dipahami dan digunakan untuk mengedit video dengan hasil yang memuaskan.

User interfacenya sangat ramah bagi pemula, belum lagi fitur-fitur yang terbukti sangat mudah dioperasikan. Dengan bantuan aplikasi ini, proses pengeditan video jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Demikianlah ulasan mengenai 12 software atau aplikasi editor video di laptop dan PC yang direkomendasikan. Masing-masing dari aplikasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal pilih saja aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhan kamu.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar