Lainnya

√ Cara Bayar Tagihan Listrik di Alfamart dan Indomaret [Terbaru]

Cara Bayar Tagihan Listrik di Alfamart dan Indomaret – Cara bayar listrik lewat indomaret bagaimana sih? atau cara bayar listrik lewat alfamart juga bagaimana? terus kalau bayar tagihan listrik lewat indomaret atau alfmart apakah bisa?

Tentu saja semuanya bisa kalian lakukan, mau itu bayar listrik lewat indomaret atau alfamart sama saja, enggak ada bedanya, yaaa palingan bedanya di biaya administrasi saja.

Apalagi jaringan ritel waralaba di Indonesia ini sudah maju pesat, mereka saling bersaing satu sama lain dari segi teknologi yang modern, lokasi yang strategis, kenyamanan konsumen dan sebagainya.

Jika diantara jaringan ritel waralaba tersebut ada kekurangan, maka ia juga akan rugi karena konsumen hanya mencari jaringan ritel waralaba yang lebih menarik fitur-fiturnya.

Dan beberapa jaringan ritel waralaba yang kian maju pesat di Indonesia diantaranya seperti Lawson Station, Ceria Mart, Circle-K, Alfamart, Indomaret dan masih banyak lagi.

Namun, dari beberapa jaringan ritel waralaba tersebut yang memiliki fitur jauh lebih menarik adalah Alfamart dan Indomaret.

Sehingga konsumen lebih tertarik mengunjungi alfamart dan indomaret, apalagi 2 toko tersebut sudah menjamur di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Dari kedua toko tersebut kalian dapat membeli rokok, makanan, pulsa, bayar listrik atau tagihan listrik dan sebagainya.

Nah, pada artikel kali ini saya ingin membahas bagaimana sih cara bayar listrik lewat indomaret atau cara bayar tagihan listrik melalui alfamart, dan pastinya artikel ini dikhususkan kepada kalian yang masih pemula atau belum memiliki pengalaman beli listrik di indomaret atau alfamart.

Cara Bayar Listrik di Indomaret dan Alfamart

Untuk bayar tagihan listrik lewat indomaret dan alfamart sangat mudah sekali, dan pastinya kalian tidak dibawa ribet untuk transaksinya. Jadi, pada pokok pembahasan artikel ini saya akan mengulas pembayaran listrik lewat indomaret terlebih dahulu, setelah itu baru alfamart.

Dan juga saya akan mengulas biaya administrasinya, yaudah langsung kamu simak aja nih artikel yang kalian tunggu-tunggu, dan saya harap kalian pahami cara pembeliannya yaa gaess dari penjelasan dibawah ini.

Cara Bayar Listrik Lewat Indomaret

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat Indomaret

Bagi kalian yang ingin beli listrik lewat indomaret serta cek tagihan listrik via indomaret, sangat gampang sekali, berikut tutorialnya dan silahkan kamu pahami dulu alur pembeliannya biar nanti enggak salah kaprah hehe.

  1. Kamu datangi Indomaret mana saja, lebih baik sih dekat dengan rumah kamu biar enggak lama diperjalanan hehe.
  2. Kamu langsung Menuju Kasirnya, jika ada antrian, yaaa kamu ngantri jangan sampai kagak, nanti bisa dimarahin sama yang ngantri dibelakang hahaha.
  3. Ketika sudah berhadapan dengan kasir, kamu bilang ke kasirnya ingin bayar listrik. Setelah ngomong begitu, kamu kasih ID Pelanggan PLN milik kamu ke kasirnya.
  4. Setelah memberinya, biarkan kasirnya yang mengecek, dan tunggu saja sampai layar monitor kasir ada tagihan listrik yang harus kamu bayar (Pastinya kasir akan memberi tahu nominal rupiah yang harus kamu bayar).
  5. Nah, ketika sudah dibilang kamu harus bayar sekian, kamu kasih deh uangnya ke kasir.
  6. Selesai deh, dan sekarang kamu akan dikasih struk pembelian.
  7. Jika ingin sekedar cek tagihan listrik di indomaret, setelah dikasih struk tinggal kamu bilang aja kekasirnya deh (Dan kalau nanya tagihan listrik lewat indomaret gratis yaa gaess, enggak bayar).

Cara Bayar Listrik Lewat Alfamart

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat Alfamart

Nah, kalau untuk bayar listrik lewat alfamart juga tidak jauh beda dengan indomaret. Nih saya bantu ulas juga deh cara-caranya biar kalian lebih mudah memahami jika ingin bayar tagihan listrik lewat alfamart, berikut cara-caranya.

  1. Kamu datangi alfamart terdekat.
  2. Langsung menuju kasir dan kamu bilang ingin bayar listrik.
  3. Setelah ngomong begitu kamu kasih ID Pelanggan PLN milik kamu ke kasir alfamart.
  4. Jika sudah memberikannya ke kasir, biarkan kasir yang mengecek dan kamu tunggu saja sampai total pembayaran listrik sudah muncul di layar monitornya.
  5. Jika sudah, nanti kasir akan memberitahu kamu nominal rupiah yang harus kamu bayar, langsung kamu kasih aja uangnya ke kasir sesuai yang dimintanya.
  6. Selesai deh, dan struk pembayaran akan keluar dari mesin dan pastinya struk tersebut untuk kamu.
  7. Jika ingin sekedar cek tagihan listrik di alfamart, setelah dikasih struk tinggal kamu bilang aja dan nanti kasir akan memberitahunya (Kalau hanya nanya tagihan listrik lewat alfmart itu gratis yaa gaess, enggak usah bayar).

Cara Bayar Listrik Lewat Fitur Mesin i Kios

Kalau 2 cara diatas adalah dengan cara manual jika gerai alfamart & indomaret tidak memiliki mesin i kios, lalu bagaimana jika ada mesin i-kios? maka kalian harus daftar melalui fitur i-kios terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya langsung saja kita terapkan, oh iya mohon maaf jika gambarnya kurang jelas karena disini saya menggunakan kamera hp hehe, supaya lebih jelas kalian bisa klik saja gambar pada step by step dibawah ini untuk zoomnya (Jika tidak di zoom gambar kelihatan pecah dan buram, namun jika di klik dan zoom maka gambarnya akan terlihat jelas).

1. Kalian pilih menu daftar PLN, jika tidak ada maka kamu bisa klik tombol slide (next) ke kanan / ke kiri untuk menggeser menu pilihan.

bayar listrik lewat i kios 1

2. Jika sudah ketemu menu PLN, kamu pilih menu tersebut.

bayar listrik lewat i kios 2

3. Nanti ada pilihan Tagihan Pascabayar / Prabayar / Non Tagihan, kalian pilih sesuai yang kalian inginkan bayar tagihan yang mana, dan step by step selanjutnya tetap sama mau itu prabayar / pascabayar, jadi jangan khawatir.

bayar listrik lewat i kios 3

4. Lalu masukan ID Pelanggan / Nomor Meter Listrik yang ingin diisi.

bayar listrik lewat i kios 4

5. Disitu ada pilihan deh kamu ingin isi yang berapa, minimal ada 20ribu dan maksimal 10juta, jika sudah tinggal klik tombol next.

bayar listrik lewat i kios 5

6. Langkah terakhir kamu langsung ambil struk yang keluar dari mesin i-kios, lalu berikan ke mas / mba penjaga indomaret maupun alfamart untuk melakukan pembayaran dengan uang asli.

bayar listrik lewat i kios 6

7. Selesai deh.

Biaya Admin Bayar Listrik di Indomaret dan Alfamart

Biaya administrasi ini seperti kamu pakai jasa mereka, artinya yaaa buat untung merekalah karena sudah memakai jasa mesin yang ada hehe. Kalau bicara tentang biaya administrasi bayar listrik di indomaret atau biaya admin bayar listrik di alfamart, sekitar Rp.2000 sampai Rp.3500.

Itu tergantung indomaret dan alfamartnya, enggak semuanya indomaret A dan B biaya admin sama, terkadang juga beda. Kalau untuk alfamart A dan B juga demikian, tergantung lokasinya sih, enggak semuanya 2000 atau 3500.

Oh iya, kalau untuk biaya administrasi listrik di alfamart itu lebih mahalan dikit dari Indomaret, itu sih dari pengalaman teman saya yang sering mencobanya. Kalau dia lebih prefer bayar listriknya di indomaret, tapi kembali lagi seperti yang saya bilang diatas, enggak selalu beda atau sama kalau tentang biaya admin, itu semua tergantung lokasinya sih.

Baca Juga : Cara Beli Token Listrik Lewat Internet Banking BNI
Baca Juga : Cara Beli Token Listrik Lewat Mesin ATM Mandiri
Baca Juga : Cara Beli Token Listrik Lewat Mobile Banking Mandiri
Baca Juga : Cara Beli Token Listrik di Internet Banking Mandiri
Baca Juga : Cara Beli Token Listrik Lewat Internet Banking BRI

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian mengenai cara bayar tagihan listrik lewat Indomaret / Alfamart, bayar listrik prabayar di indomaret dan alfamart ataupun bayar tagihan listrik pascabayar di gerai alfamart dan indomaret.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan atau lain sebagainya, tinggal komentar saja dibawah dan pastinya akan saya jawab dengan cepat dari pertanyaan teman-teman.

Jika ingin dijawab hanya beberapa menit saja, kalian chat kami melalui fanpage feritekno saja, dan link fanpage sudah saya kasih di paling bawah pada situs ini, jadi silahkan kamu geser terus kebawah sampai mentok, karena linknya ada di paling yaaa gaess.

Andai kata artikel ini kalian jadikan bahan referensi baik itu untuk skripsi atau rewrite diblog kalian, saya memohon sebesar-besarnya untuk mencantumkan link hidup situs Feri Tekno di artikel yang kalian buat, supaya kita bisa saling menghormati satu sama lain, sekian terimakasih semoga artikel ini bermanfaat yaa gaaesss.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!