Lainnya

Bisnis Online vs Offline

Bisnis Offline dan Online, Manakah yang Lebih Baik? – Di era ini, banyak sekali orang-orang yang mengambil peluang dalam hal berbisnis. Mulai dari yang membuka bisnis kecil hingga yang langsung memberanikan diri ke pasar yang lebih besar.

Beberapa alasannya antara lain adalah tentang fleksibilitas. Seseorang yang membuka bisnisnya sendiri akan lebih fleksibel mengatur jam kerjanya sendiri. Selain itu, alasan yang banyak dikemukakan adalah ingin menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang di luar sana.

Bisnis, di era yang serba modern ini tidak lagi tentang tempat atau bangunan yang dapat dilihat fisiknya saja. Lebih canggih dari itu, dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, bisnis menggandeng teknologi sehingga munculah bisnis online yang saat ini sudah tidak asing di masyarakat.

Bisnis online, pelan mulai menggeser bisnis-bisnis yang hanya dijalankan secara offline. Akibat berkembangnya dunia digital, orang beramai-ramai memilih berbelanja di toko online karena dinilai lebih praktis. Namun begitu masih tetap ada juga orang yang setia menjadi konsumen toko-toko offline.

Pilihan Terbaik Buka Bisnis Offline vs Online

Bisnis offline dan online tidak mutlak selalu memberikan sesuatu yang baik atau buruk. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan yang membuat konsumen terkadang bingung ketika harus memilih untuk berbelanja dimana.

Hal ini tidak hanya terjadi pada konsumen. Sebagai pelaku bisnis, kita mungkin masih belum bisa memutuskan akan membuka toko offline atau online agar bisnis terus berkembang.

Jika masih bingung dalam menentukan pilihan, mungkin penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan kedua jenis bisnis di bawah ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi kita semua.

Kelebihan / Keunggulan Bisnis Offline

1. Mendapat Kepercayaan yang Lebih Tinggi

Membuat bisnis dengan menghadirkan bentuk fisiknya tentu lebih mudah dalam hal mendapatkan kepercayaan konsumen. Konsumen bisa langsung datang, melihat, bahkan mencoba produk yang ditawarkan. Pengalaman bertatap muka langsung dengan produk ini tentu yang sulit didapatkan jika bisnis hanya dijalankan secara online.

2. Pelayanan yang Lebih Mudah

Dengan berbelanja secara offline, konsumen akan lebih mudah mendapatkan pelayanan. Mereka akan langsung bertanya pada pemilik atau penjaga toko jika ada sesuatu yang ingin mereka ketahui.

3. Sistem Pembayaran yang Aman

Berbelanja langsung ke sebuah toko menjadikan konsumen merasa aman dalam hal melakukan transaksi pembayaran. Konsumen bisa langsung membayarkan belanjaan kepada sang pemilik toko. Mereka tidak perlu ada kekhawatiran mengenai penipuan.

4. Tidak Perlu Mengirim Barang

Jelas sekali, pada saat kita berbelanja secara offline, barang yang kita beli akan segera sampai di tangan kita sesaat setelah melakukan pembayaran. Konsumen tidak perlu menunggu barang datang berhari-hari, produsen pun tidak perlu repot mengirimkan barang.

Kekurangan / Kelemahan Bisnis Offline

1. Memerlukan Bangunan Fisik

Jika dilihat dari namanya, maka bisnis offline jelas membutuhkan bangunan atau sebuah tempat yang bisa dikunjungi konsumen secara langsung. Sedangkan untuk mendirikan sebuah tempat, juga bukanlah hal yang mudah. Kita perlu mencari tempat strategis dan memperhitungkan biaya untuk tempat tersebut.

2. Pasar yang Terbatas

Konsumen bisnis offline biasanya hanya berpusat pada orang-orang yang ditinggal di lingkungan sekitar saja. Karenanya diperlukan strategi untuk mendirikan sebuah tempat yang akan digunakan untuk berbisnis.

3. Membutuhkan Modal Lebih Besar

Mengelola bisnis offline tentu membutuhkan biaya yang lebih besar. Selain biaya untuk mendirikan atau menyewa tempat, biaya perawatan tempat dan produk yang dipasarkan juga terbilang tidak sedikit. Jadi untuk mempunyai bisnis offline, kita harus menyiapkan modal yang besar.

4. Keterbatas Waktu untuk Menjual Produk

Tidak seperti jika dijalankan secara online, bisnis offline terkendala dari segi waktu. Bisnis-bisnis offline biasanya hanya beroperasi selama kurang lebih 10 jam dan hanya melayani transaksi jual beli di waktu itu pula.

5. Terbatasnya Produk

Karena memilih untuk berbisnis secara offline, maka kita juga harus siap jika pembeli sewaktu-waktu pergi sebab ketersediaan produk yang terbatas. Konsumen tidak akan bisa mendapatkan pengganti produk secara langsung apabila ketersediaan produk yang dimaksud dalam toko tidak ada.

Kelebihan / Keunggulan Bisnis Online

1. Mudah Dijalankan

Berkembangnya dunia teknologi khususnya internet, menjadikan peluang bisnis online semakin luas. Kita bisa dengan mudah memasarkan produk hanya dengan menggunggah produk-produk kita ke internet. Kita bisa menggunakan media sosial dan juga website pribadi sebagai tempat berjualan.

2. Pasar yang Lebih Luas

Dengan sistem online, kita para pelaku bisnis bisa memasarkan produk secara lebih luas. Hampir semua orang mengakses internet dan hal tersebut akan lebih memudahkan kita untuk menawarkan produk yang kita punya.

3. Membutuhkan Modal yang tidak Terlalu Besar

Menjalankan bisnis secara online, membuat kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Apalagi saat ini ada istilah dropshipper dan reseller yang tetap bisa berjualan, meski belum mempunyai produk sendiri.

Seorang dropshipper tidak perlu menyetok barang untuk bisa berjualan, sedangkan reseller boleh jika hanya ingin menyetok sedikit barang. Nanti jika ada konsumen yang menginginkan suatu produk, maka dropshipper dan reseller ini bisa mengkomunikasikan kepada agen.

4. Tidak Memerlukan Tempat

Saat ini banyak sekali pelaku bisnis online yang tidak perlu memiliki tempat. Kita hanya cukup bekerja dari rumah tanpa perlu mendirikan sebuah bangunan baru atau menyewa tempat untuk memasarkan produk kita.

Selain itu, berbisnis secara online juga bisa kita lakukan dengan mendaftarkan bisnis kita pada akun-akun marketplace. Kita tetap bisa mengontrol penjualan meskipun sedang jauh dari rumah.

5. Waktu Lebih Fleksibel

Berbisnis secara online, membuat kita lebih fleksibel. Kita tidak perlu datang ke toko untuk membuka dan menutup toko bahkan menunggunya. Dengan sistem online, kita bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja.

6. Menyediakan Barang atau Produk yang Beragam

Salah satu alasan mengapa banyak orang beralih ke bisnis online adalah karena kita bisa menjual berbagai produk secara bersamaan. Apalagi jika kita menjadi reseller, pastilah kita bisa menjual banyak produk dari agen mana saja.

Kekurangan / Kelemahan Bisnis Online

1. Persaingan Ketat

Menjalankan bisnis online di era seperti saat ini menjadikan kita mempunyai saingan yang lebih banyak. Sekarang ini, hampir semua orang ingin berbisnis secara online karena hasilnya yang cukup menggiurkan. Tidak hanya dari pasar lokal, kita juga akan bersaing secara internasional.

2. Tingkat Kepercayaan Konsumen yang Rendah

Beberapa orang masih beranggapan bahwa berbelanja di toko online itu berbahaya. Banyak di antara mereka yang ragu dengan produk yang kita jual atau justru takut dengan ancaman penipuan yang marak terdengar. Karenanya jika ingin menjalankan bisnis secara online kita harus mempersiapkannya dengan matang dan siap menghadapi resikonya.

3. Koneksi Internet

Berbisnis secara online artinya kita sangat membutuhkan konektivitas internet yang cepat. Konektivitas yang buruk tentu akan menghambat kita dalam melayani konsumen. Akibatnya konsumen akan beralih ke toko online yang lain yang lebih responsif terhadap keinginannya.

Kesimpulan Bisnis Offline vs Online

Itu tadi kelebihan dan kekurangan bisnis online vs offline di tahun yang serba modern ini. Tentunya di antara mereka tidak ada yang sepenuhnya sempurna. Jadi jika teman-teman tertarik untuk memulai bisnis saat ini, kira-kira akan memilih berbisnis online, offline, atau justru menjalankan kedua supaya lebih maksimal? Pilihan tentu kembali ke teman-teman.

Namun jika teman-teman memang berniat membuka bisnis secara offline namun ingin juga tetap eksis secara online ataupun hanya ingin berbisnis secara online, pastikan teman-teman punya tempat yang kredibel untuk menarik perhatian konsumen. Memiliki website adalah salah satu caranya. Dengan memiliki website pribadi, bisnis yang teman-teman jalankan akan lebih meyakinkan di mata konsumen.

Ingin membuka bisnis online dengan wordpress supaya website tampil profesional? Yuk dapatkan plugin elementor pro secara gratis dari kami, buat toko online Anda tampil lebih profesional!.

Butuh saran penyedia hosting & domain terbaik untuk bisnis? Jetorbit sebagai penyedia layanan hosting dan domain sangat senang jika bisa membantu teman-teman untuk membuka bisnisnya secara online.

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Feri Tekno