Search
Close this search box.

Cara Cek RAM Laptop

Ingin tahu bagaimana cara cek RAM laptop di Windows 8, 10 dan 11? Jika iya, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai. Sebab, cara pengecekannya akan disebutkan secara detail dan terperinci pada postingan kali ini.

Fungsi utama dari pengecekan RAM Laptop yakni untuk mengetahui kapasitas RAM kita berapa, melihat DDR RAM yang digunakan, dan juga kecepatan RAM.

Mengetahui kapasitas RAM pada sebuah laptop sangatlah penting, karena berkaitan erat dengan performa laptop itu sendiri. Hal ini tentu akan berimbas terhadap kenyamanan kamu dalam menggunakan laptop, baik untuk bekerja atau sekedar menikmati hiburan.

Oleh karena itu, ketika hendak membeli sebuah laptop tertentu, pastikan kapasitas RAM-nya mendukung untuk aktivitas penggunaan laptop kamu. Lantas, apa sebenarnya itu RAM laptop?

Apa Itu RAM?

Sebelum mulai membahas bagaimana cara cek RAM laptop Windows 8, 10 dan 11, tentu sangat penting untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan RAM.  Kurang tepat rasanya untuk membahas secara detail tentang sesuatu, sementara hakikatnya belum diketahui dengan jelas.

Perlu diketahui bahwa RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang biasa juga disebut sebagai memori utama. RAM berfungsi layaknya otak, sehingga sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer. Semakin besar RAM komputer, maka kinerjanya akan semakin cepat.

RAM berperan penting dalam menyimpan data sementara. Dengan adanya RAM, komputer atau pun laptop mampu mengakses dan memproses data dengan cepat, sehingga menyebabkan peningkatan kinerja sistem secara keseluruhan.

Karena keberadaan RAM berpengaruh besar terhadap performa komputer, maka mengetahui kapasitas RAM pada laptop sangat penting. Sebab, jika kapasitas RAM laptop kamu memadai, maka kamu bisa menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan di laptop tersebut.

Selain itu, jika kamu mengetahui kapasitas RAM pada sebuah laptop, kamu bisa merencanakan untuk melakukan peningkatan RAM yang sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang.

Fungsi RAM Komputer / Laptop

Setelah membaca ulasan di atas, tentunya kamu sudah tergambar tentang fungsi RAM pada komputer atau laptop. Secara garis besar, setidaknya ada 2 (dua) fungsi RAM pada komputer.

1. Mengakses File

Salah satu fungsi RAM laptop adalah mengakses file dengan cepat. Hard drive memang mampu menampung dan menyimpan file dalam jumlah besar, tetapi sangat lambat dalam mengakses file. Oleh karena itu, agar file-file dalam hard drive bisa terbuka dalam waktu cepat, dibutuhkanlah bantuan RAM.

2. Menyimpan Data Sementara

Fungsi utama lainnya dari RAM adalah untuk menyimpan data sementara pada program secara aktif. Oleh karena itu, program tersebut dapat bekerja dengan cepat dan kecepatannya bisa mengalami peningkatan.

Ketika kamu melakukan pengeditan gambar atau foto menggunakan program atau aplikasi tertentu. Tentu program atau aplikasi yang digunakan menyebabkan terjadinya perubahan pada RAM. Selanjutnya, RAM akan langsung menyimpan hasil editan tadi meskipun kamu belum menyimpan sepenuhnya.

Berdasarkan penjelasan fungsi RAM di atas, bisa disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah aplikasi yang ingin digunakan pada sebuah perangkat komputer, maka RAM yang dibutuhkan akan semakin besar. Tentu saja semakin besar RAM, maka harga jual perangkat tersebut akan semakin mahal.

Baca Juga :  Virus Shortcut di Flashdisk

Cara Cek RAM Laptop di Windows 8, 10 dan 11

Setelah beberapa pembahasan pendahuluan di atas, selanjutnya kita masuk ke dalam pembahasan utama, yaitu cara cek RAM laptop di Windows 8, 10 dan 11.

Sebenarnya banyak beragam cara untuk pengecekan RAM pada Laptop maupun PC komputer, tetapi kami ambil beberapa metode yang mudah untuk diterapkan saja. Berikut mekanisme pengecekan RAM nya :

1. Cek Melalui Task Manager

Cara paling pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek RAM di Windows adalah dengan memanfaatkan fitur Task Manager. Berikut cara melakukannya :

  • Klik ikon Windows.
  • Ketik perintak Task Manager & buka.

buka task manager

  • Jika tampilan task managernya kecil, klik dulu tombol bertulisan More Details.
  • Tetapi jika tampilan task managernya besar, langsung klik Performance.
  • Disebelah kiri, klik Memory.

lihat ram melalui task manager

2. Cek Melalui Control Panel

Cara cek RAM laptop di Windows juga bisa dilakukan melalui Control Panel. Kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Pencet tombol Logo Windows & i di keyboard (ditekan secara bersamaan).
  • Setelah masuk ke menu Settings, pilih System.
  • Klik menu About pada menu yang terdapat di sebelah kiri.
  • Setelah menu About muncul, lihat keterangan RAM laptop di bawah tulisan Device spesifications.

lihat RAM melalui menu Settings

3. Cek Melalui Dxdiag Tool

Pengecekan RAM pada Windows juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan Dxdiag Tool. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pencet tombol Logo Windows & R di keyboard (ditekan secara bersamaan).
  • Ketik perintah dxdiag dan tekan Enter pada keyboard.
  • Akan muncul kotak Dxdiag Tool yang berisikan berbagai informasi seputar laptop, termasuk kapasitas RAM.

lihat RAM melalui dxdiag

4. Cek Melalui CMD

Jika ingin mendapatkan informasi kapasitas RAM laptop kamu dalam MB, kamu bisa melakukan pengecekan melalui Command Prompt (CMD). Cara pengecekannya sangat mudah, ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pencet tombol Logo Windows & R di keyboard (ditekan secara bersamaan).
  • Ketik perintah cmd dan tekan Enter pada keyboard.
  • Ketika kotak dialog CMD muncul, ketik systeminfo, lalu klik Enter.
  • Informasi mengenai laptop kamu akan segera ditampilkan.
  • Lihat kapasitas RAM laptop kamu pada tulisan Total Physical Memory.

lihat RAM melalui cmd

5. Cek Melalui File Explorer

Pengecekan kapasitas RAM pada Windows 8, 10 & 11 bisa juga dilakukan melalui fitur File Explorer. Caranya sangat mudah, ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Klik kanan pada logo Windows yang posisinya di sebelah kiri bawah.
  • Kemudian, klik kiri menu File Explorer.
  • Lanjutkan dengan klik kanan This PC, lalu pilih Properties.
  • Pada kolom About di bawah Device spesifications akan terlihat kapasitas RAM laptop kamu.

cek ram laptop melalui device specifications

Bagaimana Cara Cek RAM di Laptop Rusak?

Jika kamu ingin mengecek kapasitas RAM di laptop yang rusak, tentu semua cara-cara yang disebutkan di atas tidak bisa kamu lakukan. Sebab, cara-cara di atas hanya bisa dilakukan ketika laptop dalam kondisi menyala normal.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar laptop dan mengambil RAM yang terpasang. Informasi tentang kapasitas RAM akan tertera dengan jelas pada fisik RAM tersebut.

Kamu juga perlu melakukan pengecekan dengan seksama terkait kondisi RAM tersebut, apakah masih bisa digunakan atau tidak. Kamu bisa memasang RAM tersebut di laptop lain yang masih normal. Tentu akan sangat menguntungkan, bukan?

Demikianlah detail ulasan untuk cara cek RAM laptop di Windows 8, 10 dan 11 yang penting untuk diketahui. Dengan mengetahui kapasitas RAM laptop dan PC komputer, kamu bisa memutuskan apakah perlu melakukan penambahan RAM atau tidak untuk mendukung aktivitas kamu.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar