Perbankan

Kartu ATM BCA Tertelan

Kartu ATM BCA tertinggal di mesin atm atau tertelan? Silahkan teman-teman bisa langsung ke pembahasan intinya (jika tidak mau membaca penjelasan awal artikel ini) yang terpenting saat di inti pembahasannya kalian harus baca semua, supaya tidak terjadi kesalahpahaman saat menerapkannya nanti.

Bagi kita yang baru saja kejadian kartu atm tertelan di mesin atm khususnya di bank bca, pastinya panik banget dong yaa, enggak mungkin juga baru pertama kali kartu atm tertelan dan dia enggak panik hehe.

Dan kejadian kartu atm bca tertelan bukan hanya nasabah satu atau dua saja, banyak nasabah lainnya kok yang juga mengalami hal ini.

Nah!, bagi kalian nih yang bingung langkah yang harus saya lakukan itu seperti apa ketika kartu atm bca saya tertelan dengan mesin atm?

Untuk langkah-langkahnya, kamu lanjut aja terus membaca artikel ini sampai habis, karena semua penjelasan yang akan saya ulas step by step, jangan sampai ketika kartu atm bca tertelan dengan mesin atm kamu tidak tau harus ngapain langkah yang harus dilakukan.

Cara Mengurus Kartu ATM BCA Tertelan di Mesin ATM

Jika terjadi hal demikian, akan saya bahas step by step dibawah ini, kalian baca semua ulasan dibawah ini secara terstruktur (jangan dilongkap-longkap supaya tidak terjadi kesalahpahaman saat menerapkannya nanti).

Submenu artikel ini saya akan membahas:

Pada submenu diatas, kalian baca secara terstruktur, jangan dilongkap-longkap, agar mendapatkan informasinya lebih jelas.

#Hal yang Harus Dilakukan Setelah Kartu BCA Tertelan

1. Jangan Panik

Hal pertama tentunya jangan panik, panik boleh akan tetapi jangan berlebihan, yang dikhawatirkan pikiranmu jadi terkecoh yang bisa saja orang lain memanfaatkan kepanikan mu.

2. Tolak Bantuan Orang Lain

Jika kamu panik berlebihan biasanya ada saja para penjahat (modus) pura-pura ingin membantu, pada intinya dia ingin mengetahui PIN ATM kamu.

Kalau memang benar begitu ada yang menawarkan lalu dia meminta PIN ATM pura-pura ingin membantu, kamu tolak saja, jangan dikasih walaupun dia security bank sekalipun.

3. Jika PIN Diketahui Orang Lain, Blokir Secepatnya

Andaikata kalian sudah terlanjur memberikan PIN tersebut kepada orang lain, lalu orang tersebut kabur dan membawa kartu ATM Anda, segera mungkin lakukan pemblokiran PIN ATM.

Lakukan pemblokiran bisa melalui Kantor Cabang Bank BCA terdekat. Jika terjadinya tengah malam atau hari libur tentu saja kantor cabang tutup, kalian bisa menghubungi Halo BCA kenomor 1500-888.

Menghubungi Halo BCA setidaknya kalian sediakan pulsa minimal 20ribu pulsa, lumayan mahal memang jika memanggil Halo BCA. Tetapi lebih baik gunakan cara ini supaya pemblokiran lebih cepat, guna untuk melindungi saldo yang ada di bca kamu.

Tidak perlu khawatir jika melakukan pemblokiran, karena hanya pada kartu atm saja, bukan pada akun bca kamu. Jadi kalau bertransaksi menggunakan buku tabungan, internet banking, m-banking, dsb.. (tentu saja masih bisa). Tetapi kalau melakukan transaksi menggunakan kartu atm tidak bisa, karena sudah kamu blokir.

Setelah saya blokir kartu atm bca, harus bagaimana setelah ini?” silahkan ikuti lagi step by step dibawah ini.

#Saatnya Mengatasi Kartu ATM BCA yang Tertelan

Jika Anda sudah melakukan pemblokiran pada kartu atm melalui Halo BCA, tentu tidak bisa bertransaksi pada kartu atm tersebut, mau itu jenisnya tarik tunai, transfer, lihat mutasi dsb… tidak bisa.

Namun kalau transaksi menggunakan buku tabungan, internet banking, m-banking, dsb… masih bisa.

Supaya saya bisa bertransaksi menggunakan kartu atm bca bagaimana?” tentunya harus mendatangi Kantor Cabang BCA (tidak ada cara lain, harus melalui kantor cabang bca mana saja yang terdekat).

Kalian dapat mendatangi Kantor Cabang BCA pada hari & jam kerja (tanggal merah libur). Kantor BCA mana saja bisa, tidak harus pertama kali kalian buka rekening, cari saja kantor bca yang terdekat dengan lokasi kamu sekarang ini.

Untuk apa mendatangi kantor cabang bca?” fungsinya untuk mengganti kartu atm yang terbaru, karena kartu atm yang lama sudah Anda blokir (tidak bisa melakukan transaksi finansial & non-finansial).

Setelah mendapatkan kartu atm yang baru, baru deh kalian bisa bertransaksi lagi (nomor rekening tetap sama, hanya kartu atm saja yang diganti).

Sebelum mendatangi kantor cabang bca, kalian harus bawa terlebih dahulu syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Untuk Mengurus Kartu ATM BCA Tertelan

  1. Tidak bisa diwakilkan (harus pemilik rekening asli).
  2. Membawa buku tabungan BCA.
  3. Membawa KTP / SIM (menunjukkan kartu identitas).
  4. Bawa uang receh (untuk membeli materai 6000).

Setelah Syarat Terpenuhi, Saatnya Datangi Kantor Cabang BCA

customer service bca

Semua syarat diatas sudah terpenuhi? saatnya kita untuk mengurus kartu atm bca yang tertelan, tentu saja melalui kantor cabang bca terdekat (tidak harus kantor cabang pertama kali kalian buka rekening).

  • Membawa syarat-syaratnya.
  • Datangi Kantor Cabang BCA terdekat.
  • Ambil nomor antrian arah ke Customer Service (arah ke customer service, bukan Teller ya!).
    • Tidak tau bagaimana ambil nomor antrian? tanyakan pada Satpam di pintu masuk, letak mesin nomor antrian disebalah mananya.
  • Kalau sudah mendapatkan nomor antrian, kamu tunggu sampai giliranmu dipanggil.
  • Setelah dipanggil, silahkan kamu ungkapkan keluhanmu.
  • Selesai deh, nanti akan diberikan kartu atm yang baru.

#Penyebab Kartu ATM BCA yang Tertelan

1. Listrik Mati

Mesin atm juga memerlukan energi listrik, jadi ketika listrik mati maka secara otomatis semua transaksi akan error alias berhenti, alhasil kartu atm akan diam didalamnya.

Jika ingin kembali lagi, yaa kamu harus nunggu deh sampai listrik nyala. Tetapi tidak semua mesin atm sekarang seperti itu, hanya ada beberapa mesin atm yang sudah diupgrade ketika listrik mati maka kartu keluar otomatis, namun kalau mesin atm kamu tidak keluar yaa kamu harus nunggu sampai listrik menyala.

2. Mesin Rusak atau Error

Mesin atm juga buatan manusia, pasti ada aja kesalahan dalam pembuatannya. Jika pertama kali saat memasukan pin agak sedikit lemot dalam memproses menu, mending langsung batalkan transaksi saja, bisa jadi mesin tersebut ada sedikit kesalahan baik itu mesin sudah usang atau jaringan sedang tidak stabil.

3. Salah Memasukan PIN Berulang Kali

Pasti masalah ini sudah banyak yang tau dan ini normal saja, jika salah memasukkan pin sebanyak 3 kali berturut-turut (salah – salah – salah), maka secara otomatis kartu atm akan terblokir.

Ada juga ketika salah memasukan pin 3 kali berturut, kartu atm keluar sendiri sehingga nasabah lainnya bisa bertransaksi, itu juga kalau keluar sendiri terkadang ada yang tidak keluar.

Nah, kalau kalian memasukkan pin salah hanya dua kali, kartu atm tidak akan terblokir kok (salah – salah – benar, salah – salah benar).

Untuk mengatasi kartu atm bca yang terblokir ataupun kartu atm bca tertelan di mesin atm, solusi mengurusnya juga sama persis, yakni datangi Kantor Cabang BCA terdekat.

4. Mulut Penerima Kartu Dirusak Orang Lain

Ini beda cerita lagi, para penjahat (modus) sering kali melakukan pengrusakan pada mulut mesin kartu atm, sehingga ketika kita mengeluarkan kartu, kartu atm tersebut tidak akan keluar.

Biasanya dia pura-pura membantu kita, padahal dia hanya menipu kita, pada intinya dia ingin mengetahui PIN ATM Anda, jika Anda beritahu PIN tersebut, dia akan berpura-pura bahwa kartu atm benar-benar tertelan, lalu dia pergi begitu saja.

Ini berita yang sering terjadi, jadi jangan sampai Anda memberitahu PIN kepada siapapun selain kerabat dekat, bahkan pihak BCA saja tidak pernah meminta PIN Anda.

Pertanyaan Seputar Kartu ATM BCA Tertelan

Apakah ATM BCA Tertelan Otomatis Terblokir?

Tidak terblokir, jika ingin memblokirnya Anda harus menghubungi Halo BCA ataupun mendatangi Kantor Cabang BCA terdekat.

Apa Saja Syarat Mengurus ATM BCA Tertelan?

Tidak bisa diwakilkan, membawa buku tabungan, KTP & materai 6000.

Bagaimana Mengurus ATM BCA Tertelan Tanpa Buku Tabungan?

Jika buku tabungan BCA Anda hilang, harus digantikan dengan surat kehilangan dari kepolisian, silahkan diurus terlebih dahulu, setelah mendapatkan surat kehilangan, baru deh kalian datangi Kantor Cabang BCA terdekat.

Kenapa Muncul Pesan Maaf Kartu ATM Anda Kami Tahan?

Jika muncul pesan seperti itu berarti kartu kamu sedang tertahan, untuk mengatasinya silahkan dibaca lagi step by step diatas.

Apa Maksud Batas Waktu Kartu Keluar Telah Habis?

Jika muncul pesan seperti itu tidak perlu khawatir, itu dikarenakan Anda terlalu lama di mesin atm, silahkan diulangi lagi saja transaksinya.

Apakah Mengajukan Pembuatan Kartu ATM BCA Baru Dikenakan Biaya Tambahan?

Untuk pergantian kartu baru tentu saja dikenakan biaya tambahan, besar biaya tergantung jenis kartu BCA Anda. Paling rendah 15ribu, paling tinggi 20ribu. Untuk pembayarannya biasanya akan memotong dari saldo rekening Anda.

Bagaimana Jika Tertelan di Mesin ATM Bank Lain?

Jika kartu BCA Anda tertelan dimesin atm bank lain seperti: BRI, BTN, BNI, Mandiri, dsb. Untuk mengurusnya juga sama persis dengan metode diatas, cukup datangi Customer Service BCA saja.

Apakah Aman Jika Kartu ATM BCA Tertelan?

Tidak aman, dikhawatirkan PIN Anda diketahui oleh orang lain

Buku Tabungan Ada, Tetapi KTP Hilang, Bagaimana?

Jika KTP hilang, Anda bisa menunjukkan kartu identitas lainnya seperti SIM ataupun Paspor.

Kesimpulan

Bagaimana, sulit atau mudah untuk mengurus kartu atm bca yang tertelan di mesin atm bca ataupun di mesin atm bank lain?.

Teman-teman sudah tau belum cara tarik tunai bca? jika belum tau silahkan lihat panduannya.

Solusi yang paling utama jika tertelan, jangan memberi PIN kepada siapapun, apalagi sampai orang yang pura-pura membantu Anda supaya bisa mengetahui PIN Anda jangan sampai memberinya.

Mungkin itu saja yang bisa saya share ilmu kepada teman-teman, selamat untuk mencobanya, lain waktu lebih hati-hati lagi untuk menggunakan kartu ATM.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!