Multimedia

Photoshop: Layer Tidak Bisa Diedit?

Jika Anda sedang mencari tutorial mengatasi layer photoshop tidak bisa diedit karna index mode, silahkan bisa langsung ke inti tutorialnya jika malas membaca pembukaan artikel ini, yang terpenting saat di tutorialnya kalian wajib membaca step by stepnya.

Editing foto bisa dibilang hobi yang sangat mengasyikan dan juga dapat mengisi waktu luang yang jauh lebih bermanfaat dari pada jajan atau main-main tidak jelas.

Namun bukan hanya sebuah permainan atau menuangkan hobi saja, tetapi kalau kita memiliki keahlian dalam ilmu editing foto khususnya menggunakan software photoshop, maka keahlian kita bisa dijadikan ladang usaha atau mencari suatu pekerjaan khususnya dibidang desain.

Jika kalian sudah memiliki keahlian dalam desain foto, banner, baliho, desain web statis menggunakan photoshop dan sebagainya, maka hidup kita bisa dibilang sangat terjamin untuk menuju kesuksesan.

Bicara mengenai photoshop, kalian pernah tidak sih saat menemukan suatu foto / gambar tidak bisa diedit maupun di klik, alias fotonya terdapat index layer (layer locked). Jika iya kalian mengalami, panduan di artikel ini akan membahasnya secara tuntas supaya gambar tersebut bisa diedit lagi.

Cara Mengatasi Layer Photoshop Tidak Bisa Diedit (Index Mode)

Pada panduan di artikel ini supaya gambar yang ingin diedit bisa kebuka layer indexnya, akan saya jelaskan step by stepnya, kalian baca semua panduannya supaya tidak salah dalam menerapkannya nanti.

Tentunya hal ini bisa diterapkan pada semua versi photoshop, mau itu versi cs3, cs4, cs5, cs6, cc 2014, cc 2015, cc 2016, cc 2017, cc 2018, cc 2019, dst…

#Tutorialnya: Ubah Ke RGB / CMYK Color

Sebagai contohnya disini saya menggunakan photoshop cc 2020, jika kalian beda versi tidak perlu khawatir karena tehnik penyelesaiannya tidak jauh berbeda, silahkan bisa menyesuaikan sendiri ya!.

  • Buka software photoshop.
  • Masukkan foto / gambar yang masih index layer ke photoshop.
  • Sebagai contohnya seperti gambar dibawah ini.

merubah index ke layer

  • Pilih ImageModeRGB Color atau CMYK Color (pilih salah satu).
    • Untuk perbedaan RGB & CMYK saya rasa kalian semua sudah tau ya!.
    • Karna saya fungsinya hanya untuk desain yang ditampilkan secara online (bukan untuk cetak / print), saya selalu pilih RGB Color.
  • Selesai, layer photoshop sudah terbuka lagi dan siap untuk diedit.

layer photoshop tidak bisa di klik

#Seputar Pertanyaan Tentang Index Mode

Kenapa Bisa Terjadi Index Layer?

Hal ini terjadi karena gambar tersebut telah dilakukan indexed color (layer locked) oleh hak cipta pertama gambar tersebut. Jika terjadi layer index, maka tidak bisa melakukan edit foto / gambar pada desain tersebut.

Bagaimana Supaya Layer Photoshop Bisa Diedit?

Gampang saja, kalian bisa ubah index menjadi RGB ataupun CMYK. Jika kebutuhan desain tersebut bukan untuk dicetak, maka pilih RGB.

Bagaimana Untuk Melakukan Layer Index?

Supaya gambar berubah menjadi layer index, kalian pilih ImageModeIndexed Color.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas mengenai cara membuka status index layer di photoshop atau mengatasi layer locked photoshop.

Teman-teman pernah mengalami tidak bisa memasukan gambar ke photoshop? jika iya, silahkan lihat panduannya pada link tersebut.

Jika ada pertanyaan ataupun sejenisnya, bisa langsung cusss komentar dibawah, secepatnya akan saya balas dari pertanyaan teman-teman.

Semoga bermanfaat ilmunya selalu, latih terus kreatifitas desainmu, selagi masih mood untuk belajar, membangun mood itu agak susah lhoo 🙂

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!